Pulau Padar Selatan, Taman Nasional Komodo dibuka Kembali, Ini Aturan Terbarunya

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 21 Juli 2021 - 16:15 WIB

Pulau Padar, Taman Nasional Komodo (gotravelaindonesia.com)
Pulau Padar, Taman Nasional Komodo (gotravelaindonesia.com)

INDUSTRY.co.id - Semenjak ditutupnya Balai Taman Nasional Komodo pada 5 Juli 2021 dengan alasan mencegah penularan Covid-19, kini destinasi wisata Padar Selatan telah dibuka kembali untuk wisatawan yang ingin berkunjung.

Melansir dari akun Instagram Balai Taman Nasional Komodo di @btn_komodo, pembukaan wisata tersebut mulai 19 Juli 2021.

Meskipun telah dibuka, pihak Balai Taman Nasional Komodo meminta kepada wisatawan dan pelaku wisata agar mematuhi beberapa kewajiban atau peraturan terbaru. 

"Dalam rangka mendukung pengendalian dan pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di kawasan Taman Nasional Komodo, kami menghimbau para pelaku usaha wisata dan wisatawan untuk memperhatikan Surat Keputusan Kepala Balai Nomor: SK.91/T.17/TU/REN/7/2021 tanggal 12 Juli 2021 tentang Protokol Kunjungan Obyek Wisata Alam Padar Selatan SPTN Wilayah III Balai Taman Nasional Komodo. Informasi tersebut dapat diunduh melalui tautan berikut: https://bit.ly/pembukaanpadarselatan2021," tulis pihak Balai Taman Nasional Komodo di akun Instagramnya. 

Lebih lanjut, peraturan tersebut meliputi, wisatawan yang ingin berkunjung ke Padar Selatan agar memperhatikan ketentuan yang berlaku. Balai Taman Nasional Komodo hanya menyediakan kuota kunjungan sebesar 300 orang/hari dengan tiga pembagian waktu yaitu (05:30-07:30), (08:00-10:00), dan (15:00-18:00). Balai Taman Nasional Komodo akan mengevaluasi ketentuan yang berlaku secara berkala.

Selanjutnya, wisatawan wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku selama berada di dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Gunakan masker atau face shield, wisatawan dengan suhu di atas normal akan diminta untuk tetap di atas kapal. Lalu, wisatawan hanya memiliki waktu 10 menit untuk beraktivitas di atas Puncak Padar Selatan. 

Kemudian, wisatawan harus menjaga jarak dengan wisatawan lain minimal 1 meter saat trekking. Terakhir, jangan membuang sampah dan wisatawan wajib membawa sampah mereka kembali. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan Aplikasi JAKI (foto Kolase)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 14:11 WIB

Kabar Terbaru dari Anak Buah Gubernur Anies: Aplikasi JAKI Bisa Buat Cek Status Vaksinasi COVID-19

Jakarta-Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta menambah fitur baru pada aplikasi JAKI yang dapat mengidentifikasi status vaksinasi COVID-19.

Aksi Cepat Tanggap (ACT)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:54 WIB

ACT dan Gernas MUI Bergerak Bersama Atasi Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 adalah permasalahan bangsa yang harus diselesaikan bersama-sama. Semua elemen bangsa harus bersatu dalam menuntaskannya. Persatuan sangatlah penting, sebagaimana yang dicontohkan…

Peraih medali emas Hidilyn Diaz dari Filipina (Foto Reuters)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:21 WIB

Anak Tukang Becak Ini Ungkap Rahasia Doa, Hingga Meraih Medali Emas Pertama Filipina di Olimpiade Tokyo

Jakarta-Para uskup Katolik Filipina mengucapkan selamat kepada Hidilyn Diaz, atas prestasinya meraih medali emas Olimpiade pertama Filipina. Atlet angkat besi ini, tidak hanya atas kemenangannya…

Menpora Amali Pastikan Semua Atlet Olimpiade Tokyo Dapat Apresiasi dari Pemerintah Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali memastikan semua atlet, pelatih dan ofisial yang berangkat ke Olimpiade Tokyo 2020 akan mendapat apresiasi dari pemerintah. Terutama para atlet yang sudah menyumbangkan medali untuk Indonesia dalam ajang olahraga paling bergengsi di dunia tersebut.(foto:putra/kemenpora.go.id)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:21 WIB

Menpora Amali Sampaikan Kabar Baik! Semua Atlet Olimpiade Tokyo Bakal Dapat Bonus dari Pemerintah

Jakarta-Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali memastikan semua atlet, pelatih dan ofisial yang berangkat ke Olimpiade Tokyo 2020 akan mendapat apresiasi…

HIPPINDO Buka Sentra Vaksinasi di Solo

Minggu, 01 Agustus 2021 - 12:28 WIB

Perluas Akses Vaksinasi Covid-19, HIPPINDO Buka Sentra Vaksinasi di Solo

Untuk membantu akselerasi program vaksinasi nasional, HIPPINDO memperluas akses vaksinasi Covid-19 dengan menyelenggarakan sentra vaksinasi di berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya adalah…