Sah, PPKM Darurat Resmi Diperpanjang! Pengusaha Pribumi: Berat, Pusing Tujuh Keliling

Oleh : Ridwan | Rabu, 21 Juli 2021 - 09:10 WIB

Ketua Umum DPP HIPPI DKI Jakarta Sarman Simanjorang
Ketua Umum DPP HIPPI DKI Jakarta Sarman Simanjorang

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali hingga 26 Juli 2021 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam pernyataannya terkait perkembangan PPKM Darurat yang disampaikan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, (20/7).

"Kami selalu memantau, memahami dinamika di lapangan dan juga mendengar suara-suara masyarakat yang terdampak dari PPKM. Maka itu, jika trend kasus mengalami penurunan, maka tanggal 26 Juli 2021 pemerintah akan melakukan pembukaan secara bertahap," kata Jokowi.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan, perpanjangan PPKM Darurat akan membuat beban pengusaha semakin berat.

"Ini kondisi yang teramat berat. Beban arus kas semakin bertambah, sedangkan pemasukan tidak ada. Engga bisa dibayangkan para pengusaha akan pusing tujuh keliling memikirkan untuk bisa bertahan," kata Sarman melalui keterangan tertulisnya kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta (20/7).

Menurutnya, bagi pengusaha tidak ada pilihan lain mendukung sepenuhnya kebijakan PPKM Darurat untuk mengendalikan dan menekan penyebaran Covid-19 yang saat ini angkanya masih tinggi dan mengkhawatirkan.

"Mimpi pengusaha, bagaimana agar Covid-19 ini cepat berlalu agar aktivitas ekonomi dapat pulih kembali, berbagai sektor usaha bangkit sehingga kita segera keluar dari zona resesi menuju pertumbuhan yang positif," terangnya.

Dijelaskan Sarman, pengusaha memiliki harapan besar terhadap PPKM Darurat untuk mempu menekan dan mengendalikan penyebaran Covid-19 ketitik paling rendah.

"PPKM Darurat yang saat ini sedang berjalan, kami melihat sudah sangat efektif menekan berbagai aktivitas masyarakat dan pengusaha untuk bekerja dari rumah, tingkat kepatuhan masyarakat sudah mulai tinggi, dapat dibuktikan dengan perkantoran yang sangat sepi. Walaulun angka Covid-19 masih tinggi, kita berharap ke depan pelan-pelan semakin menirin ketitik paling rendah," papar Sarman.

"Penegakan hukum dan sanksi tetap harus diberikan secara tegas kepada siapapun yang melanggar PPKM Darurat tanpa terkecuali termasuk pelaku usaha. Juga kepada oknum yang sengaja menimbun obat untuk mencari keuntungan sebanyak- banyaknya agar diberikan sanksi yang berat bila perlu cabut izin usahanya supaya ada efek jera," tambahnya.

Bersamaan dengan PPKM darurat, pelaku usaha juga mendukung penuh upaya pemerintah untuk mempercepat vaksinasi kepada seluruh masyarakat.

"Jika kedua program berjalan simultan maka akan sangat memberikan efek psikologis bagi pengusaha dan masyarakat untuk mempercepat kita keluar dari krisis covid ini. Target 2 juta perhari pada bulan Agustus semoga bisa tercapai, bahkan bisa lebih dengan program vaksin gotong royong," tutur Sarman.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Batik Khas Tulungagung, Jawa Timur (Dok: Kemenparekraf)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 19:15 WIB

Pemkab Tulungagung dan Kemenparekraf Kolaborasi Kembangkan Potensi Parekraf

Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mengembangkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif.

Ilustrasi energi panas bumi (ist)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 18:41 WIB

Rampung Hanya Dalam 18 Bulan, PLTP Sorik Marapi Unit 2 Berkapasitas 45 MW Resmi Beroperasi

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Panas Bumi Sorik Marapi unit 2 berkapasitas 45 MW telah beroperasi komersil setelah menyelesaikan Unit Rated Capacity (URC) Test.

Badak circuit Tanjung Lesung

Minggu, 01 Agustus 2021 - 18:00 WIB

IMI Dukung Pembangunan Automotive Sport Tourism Tanjung Lesung

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) bersama Direktur Utama PT Banten West Java Tourism Development Poernomo Siswoprasetijo menandatangani…

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menjenguk Hari dan Tino di TMR

Minggu, 01 Agustus 2021 - 17:35 WIB

Patut Dicontoh! Anies Baswedan Jenguk Dua Harimau Sumatera, Hari dan Tino yang Terpapar Covid-19 di Ragunan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjenguk dua warganya yang bernama Hari dan Tino usai dinyatakan positif Covid-19. Yang menarik warga yang dimaksudnya adalah harimau yang berada di Taman…

Tol Listrik Flores

Minggu, 01 Agustus 2021 - 17:25 WIB

Alhamdulillah, Tol Listrik Flores Sepanjang 864 kms Beropersi, Keandalan Listrik di Indonesia Timur Makin Jos!

Tol listrik sepanjang 864 kilo meter sirkuit (kms) resmi beroperasi di Flores, Nusa Tenggara Timur. Penyambungan listrik ini membentang dari Labuan Bajo hingga Maumere dengan menelan biaya sebesar…