IMI Siap Dukung Pemilihan Presiden FIA Regional II Asia Pasifik

Oleh : Herry Barus | Rabu, 14 Juli 2021 - 18:00 WIB

Ketua IMI Bambang Soesatyo
Ketua IMI Bambang Soesatyo

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan, IMI siap menyukseskan pemilihan Presiden FIA Regional II Asia Pasifik yang rencananya diselenggarakan secara online pada September 2021 di Vietnam. Maupun pemilihan Presiden FIA yang rencananya digelar pada Desember 2021.

Calon terkuat Presiden FIA Regional II Asia Pasifik ada dua, yakni Vietnam yang dinominasikan oleh Australia, dan Sri Lanka (Ceylon) yang dinominasikan oleh Singapura. Indonesia berpeluang menjadi Vice President. Sedangkan calon terkuat Presiden FIA juga ada dua, yakni Mr. M.Ben Sulayem dari Uni Emirat Arab dan Mr. Graham Stoker yang saat ini menjabat Wakil Presiden FIA Bidang Olahraga (FIA Deputy President for Sport).

"Automobile Association of Ceylon/AAC (IMI-nya Sri Lanka) dan Automobile Association of Singapore/AAS (IMI-nya Singapura) telah menghubungi IMI Indonesia untuk meminta dukungan pencalonan Sri Lanka menjadi Presiden FIA Regional II Asia Pasifik. Pada prinsipnya, IMI siap mendukung siapapun yang terbaik, demi kemajuan olahraga dan mobilitas otomotif di kawasan Asia Pasifik," ujar Bamsoet usai video conference bersama pengurus Automobile Association of Ceylon Mr. Dhammika Attygalle, Presiden Singapura, Sri Langka, Thailand, Pakistan dan India di Jakarta, Rabu (14/7/21).

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, Fédération Internationale de l'Automobile/FIA (Federasi Otomotif Internasional) memiliki dua Deputy President. Yakni Deputy President for Mobility and the Automobile, yang menangani semua kegiatan non-olahraga FIA. Serta Deputy President for Sport, yang menangani semua kegiatan olahraga yang diatur FIA.

"Dibawah Deputy President Mobility, ada 4 FIA Region. Antara lain FIA Region I terdiri dari negara-negara di kawasan Eropa, Timur Tengah, dan Afrika. FIA Region II terdiri dari Asia Pasifik, FIA Region III terdiri dari Amerika Utara, dan FIA Region IV terdiri dari Amerika Tengah dan Selatan, Masing-masing region dipimpin oleh seorang Presiden FIA Region," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menambahkan, FIA Region II - Mobility beranggotakan 23 negara (club). Terdiri dari 18 anggota aktif (termasuk Indonesia/IMI), 2 anggota asosiasi no vote, 2 anggota ditangguhkan (Malaysia dan Korea Selatan), dan 1 anggota non aktif (Pakistan).

"Penyelenggaraan konferensi FIA Region II Asia Pasifik jangan hanya sekadar ajang memilih Presiden saja. Melainkan juga harus dijadikan momentum mempererat jalinan kerjasama antar negara anggota FIA di kawasan Asia Pasifik. Khususnya dalam mempromosikan wisata mobilitas. Sehingga siapapun presiden yang terpilih, baik dari Vietnam maupun Ceylon (Sri Lanka), harus didukung oleh semua pihak sehingga kawasan Asia Pasifik bisa menjadi destinasi favorit bagi wisata mobilitas otomotif dunia," tandas Bamsoet.

Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB Kodrat) ini menerangkan, Indonesia memiliki begitu banyak tempat wisata seperti Mandalika, Pulau Komodo, Bali, Borobudur, hingga Danau Toba, yang dapat dijelajahi oleh program 'Fly and Drive'. Begitupun dengan negara di kawasan Asia Pasifik lainnya.

"Dengan saling mendukung, kita berharap peningkatan program wisata mobilitas akan menjadi salah satu agenda penting untuk dibahas dan diputuskan sebagai salah satu program aksi konferensi FIA Regional II Asia Pasifik," pungkas Bamsoet

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…