Sektor Pariwisata Tetap Jadi Andalan Perekonomian Pulau Dewata

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 22 Mei 2017 - 10:31 WIB

Desa Penglipuran, Kabupaten Bangli, Bali. (Foto: Inyong Lani)
Desa Penglipuran, Kabupaten Bangli, Bali. (Foto: Inyong Lani)

INDUSTRY.co.id - Mangupura- Sekretaris Daerah Kabupaten Badung, Bali, Wayan Adi Arnawa, mengatakan perekonomian Bali tumbuh dan berkembang karena didukung sektor pariwisata yang merupakan sektor andalan, meski pertanian, ekonomi kreatif, dan UMKM juga menjadi sektor potensial.

"Sektor pariwisata menjadi sektor unggulan dan motor penggerak perekonomian Bali," ujarnya saat berbicara dalam Seminar Kebangkitan Ekonomi Bali 2017 di Mangupura, Senin (22/5/2017)

Namun, pertumbuhan perekonomian Bali ke depan juga tidak bisa dilepaskan dari percaturan dan perkembangan dunia politik, sosial dan budayanya, karena itu pertumbuhan ekonomi Bali sampai akhir tahun 2016 menunjukkan kinerja yang melambat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Ekonomi Bali triwulan III 2016 tumbuh 6,17 persen. Pertumbuhan ekonomi Bali sepanjang tahun 2017 diperkirakan masih akan terus berlanjut mengalami perlambatan pada kisaran 5,1 persen hingga 5,3 persen.

"Angka ini sedikit di atas nasional yang berada pada kisaran 4,9 persen hingga 5,1 persen. Selain itu, pasar modal memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam perekonomian suatu negara," ujar mantan Kadispenda Badung itu.

Melalui aktivitas pasar modal, ia mengharapkan, perekonomian menjadi meningkat karena pasar modal merupakan alternatif pendanaan bagi perusahaan-perusahaan untuk dapat meningkatkan pendapatan yang pada akhirnya untuk kesejahteraan masyarakat luas.

Sementara itu, BEI Denpasar juga menyiapkan pendampingan terhadap sejumlah pengusaha untuk bisa melakukan listing atau menjual sahamnya ke publik.

Selain pendampingan, BEI juga mengarahkan secara teknis syarat-syarat yang harus dipernuhi untuk bisa "go public".

"Selama ini kebanyakan pengusaha hanya mengenal kredit bank sebagai sumber permodalan. Belum banyak yang tahu bursa efek merupakan sumber pendanaan murah alternatif yang mampu mendukung pertumbuhan sebuah perusahaa," katanya.

Pejabat asal Kuta Selatan ini berharap muncul wirausaha-wirausaha baru yang nantinya mampu mendukung pertumbuhan ekonomi suatu daerah. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…