Semester I, Ekonomi RI Menggeliat! Sri Mulyani: Rebound-nya Cukup Bagus dari Minus 9,4% ke 8,8%

Oleh : Candra Mata | Selasa, 13 Juli 2021 - 08:27 WIB

Menkeu Sri Mulyani (foto Detik.com)
Menkeu Sri Mulyani (foto Detik.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan Pokok-Pokok Laporan Realisasi Semester I APBN 2021 dalam Rapat Kerja Badan Anggaran (Banggar) DPR dengan Menkeu dan Gubernur Bank Indonesia, Senin (12/07). Secara umum, kondisi APBN menunjukkan tren pertumbuhan yang positif dan semakin membaik.

Pendapatan negara tumbuh positif didukung dengan meningkatnya pertumbuhan pajak, penerimaan negara bukan pajak (PNBP), serta kepabeanan dan cukai. Penerimaan perpajakan mencapai Rp680 Triliun tumbuh 8,8% dari realisasi Semester I 2020.

Penerimaan pajak mencapai Rp557,8 Triliun atau tumbuh positif 4,9% didorong pemulihan aktivitas ekonomi dan peningkatan harga komoditas yang mendorong aktivitas produksi, konsumsi serta aktivitas perdagangan internasional. 

Penerimaan kepabeanan dan cukai Rp122,2 Triliun atau tumbuh 31,1% utamanya dari limpahan pelunasan pita cukai 2020 dan kebijakan penyesuaian tarif cukai hasil tembakau. Selain itu karena pertumbuhan dari bea masuk maupun bea keluar.

Sedangkan, Realisasi PNBP Semester I mencapai Rp206,9 Triliun atau 69,4% dari target APBN 2021.

Tumbuhnya realisasi PNBP utamanya didorong oleh peningkatan realisasi sumber daya alam non migas dan badan layanan umum.

“Jadi ini menunjukkan bahwa ekonomi sudah menggeliat dan reboundnya cukup bagus dari -9,4% ke 8,8%,” ungkap Menkeu dilansir redaksi INDUSTRY.co.id dari keterangannya di laman Kemenkeu pada Selasa (13/7/2021).

Dari sisi belanja, APBN menjadi instrumen yang luar biasa dalam mendorong pemulihan ekonomi. Belanja negara pada semester I diakselerasi untuk mendukung pengendalian COVID-19 dan program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Realisasi belanja pemerintah pusat mencapai Rp796,3 Triliun atau tumbuh 19,1% dari semester I 2020.

“Pertumbuhan belanja pusat Semester I ini dipengaruhi oleh program pelaksanaan PEN 2021 yang dilakukan sejak awal tahun. Kalau tahun lalu, awal tahun belum ada PEN. PEN mulai diluncurkan pada bulan April,” jelas Menkeu.

Untuk realisasi penyaluran transfer ke daerah dan dana desa Semester I mencapai Rp373,9 Triliun atau 47% dari Pagu APBN 2021. 

Penyaluran ini terutama diperngaruhi oleh kinerja pemerintah daerah dalam memenuhi persyaratan penyaluran.

Selain sisi penerimaan dan belanja, kondisi defisit APBN masih terjaga. Kebijakan countercyclical melalui pembiayaan anggaran dilaksanakan dengan tetap memperhatikan aspek kehati-hatian, dengan perluasan berbagai program stimulus fiskal dalam menjaga kesehatan masyarakat dan akselerasi pemulihan ekonomi nasional. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penanaman pohon di Kaki Gunung Salak salah satunya oleh Antam

Rabu, 06 Juli 2022 - 17:21 WIB

TGHNS Lepas Elang Brontok Bareng Brimob dan PT Antam

Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TGHNS), Bogor 4 Juli 2022, tepatnya di area Kolat Korps Brimob POLRI, Kawasan TN Gunung Halimun Salak, telah dilakukan kegiatan pelepasliaran tiga ekor Elang…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian Perindustrian Tahun 2021

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:55 WIB

Luar Biasa! Kemenperin Sukses Raih Opini WTP 14 Kali Berturut, Ini Respon Menperin Agus

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-14 kalinya pada Laporan Keuangan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah dan Direktur Lelang (DJKN) Joko Prihanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:34 WIB

Pegadaian dan DJKN Tingkatkan Kerjasama Akurasi Data Bea Lelang

PT Pegadaian bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan Penandatangan Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penatausahaan dan Pelaporan Bea Lelang Pegadaian.

Peresmian Pasar Banyumas

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:28 WIB

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Jawa Tengah, Pasar Banyumas Diresmikan

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai…

Presiden Jokowi Tinjau Proyek Peningkatan Struktur Jalan di Pulau Nias

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:23 WIB

Tinjau Konektivitas Jalan di Pulau Nias, Presiden Jokowi: InsyaAllah Tahun Depan Sudah Rampung Semuanya

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi…