Kebun Binatang Oakland California Memvaksinasi Covid-19 Hewan-Hewannya

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 08 Juli 2021 - 16:45 WIB

Vaksin Covid-19 di Kebun Binatang Oakland California (Instagram/@oaklandzoo)
Vaksin Covid-19 di Kebun Binatang Oakland California (Instagram/@oaklandzoo)

INDUSTRY.co.id - Kebun Binatang Oakland California telah memvaksinasi beberapa hewannya sebagai upaya mencegah penularan Covid-19, menggunakan vaksin eksperimental baru yang secara khusus diformulasikan untuk hewan.

Hewan pertama di kebun binatang yang menerima vaksinasi mereka adalah dua harimau bernama Ginger dan Molly. Harimau dipilih karena kucing besar itu sangat rentan tertular virus.

Sejauh ini, Kebun Binatang Oakland telah memvaksinasi harimau, beruang grizzly, beruang hitam, singa gunung, dan musang sebagai upaya untuk melawan penyakit ini. Vaksin adalah tindakan pencegahan, meskipun tidak ada hewan di kebun binatang yang tertular virus.

"Ada kasus nyata di mana hewan telah menjadi sakit ringan, sakit parah atau bahkan meninggal, dan itulah sebabnya kami sangat proaktif," Dr. Alex Herman, wakil presiden layanan dokter hewan di Kebun Binatang Oakland, mengatakan kepada San Francisco Chronicle.

Dilansir dari laman Travelandleisure, Kamis (8/7/2021), langkah ini dilakukan karena banyak hewan di Kebun Binatang Oakland adalah spesies yang terancam punah, penjaga kebun binatang telah mengembangkan "rencana kelangsungan hidup spesies," termasuk memvaksinasi mereka terhadap penyakit ini.

"Kami sangat serius menangani pengawasan kami," kata Dr. Herman kepada surat kabar itu.

Kebun Binatang Oakland juga akan memvaksinasi simpanse, singa, dan dua hyena. Jadi, sebanyak 110 hewan diperkirakan akan menerima vaksin.

Vaksin ini dikembangkan oleh Zoetis, sebuah perusahaan kesehatan hewan, yang menyumbangkan lebih dari 11 ribu dosis vaksin ke hampir 70 kebun binatang dan organisasi lain seperti tempat dan konservatori di 27 negara bagian yang berbeda.

Untuk hewan-hewan di Kebun Binatang Oakland, vaksin Covid-19 sama seperti yang lain. Hewan-hewan itu digunakan untuk menerima perawatan pencegahan seperti vaksin dan dilatih untuk secara sukarela berpartisipasi dalam perawatan medis mereka.

"Misalnya, selama perawatan, harimau menerima penguatan positif dengan susu kambing menyemprotkan ke mulut mereka sementara penjaga kebun binatang berada di sisi lain dengan vaksin dan disuntikan ke hewan-hewan tersebut," kata Dr. Herman. 

Tahun lalu, seekor harimau di Kebun Binatang Bronx New York dites positif Covid-19. Pejabat kesehatan percaya bahwa hewan-hewan itu bersentuhan dengan seorang karyawan kebun binatang asimptomatik yang membawa virus.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) juga telah mencatat bahwa kucing, anjing, dan hewan peliharaan lainnya telah tertular Covid-19 dari manusia, tetapi tidak perlu mereka divaksinasi karena mereka tidak aktif menyebarkan penyakit.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Webinar Jamkrindo preneur

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:49 WIB

Jamkrindo Dukung Transformasi Digitalisasi UMKM

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52, PT Jaminan Kredit Indonesia (PT Jamkrindo), perusahaan penjaminan kredit terbesar di Indonesia, menyelenggarakan Coaching Clinic Jamkrindopreneur…

Depot air isi ulang

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:32 WIB

Asosiasi Depot Air Minum: Label BPA Bantu Pertumbuhan UMKM.

Ketua Umum Asosiasi Pemasok dan Distributor Depot Air Minum Indonesia (APDAMINDO) —induk organisasi 60.000 depot air minum di Indonesia, Budi Darmawan, menepis isu pelabelan Bisfenol A atau…

Cisco Indonesia berhasil menduduki peringkat pertama dalam Best Workplaces Indonesia tahun 2022

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:29 WIB

Great Place to Work Indonesia Berikan Penghargaan kepada Perusahaan dengan Budaya Tempat Kerja Terbaik

Jakarta-Great Place to Work® adalah otoritas global dalam budaya tempat kerja, mengumumkan daftar perdana Certified™ dan 10 Best Workplaces™ terbaik pada acara Indonesia Best Workplaces…

Ilustrasi Kwitansi

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:12 WIB

Pengertian dan Cara Menggunakan Kwitansi dalam Melakukan Transaksi Keuangan

Pengertian kwitansi adalah salah satu dokumen bukti transaksi keuangan. Mengenai transaksi keuangan, mungkin sejak kecil kita sudah biasa melakukannya. Seperti ketika kita membeli jajan di pedagang…

Ilustrasi pembasmian kebun ganja. (Fachrul Reza/NurPhoto via Getty Images)

Rabu, 29 Juni 2022 - 18:58 WIB

Komisi III dan Komisi IX Akan Tindak Lanjuti Usulan Legalisasi Ganja Medis

Jakarta-Wakil Ketua DPR RI Koordinator Ekonomi dan Keuangan (Korekku) Sufmi Dasco Ahmad mengatakan telah melakukan komunikasi terkait dengan usulan soal legalisasi ganja untuk medis dengan pimpinan…