Situs Parhutaan Ompung Tuan Sorimangaraja Akan Jadi Wisata Sejarah Leluhur Batak

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 06 Juli 2021 - 12:30 WIB

Situs Parhutaan Ompung Tuan Sorimangaraja di Kabupaten Samosir (Dok: Kemenparekraf)
Situs Parhutaan Ompung Tuan Sorimangaraja di Kabupaten Samosir (Dok: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, meresmikan Situs Parhutaan Ompung Tuan Sorimangaraja di Kabupaten Samosir, secara daring.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan situs ini merupakan suatu warisan sejarah dan budaya yang sangat penting bagi masyarakat Batak. Karena, perkampungan yang dalam bahasa Batak Toba disebut dengan parhutaan ini diketahui merupakan tempat tinggal dari salah seorang leluhur masyarakat Batak, yaitu Ompu Tuan Sorimangaraja. 

“Dalam silsilah marga-marga Batak, Anak Siraja Batak adalah Guru Tatea Bulan dan Raja Isumbaon. Guru Tatea Bulan bermukim di Pusuk Buhit sebelah barat, sedangkan Raja Isumbaon bermukim di Pusuk Buhit sebelah Timur. Anak Raja Isumbaon bernama Ompu Tuan Sorimangaraja, dulu bermukim di tempat ini,” kata Sandiaga melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id

Sehingga, dengan diresmikannya situs ini, lanjut Sandiaga, diharapkan dapat meningkatkan daya tarik wisata di kawasan Danau Toba sebagai salah satu dari destinasi super prioritas (DSP). Khususnya di sisi pariwisata sejarah yang lekat dengan nilai tradisi, budaya, dan religi.

“Nantinya, situs ini akan menjadi destinasi wisata baru di Kawasan Danau Toba, tujuan wisata sejarah leluhur Batak, serta tujuan wisata minat khusus. Sebagai tujuan wisata leluhur Batak, tempat ini berpotensi menjadi tujuan wisata bagi jutaan orang Batak pada masa yang akan datang,” katanya. 

Sandiaga mengungkapkan pihaknya akan berkolaborasi dengan pemerintah Kabupaten Samosir dan masyarakat setempat untuk mengelola lokasi ini dengan baik. Ia juga berharap agar lebih banyak situs sejarah dan budaya yang dikembangkan di sekitar Danau Toba. 

“Kami sangat mendukung dan berharap kedepannya akan semakin banyak ditemukan situs sejarah Batak yang kelak dapat berkontribusi bagi pengembangan pariwisata di kawasan Danau Toba,” ungkap Sandiaga. 

Vandiko Gultom dalam sambutannya mengungkapkan peresmian ini merupakan salah satu langkah menjadikan kawasan Pusuk Buhit menjadi titik nol peradaban Bangso Batak. 

“Langkah selanjutnya dari pengembangan ini seperti penelitian lanjutan oleh lembaga peneliti, seminar dan focus group discussion untuk mengembangkan dan melestarikan wilayah teritorial Bangso Batak,” ujar Vandiko. 

Sementara, Dirut BPOPDT, Jimmy Bernando Panjaitan, berharap ada kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Samosir dan masyarakat setempat yang dalam hal ini diwakili oleh Komunitas Rumahela untuk mengelola dan menjaga situs ini. 

“Sehingga di masa yang akan datang situs ini tidak hanya menjadi tempat belajar orang-orang, tetapi juga bisa berguna bagi kemajuan perekonomian masyarakat setempat,” ungkap Jimmy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kendaraan Listrik

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:30 WIB

RI Siap Akselerasi Bangun Ekosistem Industri Kendaraan Listrik

Indonesia tengah bersiap memasuki era kendaraan listrik, sesuai dengan tren global saat ini. Butuh sinergi berbagai pihak agar mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu, pemerintah dan stakeholders…

Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda bersama Menperin Agus

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:11 WIB

Menperin Agus Bagikan Potret Bersama Sahabat Lamanya Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengunggah sebuah momen duduk santai bersama anak mantan Perdana Menteri (Jepang) yaitu Tatsuo Fukuda.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Firman Shantyabudi

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:08 WIB

Tolong Disimak! Korlantas Polri Mulai Terapkan ETLE Kamera Handphone di Tiga Provinsi

Jakarta-kepolisian daerah (Polda) di Indonesia sudah menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile. Sebanyak tiga kepolisian daerah (Polda) telah menerapkan penindakan hukum berbasis…

Bandara Internasional Batam (Foto Dok Tribunnews)n

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:07 WIB

Bandara Internasional Batam DiharapkanSebagai Cargo Hub dan E-commerce

etua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi penandatangan MoU antara PT. BS Kargo Indonesia dengan PT. Bandara Internasional Batam dalam bidang e-commerce dan logistik. PT. BS Kargo Indonesia…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:05 WIB

Rasio Kepemilikan Mobil di RI Masih Rendah, Menperin Agus: Ini Potensi Luar Biasa

Japan Autoparts Business Forum yang digelar di Nagoya, Jepang, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan rasio kepemilikan kendaraan roda empat di Indonesia masih…