Menparekraf Gelontorkan Dana Hibah Rp 3,7 Triliun, Tour Guide Hingga Biro Perjalanan Bakal Kecipratan

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 05 Juli 2021 - 18:30 WIB

Wisata di Bali (Kemenparekraf)
Wisata di Bali (Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menpakrekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan akan mempercepat terkait penyaluran penerima dana hibah pariwisata kepada pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

"Dana hibah pariwisata tahun ini kita tambah 3,7 triliun dan diperluas. Jika tahun lalu hanya menjangkau hotel dan restoran saja, tahun ini kita sentuh juga biro perjalanan, para tour gude, pramuwisata, tempat-tempat rekreasi dan beberapa sentra wisata," katanya dalam weekly press briefing secara virtual, Jakarta, Senin (5/7/2021). 

"Kami sudah merampungkan program penyiapannya di Kemenparekraf dan juga data-data dari BPJS kami juga sudah terima. Sekarang harapannya adalah dari Kementerian Keuangan dan Komite Pemulihan Ekonomi Nasional (komite PEN) untun segera diluncurkan. Nanti, setelahnya akan diverivikasi dan divalidasi oleh pemerintah daerah, dan akan direalisasikan langsung kepada para parekraf," tambahnya. 

Tidak hanya dana hibah pariwisata, Sandiaga pun juga fokus terhadap program bantuan sosial (bansos) agar dipercepat prosesnya selama PPKM Darurat. Ia pun juga berharap perlu ada perluasan kepada yang belum menerima bansos. 

"Soal bansos tadi arahan bapak Presiden sangat jelas, minggu ini harus segera direalisasikan ditransfer ke rekening yang sudah disiapkan. Tadi juga ada usulan dari Kemenko Marves untuk menjagkau para penerima BLT sebelumnya tapi tidak tersentuh bansos. Jangan sampai ada yang tidak tersentuh. Agar masyarakat yang membutuhkan dapat terealisasikan," tukas Sandiaga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:29 WIB

Presiden Jokowi Bertolak ke Moskow Adakan Pertemuan dengan Presiden Vladimir Putin

Setelah menempuh perjalanan dengan Kereta Luar Biasa (KLB) selama 11 jam, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana tiba di Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia, Kamis, 30 Juni 2022…

Vaksinasi terhadap Sapi

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:24 WIB

Terima Vaksin PMK, Gubernur Kalsel Apresiasi Keseriusan Kementan

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor mengapresiasi dan berterimakasih kepada Menteri Pertanian atas alokasi vaksin PMK kepada Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Bareskrim Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., menegaskan pihak kepolisian komitmen menuntaskan kasus penipuan Investasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya. foto: Tribratanews.polri.go.id

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:13 WIB

Bareskrim Polri Komitmen Tuntaskan Kasus Penipuan Investasi KSP Indosurya

Jakarta-Kepala Bareskrim Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., menegaskan pihak kepolisian komitmen menuntaskan kasus penipuan Investasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya.

Kendaraan Listrik

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:30 WIB

RI Siap Akselerasi Bangun Ekosistem Industri Kendaraan Listrik

Indonesia tengah bersiap memasuki era kendaraan listrik, sesuai dengan tren global saat ini. Butuh sinergi berbagai pihak agar mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu, pemerintah dan stakeholders…

Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda bersama Menperin Agus

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:11 WIB

Menperin Agus Bagikan Potret Bersama Sahabat Lamanya Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengunggah sebuah momen duduk santai bersama anak mantan Perdana Menteri (Jepang) yaitu Tatsuo Fukuda.