Gerai Sentra Budaya dan Ekonomi Kreatif Melayu Riau, diharapkan dapat Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 04 Juli 2021 - 10:30 WIB

Kain Khas Melayu, Riau (Dok: Kemenparekraf)
Kain Khas Melayu, Riau (Dok: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Gerai sentra budaya dan ekonomi kreatif Melayu Riau, baru saja diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreaitf, Sandiaga Uno pada Sabtu (3/7/2021) secara daring di Jakarta.

Gerai ini merupakan hasil perjanjian kerja sama antara SKK Migas dan PT. Chevron Pasific dengan Lembaga Adat Melayu Riau dan Pemerintah Provinsi Riau, pada 2 Maret 2020 lalu. Gerai ini diharapkan menjadi wadah pelaku ekonomi kreatif dalam berjejaring, berorganisasi, pengembangan bisnis, dan mempererat ikatan antar anggota komunitas pada sektor ekonomi kreatif dan budaya.

"Saya dengan bangga, hari ini meresmikan pembangunan dan pemanfataan gerai sentra budaya dan ekonomi kreatif Melayu Riau. Semoga dapat mendorong inovasi, mendorong kolaborasi, kepada seluruh pemangku kepentingan, dengan prinsip 3G, gerak cepat, karena we don’t have much time, gerak bersama, dan gaspol, garap semua potensi lapangan kerja," ujarnya melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Lebih lanjut sektor ekonomi kreatif ini memiliki potensi besar untuk terus tumbuh. Karena, Indonesia saat ini memiliki demografi yang 53 persen didominasi oleh kaum milenial dan generasi Z, serta keragaman kekayaan seni dan budaya. Selain itu, sektor ekonomi kreatif menjadi salah satu penopang perekonomian Indonesia, karena banyak menyerap tenaga kerja.

Tercatat dari data yang dihimpun dalam Opus Creative Economy Outlook tahun 2019, sektor ekonomi kreatif memberikan kontribusi sebesar Rp1,105 triliun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Dan menyerap 17 juta tenaga kerja. Dari data tersebut, menunjukkan bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar di sektor ekonomi kreatif.

"Oleh karena itu, pembangunan sentra ini memiliki nilai strategis bagi pelestarian budaya Melayu, sekaligus pengembangan ekonomi kreatif di Riau. Tentunya, diperlukan pengelolaan yang baik dan berkelanjutan pada gerai tersebut, agar dapat menjadi salah satu ikon destinasi wisata sekaligus menarik minat wisatawan, khususnya generasi milenial untuk belajar nilai dan kebudayaan Melayu," tutur Menparekraf.

Nantinya, gerai sentra budaya dan ekonomi kreatif Melayu Riau tidak hanya digunakan untuk menampilkan berbagai jenis kerajinan budaya, kuliner, dari berbagai kabupaten/kota di Provinsi Riau, tapi juga menampilkan kegiatan seni dan budaya yang akan dilakukan secara rutin, seperti seni, tari, musik, atau pertunjukan lainnya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Riau, Datuk Setia Amanah Drs. H. Syamsuar menyampaikan rasa terima kasih kepada Menparekraf Sandiaga yang berkenan hadir, sekaligus meresmikan gerai sentra budaya dan ekonomi kreatif Melayu Riau. Karena kehadiran, Menteri menurut dia mampu memberikan semangat dan motivasi yang besar bagi masyarakat, khususnya para pelaku ekonomi kreatif di Provinsi Riau, dalam menghadapi pandemi Covid-19  dan tantangan ekonomi.

"Ini adalah kesempatan kita di Provinsi Riau untuk mengembangkan ekonomi kreatif, sekaligus mempromosikan produk-produk lokal ekonomi kreatif dan budaya Riau yang cukup banyak. Mudah-mudahan melalui gerai ini bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Riau," kata Datuk Setia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Parfum Summerscent

Rabu, 29 Juni 2022 - 22:30 WIB

Summerscent Hadirkan Wewangian Mewah dengan Harga Terjangkau

Dalam beberapa tahun terakhir, produk wewangian atau parfum lokal mulai menjamur dan tengah digandrungi oleh masyarakat. Banyak brand wewangian lokal yang menarik perhatian, salah satunya Summerscent.…

Webinar Jamkrindo preneur

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:49 WIB

Jamkrindo Dukung Transformasi Digitalisasi UMKM

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52, PT Jaminan Kredit Indonesia (PT Jamkrindo), perusahaan penjaminan kredit terbesar di Indonesia, menyelenggarakan Coaching Clinic Jamkrindopreneur…

Depot air isi ulang

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:32 WIB

Asosiasi Depot Air Minum: Label BPA Bantu Pertumbuhan UMKM.

Ketua Umum Asosiasi Pemasok dan Distributor Depot Air Minum Indonesia (APDAMINDO) —induk organisasi 60.000 depot air minum di Indonesia, Budi Darmawan, menepis isu pelabelan Bisfenol A atau…

Cisco Indonesia berhasil menduduki peringkat pertama dalam Best Workplaces Indonesia tahun 2022

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:29 WIB

Great Place to Work Indonesia Berikan Penghargaan kepada Perusahaan dengan Budaya Tempat Kerja Terbaik

Jakarta-Great Place to Work® adalah otoritas global dalam budaya tempat kerja, mengumumkan daftar perdana Certified™ dan 10 Best Workplaces™ terbaik pada acara Indonesia Best Workplaces…

Ilustrasi Kwitansi

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:12 WIB

Pengertian dan Cara Menggunakan Kwitansi dalam Melakukan Transaksi Keuangan

Pengertian kwitansi adalah salah satu dokumen bukti transaksi keuangan. Mengenai transaksi keuangan, mungkin sejak kecil kita sudah biasa melakukannya. Seperti ketika kita membeli jajan di pedagang…