Empat Anak Usaha BUMN Ini Bikin Bangga Pak Erick Thohir, Meski Krisis Pandemi, Tapi Raup Laba

Oleh : Kormen Barus | Minggu, 04 Juli 2021 - 11:26 WIB

Meski Krisis Pandemi, Anak Usaha BUMN Ini Raup Laba
Meski Krisis Pandemi, Anak Usaha BUMN Ini Raup Laba

INDUSTRY.co.id, Bandung-Empat anak usaha BUMN ini mampu meraih keuntungan dan mempertahankan predikat sebagai perusahaan sehat meski dalam kondisi perekonomian yang seret akibat pandemi Covid-19.

Keempat perusahaan itu adalah PT Surya Energi Indotama (SEI), PT Len Railway Systems (LRS), PT Len Telekomunikasi Indonesia (LTI), dan PT Eltran Indonesia yang mayoritas sahamnya dimiliki BUMN PT Len Industri (Persero).

Secara keseluruhan, keempat perusahaan tersebut meraup laba sebesar Rp102,82 dari total pendapatan Rp1.54 triliun di sepanjang tahun 2020.

Pemegang saham mengapresiasi capaian ini meski beberapa kontrak baru tidak tercapai sehingga pendapatan tersebut turun 17,2% atau Rp1,86 triliun pada tahun 2019. Kondisi ini terjadi karena pergeseran anggaran pada sejumlah proyek yang ditunda atau bahkan dibatalkan terkait situasi pandemi.

Kinerja Apik Anak Perusahaan

Berdasarkan survei Customer Satisfaction Index 2020 oleh Markplus, layanan Palapa Ring yang paling baik adalah Palapa Ring Bagian Tengah. PT LTI mendapat nilai sebagai perusahaan dengan CSI di atas indeks keseluruhan. LTI adalah Badan Usaha Pelaksana (BUP) Proyek Pembangunan dan Pengelolaan Jaringan Tulang Punggung Serat Optik Palapa Ring Paket Tengah.

Tahun 2020, PT SEI memeroleh proyek dari pasar pemerintah maupun BUMN seperti proyek BTS tenaga surya, Penerangan Jalan Umum (PJU) tenaga surya, juga proyek pemasangan PLTS Atap perkantoran dan residensial. Selain itu, SEI juga melakukan peningkatan cakupan pasar swasta dan kerja sama dengan beberapa developer di bidang energi.

PT LRS tak kalah hebat, pasalnya, nilai KPI tahun 2020 mencapai 100% dari yang ditargetkan. Beberapa proyek yang diselesaikannya antara lain pembangunan sistem persinyalan kereta Bandara Adi Sumarmo, PSD (Platform Screen Door) LRT Jabodebek, Trans Sulawesi Jalur Makasar-Parepare dan sebagainya.

Begitu pula halnya dengan PT Eltran. Meskipun mengalami penurunan kinerja, pemegang saham tetap memberikan apresiasi. Kondisi Eltran dinilai wajar karena beberapa rencana proyek ditunda atau bahkan dibatalkan akibat pandemi, sehingga menyebabkan target pendapatan tidak tercapai.

Sebagai perbaikan, Eltran tengah melakukan strategi turnaround yang diharapkan mampu menggerakkan kurva kinerja secepatnya kembali membaik.

RUPS: Komitmen Bersama Bangkit dari Pandemi

“Tahun 2020 memang cukup berat. Momentum ini perlu kita jadikan dorongan untuk memperkuat komitmen perbaikan dan peningkatan di tahun mendatang,” ujar Bobby Rasyidin, Direktur Utama PT Len Industri (Persero) dalam acara Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang dilaksanakan secara virtual (30/6).

RUPS dihadiri oleh jajaran Direksi PT Len Industri sebagai perwakilan pemegang saham mayoritas serta jajaran Direksi dan Komisaris dari PT Eltran Indonesia, PT SEI, PT LRS dan PT LTI.

Bobby Rasyidin sebagai perwakilan pemegang saham mayoritas memimpin jalannya RUPS dengan sejumlah agenda bahasan, yaitu kinerja usaha perusahaan, perolehan kontrak dan pendapatan, capaian Key Performance Indicator (KPI), tingkat kesehatan operasional perusahaan, serta poin-poin lainnya.

RUPS Anak Perusahaan Len Industri diakhiri dengan komitmen bersama untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Dengan kondisi yang hingga kini tidak dapat diprediksi, terus bangkit dan bertumbuh adalah harapan besar yang diamini bersama.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…