Ekonomi Digital Mampu Mendorong Inklusi Keuangan di Indonesia

Oleh : Herry Barus | Kamis, 01 Juli 2021 - 11:00 WIB

Oxford Business Group
Oxford Business Group

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Oxford Business Group (OBG) baru saja meluncurkan laporan terbaru berjudul “Digital Economy Covid-19 Recovery Roadmap” yang membahas pentingnya peran ekonomi digital di Indonesia untuk mendorong pemulihan jangka panjang di tengah pandemi Covid-19. Laporan tersebut menyediakan analisis mendalam mengenai sektor ekonomi digital dengan format laporan yang mudah dicerna dan diakses, serta berfokus pada data dan infografis lanskap sosial-ekonomi nasional.

Didukung oleh semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan aplikasi online, ekonomi digital Indonesia diperkirakan akan berperan besar dalam mendorong pemulihan dalam negeri pada tahun 2021 dan seterusnya.

Dalam ekonomi digital Indonesia, sejumlah sektor seperti fintech, pembayaran digital, e-commerce dan layanan pengiriman makanan diperkirakan akan mengalami pertumbuhan yang signifikan dengan meningkatnya jumlah pengguna layanan tersebut. Selain itu, semakin banyak pelaku usaha yang gencar menerapkan solusi digital untuk mendorong pertumbuhan bisnisnya. Sektor konstruksi dan pembangunan infrastruktur juga diperkirakan akan menjadi pendorong utama dalam pertumbuhan jangka panjang di dalam negeri.

Laporan terbaru ini juga menghadirkan wawancara bersama dengan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia untuk membahas daftar prioritas investasi negara, mendorong produksi barang bernilai tambah, dan potensi dari perjanjian Regional Comprehensive Economic Partnership dalam memperluas akses pasar dan meningkatkan daya saing Indonesia.

Jade Currie, Editor Regional OBG untuk Asia, mengatakan, “Indonesia tampaknya sudah siap untuk memulai langkah-langkah pemulihan berbasis teknologi digital untuk menghadapi tantangan pandemic COVID-19, di mana fintech dan e-commerce akan menghadirkan peluang yang begitu besar untuk membangun perekonomian yang inklusif.”

Jade Currie menambahkan, “Pasar domestik Indonesia yang cukup besar, dukungan institusional, dan semakin banyaknya masyarakat yang memanfaatkan aplikasi digital, menghadirkan peluang investasi digital yang menarik. Aplikasi digital dapat meningkatkan inklusi keuangan, menciptakan lapangan kerja, dan memungkinkan UMKM untuk menjangkau lebih banyak pelanggan di Indonesia sehingga mendorong pertumbuhan berjangka panjang yang inklusif di tahun-tahun mendatang.”

Covid-19 Recovery Roadmap merupakan bagian dari laporan yang saat ini sedang diproduksi oleh OBG bersama dengan mitranya. Selain itu, OBG bersama juga meluncurkan instrumen riset yang relevan serta berbagai artikel dan wawancara terkait dengan Prospek Pertumbuhan dan Pemulihan Ekonomi di sejumlah negara khusus.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Link Net Tbk (LINK) (Foto DokIndustry.co.id)

Kamis, 23 September 2021 - 21:01 WIB

Curhat Pelanggan Direspon Cepat, Link Net Dianugerahi Penghargaan Indonesia Customer Service Champions

Jakarta– Dalam mewujudkan komitmennya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggan, PT Link Net Tbk dengan brand First Media terus melakukan berbagai upaya dan optimalisasi layanan,…

Produk Mie BonCabe level 30 Rasa Ramen Pedas yang diluncurkan PT Kobe Boga Utama, Kamis (23/09/2021), di Tangerang, Provinsi Banten. (Foto: Humas PT Kobe Boga Utama)

Kamis, 23 September 2021 - 20:59 WIB

Kobe Boga Utama Luncurkan Mie BonCabe Level 30 Rasa Ramen Pedas

PT Kobe Boga Utama meluncurkan produk baru Mie BonCabe level 30 rasa Ramen Pedas pada acara Live Event “Ngeramen BonCabe” pada Kamis (23/09/2021). Acara tersebut dimeriahkan oleh para komika,…

Jalin Kerja Sama, Kemenag dan Perpusnas Luncurkan Portal Web Kepustakaan Keagamaan

Kamis, 23 September 2021 - 20:46 WIB

Pemulihan Pembelajaran di Madrasah Mengandalkan Buku Teks

Jakarta-Kementerian Agama (Kemenag) RI dan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI meluncurkan portal web Kepustakaan Keagamaan.

Ilustrasi Digital Skills (Ist)

Kamis, 23 September 2021 - 20:45 WIB

Pentingnya Memiliki Kemampuan Digital Saat Ini

Berkembangnya teknologi digital juga turut membawa kemampuan-kemampuan baru yang bisa dimiliki oleh masyarakat khususnya para generasi muda dan usia produktif. Mereka juga harus mengetahui sebenarnya…

JULO meluncurkan fitur lengkap kredit digital untuk dapat Hidupkan Hidupmu melalui stabilitas keuangan

Kamis, 23 September 2021 - 20:36 WIB

Dahsyat! Perusahaan Teknologi Karya Anak Bangsa Ini Ciptakan JULO, Kredit Digital Lengkapi Fitur Isi Pulsa Hingga Scan QRIS

JAKARTA- Sebagai perusahaan teknologi asal Indonesia, PT JULO Teknologi Finansial (JULO) meluncurkan kredit digital dengan berbagai fitur transaksi meliputi kelengkapan transaksi cash dan non-cash.