Indonesian Chef Association Komit Bangkitkan Industri Kuliner di Tengah Pandemi

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 29 Juni 2021 - 20:48 WIB

Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah didampingi Panitia Rapimnas ICA 2021 di Lombok NTB
Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah didampingi Panitia Rapimnas ICA 2021 di Lombok NTB

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Pandemi Corona melumpuhkan begitu banyak sendi. Selain pertahanan kesehatan yang luluh lantak, ekonomi negara juga ikut terpuruk. Corona juga membuat industri pariwisata yang didalamnya ada industry kuliner juga ikut merasakan dampaknya sangat signifikan.

Keterpurukan industri kuliner ini juga masuk sebagai agenda penting para chef yang tergabung dalam Indonesian Chef Association (ICA) yang menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) di Lombok Nusa Tenggara Barat, dengan tema “Kreatif dan Tangguh Dalam Era Digital Menghadapi Normal baru Industri Kuliner.”

Rapimnas ini digelar secara hybrid (offline dan online), yang dihadiri seluruh pengurus pusat ICA, dan pimpinan 22 BPD dan 36 BPC serta perwakilan 17 ambasador ICA di beberapa negara.

Rapimnas ini mendapat dukungan pemerintah provinsi NTB, ditandai dengan hadirnya Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr. Zulkieflimansyah, yang secara langsung di lokasi acara.

Dalam sambutannya, Gubernur Dr. Zulkieflimansyah sangat mendukung kegiatan ICA dan setuju dengan tema Rapimnas yaitu Kreatif dan tangguh dalam era digital menghadapi era baru industri kuliner.

“Tangguh dalam artian kuat bertahan dalam menghadapi pandemic covid-19 dan berjuang untuk mendapatkan alternatif baru untuk menjalankan kegiatan atau usaha disaat situasi sekarang ini,” kata Zulkeflimansyah, Selasa, (29/6/2021).

Presiden ICA, Chef Henry Alexie Bloem dan Ketua Panitia Rapimnas Chef Komang Adi, menyatakan rasa bangganya, karena ICA tumbuh dan mampu beradaptasi secara digital baik dalam format keanggotaan dan berbagai penyelenggaraan event.

“Rapimnas tahun 2021 ini adalah tahun terakhir di bawah kepengurusan BPP 2017-2022, dan dalam rapat ini juga, kita membahas menuju pelaksanaan MUNAS 2022 mendatang yang sudah waktunya kita persiapkan dari saat ini,” ungkap Chef Bloem.

Chef Bloem juga berharap seluruh keluarga besar ICA terus taat prokes dan menjalani vaksin agar ekonomi pariwisata segera bisa pulih kembali.

Chef Komang Adi juga merasa kagum akan potensi wisata yang disajikan secara virtual oleh ICA BPD NTB selaku tuan rumah Rapimnas ICA 2021 ini.

VP marketing dan Event BPP ICA, Slamet Jarwanto, menyatakan bahwa ICA sudah mampu bertransformasi secara digital baik dalam pengelolaan marketing, keanggotaan maupun penyelenggaran event.

“Di tengah keterbatasan karena situasi pandemi ini, ICA tetap melakukan berbagai kegiatan untuk terus mempromosikan kuliner Nusantara, khususnya lewat media social,” kata Slamet.

Dalam Rapimnas ini juga, para pengurus melakukan percakapan daring dengan beberapa ambassador ICA di luar negeri, salah satunya Chef DR Yono Poernomo. Yono adalah ambasador ICA USA sekaligus owner Yono's Retaurant di Albani New York. Ada juga amabasador ICA di Brisbane Australia.

Dalam Rampinas ini, Chef Bloem juga berharap, pemerintah menyediakan vaksin sebanyak mungkin dan melibatkan ICA untuk pelatihan UKM kuliner agar bisa bersaing di era pasar digital.

Acara Rapimnas juga dimeriahkan dengan cooking demo Chef Yongki Gunawan yang didukung oleh Blue Band, Sania dan beberapa Produk lain .

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…