Melirik Kehidupan Pangeran Philip Lewat Pameran di Kastil Windsor

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 29 Juni 2021 - 14:45 WIB

Pangeran Philip (Ist)
Pangeran Philip (Ist)

INDUSTRY.co.id - Untuk merayakan ulang tahun Pangeran Philip yang ke-100, Kastil Windsor, Inggris menggelar sebuah pameran untuk memperingati hari lahir Pangeran Inggris tersebut. Namun, belum sempat melihat pameran tersebut Pangeran Philip meninggal dunia pada usia 99 tahun di Kastil Windsor, pada Jumat, 9 April 2021. 

Pameran musim panas ini akan menampilkan cerita hidup Duke of Edinburgh lewat 150 objek yang ditampilkan ke publik. Bertema 'Prince Philip: A Celebration', di mana nantinya akan menampilkan objek dari kehidupan Duke of Edinburgh. 

Dilansir dari laman Indianexpress, pameran ini bertujuan untuk menghormati mendiang Pangeran Philip sebagai pendamping Ratu/Raja terlama di kerajaan tersebut. 

"Pameran ini telah direncanakan sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-100 untuk Pangeran Philip yang akan menginjak usia 100 tahun pada 10 Juni," kata kurator Sally Goodsir.

"Tetapi setelah kematiannya pada bulan April, kami telah menunda pembukaannya hanya dalam beberapa minggu dan kami masih mengenangnya" katanya.

Di antara barang yang dipamerkan di Kastil Windsor yakni terdapat undangan pernikahan Pangeran Philip dengan Ratu Elizabeth II. Barang tersebut menjadi kenang-kenangan yang paling berharga meresmikan hubungannya pada 1947. Menariknya, akan ditampilkan pula pesanana layanan dan menu sarapan penikahan keduanya. 

Kemudian yang menarik dari tampilan objek adalah jubah penobatan dan coronet yang dikenakan oleh Pangeran Philip untuk penobatan Ratu Elizabeth sebagai Ratu Inggris pada 1953 sekaligus pengangkatannya sebagai Chair of Estate. Barang-barang itu biasanya diletakkan di Ruang Tahta di Istana Buckingham.

Lalu, terdapat kursi kebun tempat duduk Ia bersama Ratu Elizabeth di Istana Buckingham dan ditampilkan di Kastil Windsor untuk pertama kalinya. Kemudian untuk pertama kalinya terdapat lukisan potret Pangeran Philip yang diluki pada 2017. Lukisan karya Ralph Heimans menampilkan Pangeran Philip yang mengenakan seragam Windsor biru dan merah, berdiri di Koridor Agung di Kastil Windsor.

Selanjutnya terdaapat barang-barang pribadi, seperti jurnal Ratu Victoria yang mencatat kelahiran ibu Pangeran Philip, Putri Alice, di Kastil Windsor pada 1885, hingga yang eksentrik pendingin anggur berukuran besar yang disajikan oleh mantan Presiden Prancis Georges Pompidou selama kunjungannya ke Inggris pada 1972.

Barang-barang lainnya termasuk bingkai Faberge dengan foto-foto Raja George VI dan Ratu Elizabeth yang merupakan hadiah pernikahan, lalu sebuah set catur yang disajikan oleh Nelson Mandela selama kunjungannya tahun 1996 ke Inggris, dan sepasang sepatu bot koboi dengan kata-kata Pangeran dan Philip bertuliskan emas, diberikan kepada pangeran selama kunjungan ke Houston, Texas, pada tahun 1991.

Juga ditunjukkan adalah sisa-sisa jam St George's Hall Windsor Castle dan fragmen balok yang terbakar, lalu diselamatkan oleh Pangeran Philip dari puing-puing setelah api yang menyapu kastil pada tahun 1992.

"Saya pikir orang-orang tidak dapat berkumpul ke pemakaman, seperti yang biasanya telah mereka lakukan. Saya berharap mereka mungkin dapat datang ke kastil dan belajar sedikit lebih banyak tentang beliau," kata Goodsir.

Pameran ini akan dibuka untuk umum hingga 20 September.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Nasabah ASABRI

Selasa, 05 Juli 2022 - 21:47 WIB

Peserta Pensiun Lapor SPTB via ASABRI Mobile

PT ASABRI (Persero) adalah BUMN yang mengelola asuransi sosial Prajurit TNI, Anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri, yang menjalankan programnya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 102 Tahun…

Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA.

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:19 WIB

BAZNAS: Potensi Ekonomi Kurban 2022 Capai Rp31,6 Triliun

Jakarta-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyebutkan potensi ekonomi kurban tahun 2022 mencapai Rp31,6 triliun, atau meningkat 74 persen dari potensi tahun 2021.

Willy Anwar, Co-founder dari Transporta

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:08 WIB

Transporta Terpilih untuk Mengikuti Program Inkubasi Startup Studio Indonesia Batch

Jakarta-Transporta, perusahaan startup teknologi di Indonesia, terpilih menjadi salah satu dari 15 perusahaan startup untuk berpartisipasi dalam Startup Studio Indonesia Batch 4 setelah melewati…

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Hal itu dilakukan sebagai upaya memenangi Pilpres 2024.

Selasa, 05 Juli 2022 - 19:57 WIB

Kerja Sama Akar Rumput Perkuat Konsolidasi KIB Hingga ke Daerah

Jakarta- Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia…

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.