Ninja Xpress Catatkan Kota Jakarta dan Sekitarnya Sumbang 26% Pengiriman Nasional Selama Ramadan 2021

Oleh : Herry Barus | Jumat, 25 Juni 2021 - 10:43 WIB

Ninja Express (Foto Dok Industry.co.id)
Ninja Express (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Di tengah momentum Hari Ulang Tahun Jakarta ke-494, Ninja Xpress apresiasi warga Jakarta dan sekitarnya atas kontribusi nyata dalam membantu memperbaiki roda perekonomian Indonesia dengan melakukan belanja produk dalam negeri sebagai wujud dukungan kepada UKM lokal. Berdasarkan data yang dicatatkan oleh Ninja Xpress selama bulan Ramadan 2021, Kota Jakarta dan sekitarnya menyumbang 26 persen atau lebih dari 7 juta paket dari total penerima barang dalam skala nasional. Selain itu, sampai dengan Juni 2021, Ninja Point yang tersebar di seluruh Indonesia juga didominasi pada wilayah Jakarta dan sekitarnya dengan persentase lebih dari 50 persen.

Pengiriman barang tujuan Jakarta dan sekitarnya pada saat periode Ramadan dan Lebaran didominasi oleh kategori paket kecil, dengan jumlah 93% dari total paket. Adapun barang yang dikategorikan sebagai paket kecil meliputi kosmetik, pakaian, aksesoris, kacamata, makanan ringan atau makanan siap saji, dan lain-lain.

“Kami sangat mengapresiasi kontribusi nyata warga Jakarta dan sekitarnya yang dinilai memiliki andil yang cukup besar dalam mendorong kebangkitan UKM lokal di masa pandemi. Hal ini dapat menjadi contoh yang sangat baik untuk mengajak masyarakat di berbagai wilayah Indonesia untuk sama-sama mendukung kebangkitan UKM lokal”. ungkap Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress, Jumat (25/6/2021)

Berdasarkan data yang dihimpun dari Mandiri Institute, tren belanja masyarakat di tahun ini mengalami perbaikan dibandingkan dengan periode pra-pandemi tahun 2020. Saat ini, nilai belanja masyarakat berada 4,6% lebih tinggi dibandingkan dengan periode Januari 2020 dan frekuensi belanja masyarakat juga meningkat 16,7% lebih tinggi.

Puncak peningkatan aktivitas belanja online terjadi pada saat Ramadan dan larangan mudik lebaran Mei 2021 lalu. Aktivitas belanja online yang meningkat berpengaruh pada bisnis jasa logistik, hal ini dicatatkan dalam pengiriman Ninja Xpress yang mengalami peningkatan pada permintaan pengiriman sebanyak 64 persen dibandingkan periode ramadan tahun sebelumnya.

Yoga, salah satu mitra UKM Ninja Xpress yang berasal dari Jakarta tercatat mengalami peningkatan pengiriman sebesar 100,7% selama Ramadan menambahkan, “Penjualan barang di toko kami meningkat saat bulan Ramadan menjelang lebaran. Barang-barang yang paling banyak dipesan meliputi peralatan rumah tangga dan alat pertukangan seperti palu, tang, dan obeng. Kami juga sangat berterima kasih kepada Ninja Xpress yang telah membantu kami dalam pengiriman paket dengan cara yang lebih mudah dan lebih murah.”

Hari Raya Idul Fitri juga menjadi momentum dalam mengerek laju inflasi bulan Mei 2021. Tak hanya sejumlah harga barang, konsumsi masyarakat pun ikut meningkat. Badan Pusat Statistik mencatat kenaikan indeks harga konsumen atau inflasi pada April 2021. Inflasi bulanan tercatat 0,13 persen, lebih tinggi dibandingkan dua bulan sebelumnya, yakni 0,1 persen dan 0,08 persen.

 

Peningkatan laju inflasi dan daya beli masyarakat ini tentunya menjadi kabar baik untuk kebangkitan UKM di masa pandemi. Sebagai Mitra UKM, Ninja Xpress semakin gencar melakukan upaya-upaya dalam menghadirkan ekosistem digital untuk mendukung para pelaku UKM membangun dan mengembangkan bisnisnya. Salah satu program terbaru yang dilakukan yaitu dengan menyediakan platform digital yang dijadikan sumber informasi dan berbagi wawasan bisnis dan tips bersama para pengusaha lokal di Indonesia.

“Peningkatan pengiriman yang terjadi pada masa Ramadan 2021 menjadikan Ninja Xpress memperkuat komitmen mengantarkan sukses ke seluruh UKM di Indonesia, dengan memberikan layanan yang terbaik untuk UKM lokal. Salah satunya dengan inisiatif terbaru Ninja Xpress di Kuartal kedua 2021 dengan menghadirkan edukasi dan berbagi tips melalui situs Blog Ninja Xpress blog.ninjaxpress.co/ sebagai salah satu dukungan Ninja Xpress terhadap UKM lokal”. tutup Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi kredit perbankan

Sabtu, 31 Juli 2021 - 20:56 WIB

Peningkatan Kredit Penopang Raihan Laba Bank DKI

Bank DKI mencatatkan pertumbuhan laba sebesar 40,8% (year-on-year) dari Rp279 miliar per Juni 2020 menjadi Rp394 miliar per Juni 2021.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Sabtu, 31 Juli 2021 - 19:37 WIB

Alhamdulillah! Gubernur Anies Sampaikan 4 Berita Baik Buat Seluruh Warga Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui jejaring sosial medianya membagikan empat buah berita baik terkait perkembangan pandemi Covid-19 di wilayah Ibu Kota, Jakarta. "Pertama, berita baik.…

Ilustrasi Era Digitalisasi

Sabtu, 31 Juli 2021 - 18:15 WIB

Ibarat Kerumunan, Media Digital Bisa Menggerakkan Massa untuk Kegiatan Positif

Di masa pandemi ini penting sekali memiliki digital skills karena sebagian besar kegiatan dilakukan secara online. Arief Yudi Rahman, Maestro Seni Media Baru Kemendikbud 2018, mengibaratkan…

Artis Niki Zefanya

Sabtu, 31 Juli 2021 - 18:00 WIB

Zilenial Indonesia yang Berprestasi dan Menginspirasi

Generasi Zilenial, Generasi Z atau Gen Z? Mendengar kata-kata itu mungkin tidak asing lagi. Gen Zilenial atau yang lebih dikenal Generasi Z ialah generasi mengacu pada generasi yang lahir pada…

Gubernur Jakarta Anies Baswedan

Sabtu, 31 Juli 2021 - 17:30 WIB

Luar Biasa Dahsyat! Gubernur Anies Berhasil Lampaui Target 7,5 Juta Vaksinasi, Lebih Cepat Sebulan dari Tenggat Presiden Jokowi

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berhasil meraih, bahkan melebihi, target vaksinasi yang ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Keberhasilan pencapaian target vaksinasi tersebut…