Perkuat Stok Produk Warung Pangan, BGR Logisitcs Tandatangani Nota Kesepahaman dengan PT Tani Supply Indonesia

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 24 Juni 2021 - 19:16 WIB

OPTIMALKAN PROSES HULU HINGGA HILIR WARUNG PANGAN, BGR LOGISTICS BERKOLABORASI DENGAN TANIHUB GROUP.
OPTIMALKAN PROSES HULU HINGGA HILIR WARUNG PANGAN, BGR LOGISTICS BERKOLABORASI DENGAN TANIHUB GROUP.

INDUSTRY.co.id, Jakarta-PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics tandatangani Nota Kesepahaman dengan PT Tani Supply Indonesia, Part of TaniHub Group tentang pengembangan usaha dan bisnis antara kedua belah pihak.

Dalam kolaborasi ini, kedua belah pihak sepakat untuk bersama-sama melakukan pengembangan usaha dan bisnis terkait pergudangan, teknologi logistik, dan armada serta memperkuat layanan Warung Pangan BGR Logistics serta layanan dari TaniHub Group.

Nota kesepahaman ditandatangani langsung oleh M. Kuncoro Wibowo, Direktur Utama BGR Logistics dan Sariyo, Chief Operating Officer TaniHub Group sekaligus Direktur PT Tani Supply Indonesia. Didampingi oleh Budi Susanto, Direktur Komerisal BGR Logistics, Tri Wahyundo Hariyatno, Direktur Pengembangan Usaha & Sistem Informasi BGR Logistics serta Astri Purnamasari, Director of Corporate Affair PT Tani Supply Indonesia.

Penandatanganan ini dilaksanakan di Kantor Pusat BGR Logistics dengan protokol covid19 yang ketat dan dilakukan swab antigen terlebih dahulu sebelum pelaksanaan acara dengan hasil 100% peserta negative dari covid19.

Dalam kesempatan tersebut, M. Kuncoro Wibowo menyampaikan apresiasinya atas sinergi antara BGR Logistics dengan TaniHub ini yang dapat memberikan nilai tambah kepada kedua belah pihak dan juga manfaat langsung kepada masyarakat serta pelaku UMKM di Indonesia.

MoU yang telah ditandatangani merupakan Langkah konkret untuk melanjutkan ke perjanjian kerja sama secara lebih mendetail yang akan ditandatangani TaniHub Group dan BGR Logistics dalam waktu dekat. “Kami melihat TaniHub Group banyak bermain di produk fresh, sedangkan kami sebagai “Beyond Digital Logistics Company”, juga memiliki cold storage serta kebutuhan Gudang lainnya yang dapat dimanfaatkan bersama, sehingga nanti bisa dikerjasamakan di situ,” ujar Kuncoro.

Kuncoro melanjutkan, contoh lain yang dapat dikerjasamakan yaitu TaniHub Group dapat menggunakan aset BGR Logistics yang ada di beberapa tempat, seperti di Surabaya misalnya, serta BGR Logistics dapat mengangkut produk pangan dari fasilitas Processing and Packing Center (PPC) milik TaniHub Group yang terletak di Kepanjen, Malang, ke Jakarta. Dengan demikian, BGR Logistics dapat membantu TaniHub Group untuk mengurangi biaya logistik yang saat ini masih cukup besar dan belum efisien.

Ditambah lagi dengan layanan Trans Logistics yang minggu lalu kami launching, ini juga dapat kita maksimalkan bersama untuk perkuat persebaran produk fresh kepada masyarakat di Jawa dan Sumatera saat ini, karena untuk awal operasinya Trans Logistics kami sudah siapkan 9 Hub di Jawa dan Sumatera (Jakarta, Cikampek, Semarang, Boyolali, Sidoarjo, Medan, Pekanbaru, Palembang dan Lampung), ke depannya kita akan masuk ke Sulawesi.

Salah satu inisiatif utama yang juga akan dikolaborasikan adalah penguatan aplikasi TaniHub dan Warung Pangan. Sebagai informasi, aplikasi Warung Pangan diinisiasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM serta Kementerian BUMN, dikembangkan oleh BGR Logistics dan bekerja sama dengan BUMN Klaster Pangan serta supplier-suplier prokuk pangan lokal Indonesia, saat ini sudah memiliki lebih dari 30.000 mitra yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia seperti Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya dan Bangka Belitung.

TaniHub Group akan memasok Warung Pangan dengan produk fresh dan produk pangan lainnya, serta layananb TaniFund dapat membiayai UMKM yang menjadi mitra Warung Pangan dengan skema hamper sama dengan fitur WP Fund dan WP Asik milik BGR Logistics yang ada di Warung Pangan.

Sariyo mengatakan bahwa kolaborasi ini menunjukkan kesiapan TaniHub Group untuk hadir secara merata di seluruh wilayah Indonesia. Dengan berkolaborasi ini, TaniHub Group maupun BGR Logistics dapat mempercepat realisasi atas strategi bisnis masing-masing Perusahaan dengan saling bersinergi sesuai dengan kekuatan yang dimiliki kedua belah pihak.

Memperluas jangkauan layanan dan mempercepat rantai pasokan menjadi salah satu fokus utama kami. Dengan kehadiran TaniHub Group di berbagai wilayah Indonesia dan semakin dekat dengan petani dan masyarakat, kami yakin akan adanya pengurangan disparitas harga antara petani dan konsumen. Pada akhirnya juga akan memperluas dampak sosial kami, apalagi dengan berkolaborasi bersama BGR Logistics ini akan membantu kami untuk merealisasikan hal itu, ucap Sariyo.

BGR Logistics merupakan BUMN penyedia jasa logistik di Indonesia yang memiliki layanan jasa logistik terintegrasi, mulai dari lntegrated Logistics Solution, Supply Chain Management Provider, Waste Integrated Solution serta Diversification Solution. Sebagai BUMN yang berdiri sejak 11 April 1977, BGR Logistics juga telah bertransformasi menjadi perusahaan logistik digital sesuai  dengan tagline perusahaan “Beyond Digital Logistics Company” dimana BGR Logistics memberikan solusi sistem logistik berbasiskan IT kepada para pelanggan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…