Eksis di Sosmed, Fanny Fabriana Beri Tips Membuat Konten yang Benilai Positif

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 24 Juni 2021 - 15:45 WIB

Artis Fanny Fabriana (Instagram/@fannyfabriana)
Artis Fanny Fabriana (Instagram/@fannyfabriana)

INDUSTRY.co.id - Ketika internet sudah cukup merata di Indonesia kemudian fasilitas smartphone sudah cukup mumpuni, setiap orang di era digital sekarang ini bisa manfaatkannya sebagai sarana content marketing. Di mana seiring waktu penggunaan internet, apalagi sejak pandemi makin banyak bermunculan content creator.

Apalagi di masa pandemi ketika semua sudah serba digital dan aktivitas lebih banyak di rumah, rata-rata orang menggunakan internet 8 jam per hari dengan waktu 3 jam 14 menit dihabiskan untuk sosial media. 

“Sekarang pengguna sosial media bukan hanya yang usianya 20-an ke atas banyak sekali yang tenagers bahkan anak-anak juga sudah mulai mengikuti tren sosial media saat ini di mana aku sebagai orang tua menjadi refleksi untuk terus mengedukasi,” ujar Fanny Fabriana, saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Bagi Fanni yang kini merupakan seorang ibu dari tiga anak, apa yang diunggah ke sosial media menjadi perhatiannya sehingga harus bijak. Sebagai content creator yang lebih banyak membagikan idenya kepada pengguna Instagram dia pun memberikan tips membuat konten di sosial media.

“Konten sumbernya bisa dari pengalaman sendiri atau pengalaman orang lain, kadang kita mau kasih kata inspirasi quote positif dari orang lain kode etiknya kita tulis juga sumbernya,” kata Fanny.

Selain itu Fanny juga membagikan tips untuk memilih tema sesuatu yang dikuasai, sebab pastinya dengan begitu sudah memahami celahnya. Selanjutnya pilih juga konten yang disukai, karena kalau suka akan sesuatu pastinya seseorang akan lebih mau mengeksplore ide dan menggali lebih banyak bidang itu.

Dia mencontohkan sepeda, seseorang yang menyukai sepeda pastinya akan mencari jenis sepeda yang cocok untuknya dan isi konten akan mengalir. Satu lagi yang tak boleh terlupakan adalah menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti dan kejujuran saat membuat konten atau originalitas.

“Tanya ke diri sendiri mengenai hobi dan kesukaan kita apa sih? Apa yang dikuasai sehingga dengan begitu sudah tahu celahnya. Selain itu tidak perlu selalu mengikuti tren, tapi lebih ke konten yang original saja,” ujarnya lagi.

Sebisa mungkin menurut Fanny saat membuat konten untuk memerhatikan sisi manfaatnya, memotivasi atau menginspirasi dan memiliki nilai. Sementara itu biasanya netizen menyukai konten yang merupakan jawaban dari permasalahan.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Eko Prasetya, Wakil Ketua Umum Relawan TIK Indonesia, Oleg Sanchabahtiar seorang Creative Concept dari Planet Design Indonesia, dan Rizki Arnosa CEO Codelite. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya digital skills, digital ethics, digital safety dan digital culture untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:33 WIB

Ini Tips Roojai Agar Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

Jakarta- Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik…

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:20 WIB

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan peringatan Nuzululqur'an 1445 H dan Berbuka Puasa Bersama Anak Yatim di Auditorium Kementerian PUPR, Kamis (28/03/2024).…

DOK. Shutterstock Ilustrasi krisis air bersih

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:18 WIB

Masalah Air Kian Gawat! Indonesia Siap Gelar World Water Forum ke-10 di Bali

Jakarta-Pemerintah Indonesia menegaskan World Water Forum ke-10 siap dilaksanakan pada 18 hingga 25 Mei 2024 di Bali dengan persiapan matang yang melibatkan seluruh stakeholder dalam tata Kelola…