Dahsyat! Smelter Nikel di Halmahera Senilai 1 Miliar Dolar Resmi Beroperasi

Oleh : Ridwan | Rabu, 23 Juni 2021 - 17:02 WIB

Ilustrasi Industri Smelter Nikel
Ilustrasi Industri Smelter Nikel

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan smelter nikel high pressure acid leaching atau HPAL di Pulau Obi, Halmahera Selatan, Rabu, 23 Juni.

Smelter ini dikembangkan PT Halmahera Persada Legend (HPL) dengan nilai investasi lebih dari US$ 1 miliar.

"Diharapkan kawasan ini menjadi pusat pengembangan dan pusat pertumbuhan wilayah di Pulau Obi khususnya dan di Halmahera, serta Maluku Utara secara umum," ujar Luhut dalam keterangannya.

Sentra pengolahan bijih nikel HPAL berbasis teknologi hidrometalurgi ini akan mendorong percepatan hilirisasi mineral menuju industrialisasi berbasis baterai dan pengembangan kendaraan listrik.

Luhut mengatakan Indonesia memiliki sumber daya dan cadangan nikel serta cobalt yang cukup, didukung oleh mineral lainnya, seperti tembaga, alumunium, dan timah.

Potensi ini mendukung daya saing Indonesia di sektor industri kendaraan listrik sebagai produsen baterai. Peningkatan permintaan kendaraan listrik dapat menaikkan permintaan baterai, terutama jenis nickel-cobalt-mangan atau NCM.

Diprediksi pada 2030, permintaan kendaraan listrik meningkat mencapai 31,1 juta unit. Adapun di Indonesia, pemerintah menargetkan produksi kendaraan listrik dapat menembus 600 ribu unit roda empat dan 2,45 juta roda dua.

Luhut melanjutkan, teknologi pengolahan untuk bijih nikel bisa melalui jalur pirometalurgi (RKEF) dan hidrometalurgi. Smelter HPAL akan banyak memanfaatkan bijih nikel dengan kadar yang lebih rendah, yang jumlahnya diklaim melimpah di Indonesia.

Adapun proses HPAL dapat menghasilkan produk nikel kelas satu, yakni Mixed Hydroxide Precipitate (MHP) dengan turunannya berupa nikel sulfat (NiSO4) dan cobalt sulfat (CoSO4). Produk ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku baterai yang memiliki nilai tambah lebih tinggi ketimbang produk yang dihasilkan dari jalur RKEF.

"Untuk itu, kita perlu dukung dan terus didorong untuk terjadi peningkatan investasi agar ada penambahan line produksi sehingga kita mendapat sebesar-besarnya manfaat dari proses produksi ini," terangnya.

Luhut menyebut investari smelter ini akan mendorong pembukaan lapangan kerja. Pemerintah, kata dia, akan mendukung peningkatan kualitas tenaga kerja melalui pelatihan dan pendidikan.

"Diperlukan fasilitas pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kerja yang akan bekerja di industri smelter ini," ujar Luhut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Inilah profil Carina Citra Dewi Joe, peneliti asal Indonesia yang menjadi salah satu pemilik hak paten vaksin AstraZeneca.

Minggu, 01 Agustus 2021 - 14:24 WIB

Bikin Bangga Jutaan Masyarakat Indonesia, Wanita Keturunan Indonesia Ini, Ternyata Salah Satu Pemilik Hak Paten Vaksin Astrazeneca

Jakarta-Selain Indra Rudiansyah, ternyata ada peneliti Indonesia yang ikut mengembangkan vaksin Covid-19 Astrazeneca di Oxford Univeristy, Inggris. Dia adalah wanita muda bernama Dr Carina Citra…

Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan Aplikasi JAKI (foto Kolase)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 14:11 WIB

Kabar Terbaru dari Anak Buah Gubernur Anies: Aplikasi JAKI Bisa Buat Cek Status Vaksinasi COVID-19

Jakarta-Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta menambah fitur baru pada aplikasi JAKI yang dapat mengidentifikasi status vaksinasi COVID-19.

Aksi Cepat Tanggap (ACT)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:54 WIB

ACT dan Gernas MUI Bergerak Bersama Atasi Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 adalah permasalahan bangsa yang harus diselesaikan bersama-sama. Semua elemen bangsa harus bersatu dalam menuntaskannya. Persatuan sangatlah penting, sebagaimana yang dicontohkan…

Ilustrasi Paspor Vaksin (Ist)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:45 WIB

Jepang Mulai Memberlakukan Paspor Vaksinasi Covid-19

Jepang mulai menerima paspor vaksin bagi mereka yang telah sepenuhnya divaksinasi Covid-19 sebagai syarat bahwa warganya dapat melakukan perjalanan internasional.

Peraih medali emas Hidilyn Diaz dari Filipina (Foto Reuters)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:21 WIB

Anak Tukang Becak Ini Ungkap Rahasia Doa, Hingga Meraih Medali Emas Pertama Filipina di Olimpiade Tokyo

Jakarta-Para uskup Katolik Filipina mengucapkan selamat kepada Hidilyn Diaz, atas prestasinya meraih medali emas Olimpiade pertama Filipina. Atlet angkat besi ini, tidak hanya atas kemenangannya…