Tips Buat Konten yang Menarik dan Berkualitas Bagi Pemula, Penasaran? Ini Caranya

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 21 Juni 2021 - 18:15 WIB

Ilustrasi Membuat Content Creative (Ist)
Ilustrasi Membuat Content Creative (Ist)

INDUSTRY.co.id - Saat internet sudah cukup merata di Indonesia kemudian fasilitas smartphone sudah cukup mumpuni, setiap orang di era digital sekarang ini bisa manfaatkannya sebagai content marketing. Di mana seiring waktu penggunaan internet, apalagi sejak pandemi makin banyak bermunculan content creator.

“Masa pandemi ini merupakan kesempatan yang tepat untuk belajar digital skills, kalau itu dimanfaatkan dengan baik bisa jadi sumber penghasilan,” ujar Dee Rahma, Dee Rahma, Digital Marketing Strategic & Content Creator saat webinar Literasi Digital wilayah Jawa Barat I untuk Kabupaten Kuningan, pada Senin (14/6/2021).

Untuk generasi milenial yang tertarik mencoba menjadi content creator, tema “Tips and Trick Cara Membuat Konten Yang Menarik Bagi Generasi Milenial berikut patut untuk disimak.

Namun sebelumnya pahami dulu apa itu konten. Konten sendiri merupakan sebuah cara untuk menyampaikan pesan komunikasi tertentu kepada public melalui berbagai wadah media. Konten terdiri berbagai macam format, berupa tulisan, gambar, suara, hingga video.

Diketahui, revolusi social media di awali tahun 1980-an saat penggunaan komputer pribadi dan internet semakin berkembang. Bill Gates, Pendiri Microsoft ketika itu ingin setiap orang memiliki PC di rumahnya.

Mulanya internet hanya dipakai militer US saja, lalu digunakan publik untuk semua orang. Perkembangan berlanjut saat Facebook pertama kali ada di tahun 2004 lalu muncul iPhone era dengan kemudahan sharing foto dan video. Saat ini jutaan konten telah tersebar di seluruh dunia. 

Lalu saat sudah memiliki keinginan memulai jadi content creator, sebaiknya masuk ke platform social media yang mana? Dee mengungkapkan hal itu kembali lagi ke pribadi masing-masing, sesuai dengan karakter dan personality. 

Selanjutnya belajar membuat konten yang menarik dan punya nilai positif. Dee menjabarkan beberapa kategori konten menarik seperti mendidik atau edukatif, bisa berupa tutorial dan tips trik misalnya membuat video traveling di masa pandemi. Selanjutnya adalah kategori menghibur bisa berupa komedi dan humor, maupun berita hiburan. Pilihan lainnya adalah konten yang bersifat persuasif dan storytelling, dari semua pilihan tersebut pastikan untuk tidak menyebar hoax.

“Sebagai content creator kita juga punya tanggung jawab moral ya untuk membagikan hal yang positif,” ujarnya. 

Secara detail, Dee ikut memberi tips khusus untuk para content creator memperhatikan tren atau viral content misalnya membuat berupa mikro blog yang tidak terlalu banyak foto tapi menempatkan banyak tulisan di Instagram. Ada juga untuk jenis video singkat di TikTok misalnya pakai lagu yang lagi populer. 

“Setelah memposting sesuatu kita bisa tahu mana yang disukai audience dari situ kita kembangin konten kita lagi,” kata Dee lagi. 
 
Kiat lainnya, seorang content creator juga harus memahami preferensi audience dan membuat karya yang orisini berdasarkan kreatifitas personal creator. Sebab conten creator kekuatannya di personality. 

Harus sesuai dengan personality, sehingga bisa jadi diri sendiri. Perhatikan juga resolusi gambar agar hasil jernih agar orang lebih tertarik. Buat judul headline menarik agar memantik rasa penasaran. Selain itu bangun interaksi dengan pemirsa social media. 

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Jawa Barat I Kabupaten Kuningan merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Bentang Febrylian dari Masyarakat Anti Fitnah Indonesia, Anggi Auliyani Duta Bahasa Jawa Barat, dan Rizki Arnosa CEO Codelite. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya digital skills, digital ethics, digital safety dan digital culture untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…