TikTok Bagikan Insight Mengenai Potensi Kreator Meningkatkan Skill dan Kualitas Konten Untuk Jadi Kreator Profesional

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 19 Juni 2021 - 16:30 WIB

Aplikasi Tik Tok
Aplikasi Tik Tok

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Penggunaan platform digital yang terus bertambah di masa pandemi ini membuka kesempatan bagi siapapun untuk menjadi kreator dan membagikan karya atau kontennya di platform digital. TikTok sebagai platform digitalpun menjadi salah satu wadah kreativitas kreator untuk saling berbagi dan menginspirasi. Potensi kreator konten sebagai pekerjaan profesional juga mulai menarik perhatian pengguna platform digital. TikTok, platform distribusi video singkat, berbagi insight mengenai dunia kreator serta potensi kreator dalam mengembangkan karir sebagai kreator profesional.

Meningkatnya penggunaan platform digital ini tercermin pada data We Are Social 2021, dimana tercatat pengguna sosial media di Indonesia bertambah 6.3% jika dibandingkan dengan Jan 2020 dan setidaknya lebih dari 90% secara aktif terhubung dan memberikan kontribusi di sosial media dan platform digital.

"Belajar dan bekerja dari rumah membuat kegiatan offline harus shifting ke kegiatan online yang akhirnya menghadirkan tren dalam pembuatan konten termasuk video singkat. Hal ini juga menjadi salah satu faktor hadirnya kreator-kreator baru di dunia digital," kata Joeden, Head of Partnership & Development StarHits, Multi-Channel Network, anak perusahaan MNC Studios International Tbk (MSIN)

"Kreator dan kategori konten yang beragam juga membuat brand memiliki lebih banyak variasi dalam berkolaborasi dengan kreator untuk mengamplifikasikan strategi pemasarannya di platform digital."

Joeden dalam siaran persnya Minggu (19/6/2021) juga memaparkan kemunculan kreator-kreator baru ini membuat persaingan semakin ketat, oleh karena itu kreator dituntut untuk menciptakan kreativitas baru, konten yang orisinil dan konsistensi pada konten yang disajikan. Kreativitas baru ini mengubah tren konten yang sebelumnya lebih banyak fokus pada entertaining content dan menggunakan format video panjang menjadi konten yang informatif seperti tips dan dan tutorial dalam format video pendek. Tetapi meskipun persaingan cukup ketat, para kreator juga cenderung lebih senang untuk saling berkolaborasi dan mendukung kontennya satu sama lain.

TikTok sebagai platform inklusif yang menyediakan platform bagi siapa pun untuk mengekspresikan kreativitasnya juga melihat potensi yang dapat ditingkatkan oleh kreator untuk meningkatkan kualitas konten yang semakin bermanfaat dan semakin kreatif sehingga dapat lebih terhubung dengan komunitas TikTok. Pengembangan potensi kreator ini menjadi salah satu fokus program TikTok #SamaSamaBelajar yang bertujuan untuk memberikan kesempatan dan akses yang sama kepada setiap orang untuk belajar dan menginspirasi hal-hal baru.

Upaya pengembangan potensi bagi kreator ini diwujudkan dalam bentuk TikTok Class, sebuah pelatihan bagi siapapun yang ingin membuat konten kreatif dan edukatif di TikTok. Selain itu, untuk menumbuhkan semangat berbagi konten yang inspiratif dan juga berkualitas pada generasi muda, TikTok juga mengadakan TikTok University Week yang akan dilaksanakan segera di 8 kota di Indonesia dengan menghadirkan top kreator edukasi TikTok sebagai salah satu pembicara untuk saling berbagi inspirasi dan tips dalam membuat konten edukasi yang menarik dan kreatif.

 

"Konsistensi dalam membagikan konten dan mempertahankan ciri khas konten menjadi salah satu unsur penting yang perlu diperhatikan kreator di TikTok. Kami juga mendorong kreator untuk meningkatkan kualitas kontennya sehingga dapat memberikan inspirasi dan dampak positif yang lebih luas dan besar bagi pengguna lain" kata Angga Anugrah Putra, Head of Operations, TikTok Indonesia. "Oleh karena itu, kami berharap program pelatihan TikTok Class dan TikTok University Week yang ditujukan untuk kreator ini dapat memberikan manfaat bagi kreator yang ingin meningkatkan skill dan menjadi kreator profesional."

Program #SamaSamaBelajar adalah program yang fokus untuk menghadirkan konten edukasi di platform digital di tahun 2020. Setelah mendapatkan sambutan yang positif dari masyarakat, program ini kembali dilanjutkan di tahun 2021 dan didukung oleh Kemendikbudristek untuk memberikan akses dan kesempatan yang sama kepada siapa pun untuk belajar dan berbagi inspirasi kepada masyarakat melalui konten edukasi di TikTok. Konten-konten edukasi lainnya dapat dilihat pengguna dengan mengunjungi tagar #SamaSamaBelajar di aplikasi TikTok. Konten edukasi dengan tagar #SamaSamaBelajar saat ini telah menempati top konten di TikTok, dengan total jumlah views lebih dari 67 Miliar

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.