Aktivis Gender Sebut Patriarki Tak Hanya Merugikan Perempuan, tapi Juga Laki-Laki

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 18 Juni 2021 - 16:45 WIB

Ilustrasi Kesetaraan Gender (locita.co)
Ilustrasi Kesetaraan Gender (locita.co)

INDUSTRY.co.id - Sejak dulu, representasi gender di masyarakat memiliki standar ideal. Berbicara tentang standar tersebut, media lama seperti televisi dan film-film popular Hollywood sudah menggambarkannya dalam sosok ideal perempuan dan laki-laki dari perannya di masyarakat. 

Perempuan dan laki-laki diidealkan masyarakat dengan performa perilaku dan bila berbeda dilecehkan masyarakat. Tubuh perempuan adalah medan pertarungan politik abad, tempat ideology dikontestan, ekonomi dipromosikan dan moralitas.

"Di majalah saja contohnya, standar kecantikan juga direpresentasikan basisnya selalu umur dan ketat persaingannya, sementara kalau laki-laki hanya berbicara tentang hobi," kata Kalis Mardiasi, seorang Aktivis Gender Equality saat webinar Literasi Media wilayah Jawa Barat I, Kota Bogor, Senin (14/6/2021).

Mengenai gender, gambaran paling umum di masyarakat adalah perempuan menikah, lalu punya anak, lalu pakai jilbab. Hal tersebut bisa disimak  melalui Instagram bila ada perempuan yang memakai jilbab lalu lepas jilbab atau perempuan yang bercerai mendapat kecaman. Banyak sekali status tubuh dan seksualitas perempuan yang ideal dan tidak ideal di situlah ada komentar yang kasar.

"Saat ini muncul feminitas tradisional yang tampak modern, perempuan boleh berperan di ruang publik, tapi harus menikah, harus punya anak, harus memastikan suami dan anak-anak terurus, harus tidak lebih sibuk dari suami," Kata Kalis lagi.

Namun menurut Kalis sekarang di digital pratform eranya sudah mulai berubah dan melawan stereotip itu semua. Jadi kalau masih ada yang primitif mengomentari bentuk tubuh, warna kulit, seseorang akan menjadi musuh. Hal ini perlu diingatkan juga kepada content creator, bahwa harus harus lebih maju dan lebih beradap dengan tidak melanggengkan steorotip lama mengenai gender tersebut.  

"Sekarang ada gerakan single moms Indonesia melawan stereotif istilah janda, kalau dulu janda kan labelnya negatif," tuturnya. 

Menurut Kalis, patriarki yang mewajibkan perempuan dan laki-laki harus mengikuti standar masyarakat sebenarnya merugikan. Sebenarnya bukan hanya perempuan saja yang dirugikan, namun juga laki-laki yang bisa jadi terbebani karena harus mengikuti standar yang ditetapkan masyarakat.

Saat ini kesetaraan gender sudah mulai diperlihatkan dalam konten iklan yang cukup bagus. Di mana laki-laki dan perempuan berbagi perannya, tidak seperti dulu di mana ayah membaca koran lalu ibu menyiapkan kopi atau memasak. “Budaya digital pralform harus melihat perempuan yang utuh, bukan dari cantiknya tapi prestasi dan peran lainnya,” jelasnya.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Jawa Barat I Kota Bogor merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. Di webinar kali ini hadir pula nara sumber lainnya yaitu Founder The Entrepreneurs Society, Co-Founder Mas Pam Records Noor Kamil, Psikolog & Trainer SEJIWA Hellen Citra Dewi. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya digital skills, digital ethics, digital safety dan digital culture untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…