Hebat, Beras Premium Sragen Berhasil Tembus Pasar Arab Saudi, Peminatnya Mencengangkan...

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 18 Juni 2021 - 15:09 WIB

Beras Premium Sragen Berhasil Tembus Pasar Arab Saudi
Beras Premium Sragen Berhasil Tembus Pasar Arab Saudi

INDUSTRY.co.id, Riyadh, Arab Saudi – Beras premium asal Sragen, Jawa Tengah akan segera menembus pasar Arab Saudi. Beras premium produksi PT Banyu Bening Jaya tersebut resmi diekspor ke Arab Saudi pada Rabu (16/06/2021). Setibanya di Arab Saudi, perusahaan mitra, Batlah Cooperation for Operation and Maintenance akan bertindak sebagai distributor beras ini di pasar Arab Saudi.

Pada pengiriman perdana ini berhasil dikirimkan 20 ton dari rencana total 1000 ton beras premium yang akan membawa pertambahan nilai perdagangan yang signifikan antara Indonesia dan Arab Saudi. Kabupaten Sragen adalah lumbung padi peringkat ke-11 dalam skala nasional dan peringkat tiga di Provinsi Jawa Tengah.

Ekspor beras perdana diharapkan menjadi momentum bagi masuk dan dikenalnya produk-produk beras Indonesia di pasar Arab Saudi. Keberhasilan ekspor ini merupakan hasil sinergi Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Luar Negeri, Pemerintah Kabupaten Sragen dan Propinsi Jawa Tengah. KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah selalu siap mendukung upaya Pemerintah Indonesia untuk peningkatan ekspor produk Indonesia ke Arab Saudi, terutama  upaya pemulihan ekonomi nasional pada kondisi pandemi saat ini.

Arab Saudi merupakan negara mitra dagang Indonesia yang menduduki peringkat ke-21 sebagai tujuan ekspor Indonesia. Nilai ekspor non migas Indonesia ke Arab Saudi pada periode April 2021 mengalami peningkatan yang cukup baik, mencapai 5,94% apabila dibandingkan pada periode yang sama pada tahun sebelumnya, dari USD 519,86 Juta menjadi USD 550,76 Juta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 04 Agustus 2021 - 22:05 WIB

Menperin Agus Ajak Industri Semen Berpartisipasi Kelola Limbah Medis

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah dalam proses menggerakkan industri semen untuk berpartisipasi dalam mengelola limbah medis di dalam negeri yang volumenya semakin meningkat.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 04 Agustus 2021 - 21:55 WIB

Menperin Agus Sebut Insentif Fiskal untuk Industri Hijau Tengah Digodok Antar Kementerian/Lembaga

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya memacu penerapan industri hijau di Tanah Air, salah satunya upayanya melalui pemberian insentif fiskal. Menteri Perindustrian (Menperin)…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 04 Agustus 2021 - 21:52 WIB

Indonesia 4.0 Conference & Expo 2021 Menghadirkan Lebih dari 120 Perusahaan Penyedia Teknologi dan Solusi Bagi Industry 4.0

Jakarta-Sejak peluncuran Making Indonesia 4.0, Kementerian Perindustrian mengimplementasikan industri 4.0 pada berbagai sektor industri nasional melalui berbagai upaya.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 04 Agustus 2021 - 21:30 WIB

Menperin Agus Bakal Percepat Industri Nasional Bertransformasi Terapkan Teknologi Industri 4.0

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memacu implementasi industri 4.0 di berbagai sektor industri nasional melalui berbagai upaya. Satu di antaranya pelaksanaan program Indonesia Industry…

 Manajemen SIG dan TCC meresmikan kerja sama kedua perusahaan dengan membunyikan alat musik angklung asal Indonesia dan wadaiko asal Jepang.

Rabu, 04 Agustus 2021 - 21:28 WIB

Jalin Kemitraan dengan TCC, Posisi SIG Sebagai Penyedia Kebutuhan Bahan Bangunan Terbesar di Level Regional Kian Kokoh

Jakarta-PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) secara resmi menjalin kemitraan strategis dengan Taiheiyo Cement Corporation (TCC), Jepang, yang telah masuk dalam jajaran pemegang saham PT Solusi…