Tak Hanya Wisata, Destinasi Super Prioritas Labuan Bajo Flores Juga Munculkan Peluang Bisnis Pangan

Oleh : Nata Kesuma | Kamis, 17 Juni 2021 - 16:55 WIB

 DSP Labuan Bajo Flores, Deputi Bidang Koordinasi Pangan Kemenkoperekeonomian Yuli
DSP Labuan Bajo Flores, Deputi Bidang Koordinasi Pangan Kemenkoperekeonomian Yuli

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Prioritas pembangunan Destinasi Super Prioritas (DSP) tidak hanya berfokus pada penyiapan infrastruktur dan SDM yang terkait pariwisata tetapi juga untuk mengintegrasikan pembangunan infrastruktur dan SDM dengan penyiapan ekosistem yang mendukung pasokan pangan sebagai kebutuhan utama dalam menarik wisatawan.

Untuk mendukung pengembangan DSP Labuan Bajo Flores, Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Musdhalifah Machmud diwakili Asisten Deputi Pengembangan Agribisnis Hortikultura Yuli Sri Wilanti melakukan audiensi serta sosialisasi Program Kemitraan Closed Loop Komoditas Hortikultura kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat beserta para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) setempat.

Hal ini dilakukan juga untuk mendukung rencana pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi G-20 dan ASEAN Summit 2023 di Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat.

Salah satu isu strategis di Kabupaten Manggarai Barat adalah penyediaan komoditas pangan untuk menunjang sektor pariwisata yang belum dapat dipenuhi oleh petani setempat. 

Saat ini, sekitar 85% pasokan bahan pangan dipasok dari luar wilayah tersebut.

Hal ini menjadi tantangan bagi Pemerintah agar petani setempat dapat memasok kebutuhan pangan yang dibutuhkan.

“Adanya DSP Labuan Bajo Flores bisa memberikan peluang bisnis yang mampu menggerakkan ekonomi daerah. Tidak hanya dari sisi pariwisata namun pasokan pangan harus menjadi prioritas yang dibangun melalui pemberdayaan petani dan kolaborasi semua pelaku usaha,” katanya.

Sejalan dengan hal tersebut, Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng menyampaikan keberadaan DSP Labuan Bajo Flores menjadi peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan kontribusi sektor pertanian dalam pemenuhan kebutuhan lokal yang selama ini masih dipenuhi dari luar Nusa Tenggara Timur.

Dalam Rencana Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Manggarai Barat Tahun 2020 - 2024, sektor pertanian menjadi penyokong utama perekonomian daerah. 

Yuli menegaskan Pemerintah Daerah perlu bekerja sama dengan Badan Otoritas Labuan Bajo Flores (BOLBF), Pelaku Usaha Hotel dan Rumah Makan, serta Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Manggarai Barat untuk mengoptimalkan potensi sektor pertanian.

“Salah satunya dengan memetakan jenis dan volume komoditas yang dibutuhkan untuk mendukung pariwisata, khususnya kebutuhan Hotel dan Restoran di Labuan Bajo sehingga petani dapat merencanakan produksi sesuai kebutuhan dan dibantu untuk melakukan kemitraan dengan pelaku pasar. Adanya kepastian pasar dan harga akan memotivasi petani untuk terus berproduksi, ” pungkas Yuli.

Perlu diketahui, audiensi tersebut juga dihadiri oleh Staf Ahli Hubungan Antar Lembaga Kemendes PDTT, perwakilan dari Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM serta pelaku usaha BUMN dan swasta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…