Goks! Produk Unggulan RI Ini Bikin Rusia Rela Bawa Duit Ratusan Dolar AS Tiap Pekan

Oleh : Ridwan | Rabu, 16 Juni 2021 - 13:25 WIB

Ilustrasi ekspor tepung kelapa
Ilustrasi ekspor tepung kelapa

INDUSTRY.co.id - Manado - Rusia semakin meminati tepung kelapa asal Provinsi Sulawesi Utara menyusul permintaan hingga mencapai ratusan ton setiap pekannya.

"Di pekan terakhir Mei 2021, tepung kelapa yang diekspor ke Rusia 249 ton dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar USD 498.515," kata Kabid Daglu Disperindag Sulut, Darwin Muksin di Manado (15/06), seperti dilansir Antara.

Darwin mengatakan bahwa Rusia adalah salah satu negara tujuan utama tepung kelapa asal Sulut yang rutin membeli produk turunan kelapa yang satu ini.

Selain itu, ia mengatakan bahwa pemerintah meminta kepada pengekspor tepung kelapa asal Sulut, agar memanfaatkan pasar Rusia tersebut.

"Ini peluang yang sangat besar bagi pengekspor Sulut karena mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas ekspor khususnya ke Rusia," terangnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa Tepung kelapa asal Sulut telah diekspor ke puluhan negara di dunia baik di Asia, Eropa, Amerika maupun Afrika.

Sementara itu, ia juga mengatakan bahwa Disperindag, siap memfasilitasi pengurusan surat keterangan asal (SKA) ekspor para pengekspor asal Sulut.

Data ekspor ini, katanya, berdasarkan SKA yang dimasukkan pengekspor asal Sulut di Disperindag Sulut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 04 Agustus 2021 - 22:05 WIB

Menperin Agus Ajak Industri Semen Berpartisipasi Kelola Limbah Medis

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah dalam proses menggerakkan industri semen untuk berpartisipasi dalam mengelola limbah medis di dalam negeri yang volumenya semakin meningkat.

dr soap luncurkan kampanye penyelamatan bumi

Rabu, 04 Agustus 2021 - 22:04 WIB

Ajak Masyarakat Cintai Bumi, dr soap Adakan Program Return & Earn untuk Daur Ulang Sampah

Upaya untuk menyelamatkan bumi terus dilakukan oleh berbagai pihak. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan formula yang ramah lingkungan. Selain tentu saja secara aktif ikut dalam upaya…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 04 Agustus 2021 - 21:55 WIB

Menperin Agus Sebut Insentif Fiskal untuk Industri Hijau Tengah Digodok Antar Kementerian/Lembaga

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya memacu penerapan industri hijau di Tanah Air, salah satunya upayanya melalui pemberian insentif fiskal. Menteri Perindustrian (Menperin)…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 04 Agustus 2021 - 21:52 WIB

Indonesia 4.0 Conference & Expo 2021 Menghadirkan Lebih dari 120 Perusahaan Penyedia Teknologi dan Solusi Bagi Industri 4.0

Jakarta-Sejak peluncuran Making Indonesia 4.0, Kementerian Perindustrian mengimplementasikan industri 4.0 pada berbagai sektor industri nasional melalui berbagai upaya.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 04 Agustus 2021 - 21:30 WIB

Menperin Agus Bakal Percepat Industri Nasional Bertransformasi Terapkan Teknologi Industri 4.0

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memacu implementasi industri 4.0 di berbagai sektor industri nasional melalui berbagai upaya. Satu di antaranya pelaksanaan program Indonesia Industry…