Bank Syariah Indonesia Edukasi Perbankan ke Mahasiswa UIN Walisongo

Oleh : Wiyanto | Selasa, 15 Juni 2021 - 16:57 WIB

Wakil Direktur Utama 2 Bank Syariah Indonesia, Abdullah Firman Wibowo
Wakil Direktur Utama 2 Bank Syariah Indonesia, Abdullah Firman Wibowo

INDUSTRY.co.id-Jakarta – PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI berkomitmen untuk meningkatkan literasi keuangan bank syariah lewat Kuliah Umum di UIN Walisongo Semarang.

Kegiatan Kuliah Umum ini merupakan salah satu bentuk aktif BSI dalam meningkatkan literasi keuangan di lingkungan akademisi dengan tema “Menelisik Masa Depan Lembaga Keuangan Syariah di Indonesia: Merger BRI Syariah, BSM dan BNI Syariah” yang disampaikan langsung Wakil Direktur Utama 2 Bank Syariah Indonesia, Abdullah Firman Wibowo, Selasa (15/6/2021).

Pada kesempatan tersebut Wakil Direktur Utama 2 BSI Abdullah Firman Wibowo menyampaikan materi secara virtual dihadapan mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang yang hadir mengikuti jalannya acara baik secara luring dengan protokol kesehatan yang ketat maupun secara daring.

Dalam materinya Firman menyampaikan kondisi saat ini literasi keuangan bank syariah masih jauh lebih rendah dibandingkan bank konvensional, perkembangan keuangan syariah khususnya industri perbankan syariah secara umum, dan merger bank syariah himbara serta dampaknya terhadap ekonomi syariah di Indonesia.

“Mergernya 3 bank syariah anak BUMN yaitu BSM, BNIS, BRIS menjadi BSI, merupakan bentuk keseriusan Indonesia dalam membumikan ekonomi dan perbankan Syariah di Indonesia, tentu diharapkan dapat meningkatkan literasi masyarakat dan Insya Allah bisa membuat kontribusi ekonomi Syariah dan industri halal di Indonesia lebih besar dan lebih bermanfaat untuk masyarakat,” tutur Firman.

Hadir pada kesempatan tersebut, Rektor UIN Walisongo, Imam Taufiq dan Dekan FEBI UIN Walisongo, Muhammad Saifullah memberikan sambutan. Kemudian hadir sebagai narasumber Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah KNEKS, Sutan Emir Hidayat; Wakil Direktur Utama 2 Bank Syariah Indonesia, Abdullah Firman Wibowo dan Kepala Pusat Bisnis Dosen UIN Walisongo; Wahab Zaenuri.

Program literasi yang sedang dilaksanakan oleh BSI ini merupakan program yang bertujuan mengedukasi masyarakat, khususnya generasi milenial. Dalam program ini, BSI berkolaborasi dengan sejumlah pihak, yang terdiri dari asosiasi hingga universitas, untuk melakukan edukasi melalui seminar, kuliah umum, pengadaan kurikulum, sampai program pelatihan. Sejumlah pihak yang digandeng oleh BSI dalam program ini antara lain 21 universitas di Indonesia, KNEKS, Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia, dan Lembaga nirlaba Syafieq NU.

Selain melalui program tersebut, BSI juga menggenjot literasi keuangan syariah secara organik, yakni memanfaatkan sumber daya manusia perseroan untuk mengedukasi masyarakat di sekitarnya.

Lewat program yang akan digelar sampai akhir tahun 2021 ini, literasi keuangan bank syariah diharapkan dapat meningkat, dimana nantinya juga akan berdampak pada meningkatnya inklusi keuangan syariah dan transaksi keuangan syariah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…