Indonesia Internet Exchange Kian Merata, Trafik Internet Makin Cepat

Oleh : Hariyanto | Selasa, 15 Juni 2021 - 11:24 WIB

Ilustrasi Indonesia Internet Exchange
Ilustrasi Indonesia Internet Exchange

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sebagai negara kepulauan, pemerataan akses infrastruktur menjadi tantangan besar. Tak terkecuali dengan pemerataan Indonesia Internet Exchange (IIX) di seluruh wilayah Tanah Air. Ketua Bidang Koordinasi dan Pengembangan Wilayah APJII, Zulfadly Syam mengatakan, IIX merupakan suatu kesatuan yang tidak bisa dilepaskan dari infrastruktur internet.

“Fungsi dari IIX itu sebetulnya untuk mereduksi trafik dari Indonesia yang lari ke luar negeri. Karena negara kita adalah kepulauan, berarti kita juga harus melakukan interkoneksi antar IIX. Berbeda kalau kita bangun di negara yang bukan kepulauan,” kata Zul yang dikutip INDUSTRY.co.id, Selasa (15/6/2021).

Sebelum adanya perangkat ini, trafik konten yang diakses pengguna internet, terlebih dahulu harus terhubung dengan jaringan yang ada di luar negeri, sehingga mengakibatkan proses penerimaan konten memakan waktu dan juga pengeluaran.

Lebih sederhana Zul menggambarkan saat orang akan mengirim e-mail ke penerima yang ada disebelahnya. Alur untuk menerima e-mail itu harus menuju ke luar negeri dulu kemudian ke Indonesia lagi dan baru diterima ke tujuan.

“Seharusnya tidak perlu seperti itu jika ada IIX. Cara ini cukup mereduksi biaya trafik internet. Kalau tidak melakukan langkah ini, pemerataan akses internet akan tersandung dengan pengeluaran yang begitu besar,” jelas Zul yang pernah menjabat sebagai Ketua APJII Bali periode 2008-2015.

Sejauh ini, kata Zul, tercatat sudah ada 15 titik IIX yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Secara pengelolaan, seluruh IIX yang ada saat ini di kelola oleh APJII sebagai organisasi internet.

Oleh sebab itu, pria yang pernah mengurus Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah APJII ini bertekad untuk mempercepat penyebaran penetrasi IIX ke wilayah-wilayah. Sebab, di tengah pandemi Covid-19 ini, mengakibatkan pertumbuhan trafik internet hampir merata.

“Saat ini di masa pandemi terjadi akselerasi transformasi digital. Orang-orang bergantung kepada internet semakin meningkat. Di daerah-daerah pun, kini sedang tumbuh trafik internetnya. Maka tak bisa ditawar, penetrasi IIX harus semakin merata di seluruh wilayah,” ungkap dia.

Sebagai orang yang memiliki pengalaman di asosiasi internet nasional maupun internasional, Zul begitu paham, jika semakin meratanya IIX di wilayah, akan menciptakan ekosistem baru di daerah tersebut. Ini akan berdampak juga terhadap penetrasi pengguna internet di Indonesia.

“Konsepnya saya melihat, IIX harus tersebar di seluruh pulau di Indonesia. Setelah pulau-pulau besar, kita akan masuk ke setiap provinsi. Dengan begitu, penyedia infrastruktur akan mendekat ke titik IIX dan mempercepat juga trafik untuk mengakses konten,” jelas dia.

Zul juga mengatakan, trafik yang dihasilkan seluruh IIX mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun 2015. Di tahun 2015, trafik IIX hanya menyentuh angka 60 GB. Kemudian di tahun 2021 mencapai 1,3 TB.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…