BI Proyeksi Ekonomi Tumbuh 5,1 Persen Triwulan-II

Oleh : Herry Barus | Kamis, 18 Mei 2017 - 18:53 WIB

Gubernur BI Agus Martowardojo
Gubernur BI Agus Martowardojo

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Bank Indonesia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II atau periode April-Juni 2017, akan tumbuh di 5,1 persen (year on year/yoy), salah satunya karena berlanjutya perbaikan kinerja ekspor.

"Proyeksi kami, triwulan II 5,1 persen, dan triwulan III serta triwulan IV bisa di atas 5,2 persen," kata Gubernur BI Agus Martowardojo usai jumpa pers di Jakarta, Kamis (18/5/2017)

Bank Sentral memandang kinerja ekspor berpeluang terus membaik, karena meningkatnya permintaan komoditas dari mitra ekspor China dan India. Khusus untuk ekspor industri manufaktur, permintaan dari importir Eropa juga naik.

"Indeks harga komoditas ekspor kita diperkirakan naik sekitar 15 persen," ujar Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo kepada awak media.

Selain ekspor, Perry menuturkan daya beli masyarakat juga diperkirakan terus membaik sehingga akan mendorong pertumbuhan konsumsi rumah tangga.

Perry memprediksi pertumbuhan konsumsi rumah tangga di tiga triwulan terakhir bisa melebihi lima persen. Pada triwulan pertama, konsumsi rumah tangga tumbuh 4,99 persen.

Namun, BI juga meminta pemerintah untuk mempercepat realisasi belanja modal agar dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi.

"Kita harapkan belanja modal ini akan mendorong pertumbuhan investasi khususnya bangunan dan bisa menstimulasi pertumbuhan ekonomi," ujar dia.

Selain investasi bangunan, Perry melihat investasi non-bangunan juga akan menggeliat didorong perbaikan kinerja ekspor.

"Jadi proyeksi kami untuk kseluruhan tahun, pertumbuhan ekonomi masih di titik tengah (midpoint) 5-5,4 persen," ujar Perry.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Groundbreaking PT Sunra Asia Pacific Hitech

Minggu, 05 Mei 2024 - 11:50 WIB

PT Sunra Asia Pacific Hitech Mulai Bangun Pabrik Perakitan Motor Listrik di Kawasan Industri Kendal

Sunra Asia Pacific Hitech merupakan subsidiary dari Jiangsu Xinri yang bergerak dalam pengembangan dan juga produksi transportasi ramah lingkungan. Pada tahun 2023 mulai mengembangkan ekspansinya…

PT Maxindo Karya Anugerah Lakukan Groundbreaking Pabrik ke-3 di Kawasan Industri Kendal

Minggu, 05 Mei 2024 - 11:37 WIB

PT Maxindo Karya Anugerah Lakukan Groundbreaking Pabrik ke-3 di Kawasan Industri Kendal

PT Maxindo Karya Anugerah melakukan groundbreaking plant 3 di Kawasan Industri Kendal yang dilaksanakan pada Kamis (2/5/2024). Konstruksi tahap 1 seluas 1.2 Ha mulai dilakukan di bulan Mei 2024…

AAJI bersama anggotanya menanam mangrove di PIK

Minggu, 05 Mei 2024 - 06:04 WIB

AAJI Tanam 2000 Bibit Mangrove dan Berikan Literasi Keuangan Pada Kelompok Nelayan

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) bersama dengan 27 perusahaan anggotanya menunjukkan komitmennya terhadap kelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan “AAJI Peduli…

Pelatihan membaca nyaring di Kota Padang.

Sabtu, 04 Mei 2024 - 22:56 WIB

Sejumlah Guru, Pegiat Literasi Hingga Orang Tua Ikuti Pembekalan Membaca Nyaring di Kota Padang

Pelatihan membaca nyaring di Kota Padang terbagi ke dalam tiga kelas, yaitu kelas orang tua, kelas guru dan kelas pustakawan/pegiat literasi.

Tekan Dampak Pemanasan Global, PIS Kolaborasi Cintai Bumi di Desa Nelayan Bali

Sabtu, 04 Mei 2024 - 20:20 WIB

Tekan Dampak Pemanasan Global, PIS Kolaborasi Cintai Bumi di Desa Nelayan Bali

Badung- PT Pertamina International Shipping (PIS) kembali melanjutkan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) “BerSEAnergi untuk Laut” yang bertujuan salah satunya untuk menekan…