Cerita Megawati Saat Jadi Presiden, Ogah di Setir IMF: Gile Dia Siapa, Enak Aja Ngatur Republik Kita...

Oleh : Nata Kesuma | Sabtu, 12 Juni 2021 - 15:58 WIB

Megawati Soekarno Putri (ist)
Megawati Soekarno Putri (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Mantan Presiden RI ke 5, Megawati Soekarno Puteri dalam orasi ilmiahnya saat pengukuhan gelar Profesor Kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) Ilmu Pertahanan Bidang Kepemimpinan Strategik dari Universitas Pertahanan (Unhan) RI, beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa dalam memimpin setiap orang harus memiliki keyakinan kuat atau Sense of Direction.

Hal tersebut berlaku juga baginya saat ia bercerita terpaksa berhadapan dengan Lembaga Dana Internasional atau biasa dikenal dengan sebutan IMF.

Pasalnya, menurut Megawati, saat itu IMF berupaya untuk mengendalikan kebijakan ekonomi nasional.

Ia menegaskan meskipun pusing namun dirinya menegaskan tidak sudi menuruti bahkan tunduk pada kemauan lembaga asing tersebut.

“Kepemimpinan itu memerlukan sense of direction, tadi yang saya bilang, berupa keyakinan, baru punya keyakinan sendiri ketika menghadapi IMF,” kata Megawati dalam orasinya dikutip redaksi pada Sabtu (12/6/2021).

"Jadi boleh tanya monggo, sama menteri-menteri saya, kayak apa kita pusingnya, bukan tujuh keliling lagi. Aduh," sambungnya lagi.

Tak hanya itu Ia pun sempat melontarkan guyonan untuk menolak keinginan IMF.

“Saya suka bahasa guyon, saya bilang, ‘gile dia nih siapa, enak aja republik republik kita lah kok musti begini musti begitu," ujar Megawati.

"Lalu saya bilang nanti dulu lah, akhirnya selesai juga. Ini kan berarti pemimpin harus ada keyakinan yang kuat,” tegasnya.

Untuk diketahui, pada bulan Desember di tahun 2003, Megawati, Presiden RI ketika itu mengakhiri program kerjasama reformasi dengan IMF.

Selanjutnya, untuk menutup defiait anggaran, Mega mengambil kebijakan privatisasi BUMN dan divestasi bank.

"Lalu saya bilang sama menteri saya,' kamu orang pintar jalankan apa yang saya suruh', saya tanggung jawab, that's the leader," tandasnya.

Megawati Soekarnoputri sensiri resmi menyandang gelar profesor dari Universitas Pertahanan Republik Indonesia. 

Hal itu berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi bernomor 33271/MPK.A/KP.05.00/2021 tentang pengangkatan dalam jabatan akademik dosen tidak tetap.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi kredit perbankan

Sabtu, 31 Juli 2021 - 20:56 WIB

Peningkatan Kredit Penopang Raihan Laba Bank DKI

Bank DKI mencatatkan pertumbuhan laba sebesar 40,8% (year-on-year) dari Rp279 miliar per Juni 2020 menjadi Rp394 miliar per Juni 2021.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Sabtu, 31 Juli 2021 - 19:37 WIB

Alhamdulillah! Gubernur Anies Sampaikan 4 Berita Baik Buat Seluruh Warga Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui jejaring sosial medianya membagikan empat buah berita baik terkait perkembangan pandemi Covid-19 di wilayah Ibu Kota, Jakarta. "Pertama, berita baik.…

Ilustrasi Era Digitalisasi

Sabtu, 31 Juli 2021 - 18:15 WIB

Ibarat Kerumunan, Media Digital Bisa Menggerakkan Massa untuk Kegiatan Positif

Di masa pandemi ini penting sekali memiliki digital skills karena sebagian besar kegiatan dilakukan secara online. Arief Yudi Rahman, Maestro Seni Media Baru Kemendikbud 2018, mengibaratkan…

Artis Niki Zefanya

Sabtu, 31 Juli 2021 - 18:00 WIB

Zilenial Indonesia yang Berprestasi dan Menginspirasi

Generasi Zilenial, Generasi Z atau Gen Z? Mendengar kata-kata itu mungkin tidak asing lagi. Gen Zilenial atau yang lebih dikenal Generasi Z ialah generasi mengacu pada generasi yang lahir pada…

Gubernur Jakarta Anies Baswedan

Sabtu, 31 Juli 2021 - 17:30 WIB

Luar Biasa Dahsyat! Gubernur Anies Berhasil Lampaui Target 7,5 Juta Vaksinasi, Lebih Cepat Sebulan dari Tenggat Presiden Jokowi

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berhasil meraih, bahkan melebihi, target vaksinasi yang ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Keberhasilan pencapaian target vaksinasi tersebut…