Cerita Megawati Saat Jadi Presiden, Ogah di Setir IMF: Gile Dia Siapa, Enak Aja Ngatur Republik Kita...

Oleh : Nata Kesuma | Sabtu, 12 Juni 2021 - 15:58 WIB

Megawati Soekarno Putri (ist)
Megawati Soekarno Putri (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Mantan Presiden RI ke 5, Megawati Soekarno Puteri dalam orasi ilmiahnya saat pengukuhan gelar Profesor Kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) Ilmu Pertahanan Bidang Kepemimpinan Strategik dari Universitas Pertahanan (Unhan) RI, beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa dalam memimpin setiap orang harus memiliki keyakinan kuat atau Sense of Direction.

Hal tersebut berlaku juga baginya saat ia bercerita terpaksa berhadapan dengan Lembaga Dana Internasional atau biasa dikenal dengan sebutan IMF.

Pasalnya, menurut Megawati, saat itu IMF berupaya untuk mengendalikan kebijakan ekonomi nasional.

Ia menegaskan meskipun pusing namun dirinya menegaskan tidak sudi menuruti bahkan tunduk pada kemauan lembaga asing tersebut.

“Kepemimpinan itu memerlukan sense of direction, tadi yang saya bilang, berupa keyakinan, baru punya keyakinan sendiri ketika menghadapi IMF,” kata Megawati dalam orasinya dikutip redaksi pada Sabtu (12/6/2021).

"Jadi boleh tanya monggo, sama menteri-menteri saya, kayak apa kita pusingnya, bukan tujuh keliling lagi. Aduh," sambungnya lagi.

Tak hanya itu Ia pun sempat melontarkan guyonan untuk menolak keinginan IMF.

“Saya suka bahasa guyon, saya bilang, ‘gile dia nih siapa, enak aja republik republik kita lah kok musti begini musti begitu," ujar Megawati.

"Lalu saya bilang nanti dulu lah, akhirnya selesai juga. Ini kan berarti pemimpin harus ada keyakinan yang kuat,” tegasnya.

Untuk diketahui, pada bulan Desember di tahun 2003, Megawati, Presiden RI ketika itu mengakhiri program kerjasama reformasi dengan IMF.

Selanjutnya, untuk menutup defiait anggaran, Mega mengambil kebijakan privatisasi BUMN dan divestasi bank.

"Lalu saya bilang sama menteri saya,' kamu orang pintar jalankan apa yang saya suruh', saya tanggung jawab, that's the leader," tandasnya.

Megawati Soekarnoputri sensiri resmi menyandang gelar profesor dari Universitas Pertahanan Republik Indonesia. 

Hal itu berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi bernomor 33271/MPK.A/KP.05.00/2021 tentang pengangkatan dalam jabatan akademik dosen tidak tetap.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:33 WIB

Ini Tips Roojai Agar Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

Jakarta- Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik…

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:20 WIB

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan peringatan Nuzululqur'an 1445 H dan Berbuka Puasa Bersama Anak Yatim di Auditorium Kementerian PUPR, Kamis (28/03/2024).…

DOK. Shutterstock Ilustrasi krisis air bersih

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:18 WIB

Masalah Air Kian Gawat! Indonesia Siap Gelar World Water Forum ke-10 di Bali

Jakarta-Pemerintah Indonesia menegaskan World Water Forum ke-10 siap dilaksanakan pada 18 hingga 25 Mei 2024 di Bali dengan persiapan matang yang melibatkan seluruh stakeholder dalam tata Kelola…

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.