Menparekraf Ingin SDM di Desa Wisata Bali ditingkatkan

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 12 Juni 2021 - 09:00 WIB

Desa Wisata Bakas, Kecamatan Banjar Angkan, Klungkung, Bali (Dok: Kemenparekraf)
Desa Wisata Bakas, Kecamatan Banjar Angkan, Klungkung, Bali (Dok: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Di Bali terdapat banyak sekali desa wisata yang indah dan menakjubkan. Maka dari itu , Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata, Sandiaga Salahuddin Uno melakukan audiensi dengan sejumlah jajaran Politeknik Negeri Bali untuk membahas kerja sama  untuk mengembangkan desa wisata, salah satunya Desa Wisata Bakas, Kecamatan Banjar Angkan, Klungkung, Bali. 

"Saya mengharapkan kerja sama ini dimulai dengan pilot project dulu di Desa Wisata Bakas. Karena desa ini termasuk ke dalam desa rintisan, jadi kita ingin liat perkembangannya menuju desa wisata mandiri," kata Menparekraf, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id, Jumat (11/6/2021).

Desa Wisata Bakas merupakan desa wisata rintisan yang akan dikembangkan menjadi desa wisata mandiri. Dengan mengembangkan desa wisata ramah lingkungan dan tentunya mengedepankan kearifan lokal. 

Hal ini sesuai dengan RPJMN 2020-2021 Kemenparekraf/Baparekraf yang menargetkan pada 2024 akan ada 244 desa wisata yang telah tersertifikasi sebagai desa wisata mandiri. 

Konsep yang diusung Desa Wisata Bakas yaitu agriculture tourism village. Hal ini dilatarbelakangi dari banyaknya jumlah masyarakat di Desa Bakas yang mayoritas mata pencahariannya sebagai petani. Atraksi wisata yang dihadirkan seperti agriculture tracking, rafting & elephant tour, home stay, kuliner, kelas memasak, dan aktivitas membuat dan bermain layang-layang. Namun, dari sisi SDM di Desa Wisata Bakas masih perlu ditingkatkan lagi. 

Politeknik Negeri Bali (PNB) pun sebelumnya telah mendukung pengembangan desa tersebut, seperti menghadirkan mahasiswa teknik mesin yang berkaitan dengan teknologi cepat guna untuk mengelola sampah dan teknik sipil untuk membantu membut tracking. Nantinya, Kemenparekraf juga akan hadir untuk membantu meningkatkan SDM di Desa Wisata Bakas. Karena, hadirnya SDM yang unggul dan berkualitas akan menjadi game changer atau agen perubahan untuk perkembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Dalam kesempatan itu, Deputi Bidang Sumber Daya Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf Wisnu Bawa Tarunajaya, mengusulan program pelatihan dan pendampingan yang nanti kita berikan akan berbasis kompetensi dan okupansi. Seperti diketahui, Kemendikbudristek ada yang namanya  pola multi entry-multi exit (MEME) dan Permen RPL (Recognition of Prior Learning) atau Rekognisi Pembelajaran Lampau. 

"Dua hal ini ingin kita gabungkan. Jadi, MEME ini kita berikan kepada masyarakat di desa untuk diberikan pelatihan. Jika waktu dan anggarannya terbatas, maka bisa diambil pelatihan 3 unit saja, lalu kita berikan sertifikasinya," tuturnya.

Dan nanti berikutnya bisa diambil unit pelatihan yang belum dilakukan. Sehingga, pola MEME ini adalah kumpulan sertifikasi yang menjadi satu okupansi. Dan diakhirnya bisa mendapatkan pendidikan yang formal. Jadi mereka memiliki kesempatan D1, D2, D3, hingga S1," jelas Wisnu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi kredit perbankan

Sabtu, 31 Juli 2021 - 20:56 WIB

Peningkatan Kredit Penopang Raihan Laba Bank DKI

Bank DKI mencatatkan pertumbuhan laba sebesar 40,8% (year-on-year) dari Rp279 miliar per Juni 2020 menjadi Rp394 miliar per Juni 2021.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Sabtu, 31 Juli 2021 - 19:37 WIB

Alhamdulillah! Gubernur Anies Sampaikan 4 Berita Baik Buat Seluruh Warga Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui jejaring sosial medianya membagikan empat buah berita baik terkait perkembangan pandemi Covid-19 di wilayah Ibu Kota, Jakarta. "Pertama, berita baik.…

Ilustrasi Era Digitalisasi

Sabtu, 31 Juli 2021 - 18:15 WIB

Ibarat Kerumunan, Media Digital Bisa Menggerakkan Massa untuk Kegiatan Positif

Di masa pandemi ini penting sekali memiliki digital skills karena sebagian besar kegiatan dilakukan secara online. Arief Yudi Rahman, Maestro Seni Media Baru Kemendikbud 2018, mengibaratkan…

Artis Niki Zefanya

Sabtu, 31 Juli 2021 - 18:00 WIB

Zilenial Indonesia yang Berprestasi dan Menginspirasi

Generasi Zilenial, Generasi Z atau Gen Z? Mendengar kata-kata itu mungkin tidak asing lagi. Gen Zilenial atau yang lebih dikenal Generasi Z ialah generasi mengacu pada generasi yang lahir pada…

Gubernur Jakarta Anies Baswedan

Sabtu, 31 Juli 2021 - 17:30 WIB

Luar Biasa Dahsyat! Gubernur Anies Berhasil Lampaui Target 7,5 Juta Vaksinasi, Lebih Cepat Sebulan dari Tenggat Presiden Jokowi

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berhasil meraih, bahkan melebihi, target vaksinasi yang ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Keberhasilan pencapaian target vaksinasi tersebut…