BCA Terus Dukung Pelestarian Satwa Langka Indonesia

Oleh : Herry Barus | Jumat, 11 Juni 2021 - 09:00 WIB

BCA Terus Dukung Pelestarian Satwa
BCA Terus Dukung Pelestarian Satwa

INDUSTRY.co.id - Jakarta– PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus mendukung konservasi orangutan dalam rangka menjaga kelestarian satwa langka Indonesia tersebut. Terbaru, BCA mendukung pelepasliaran lima orangutan dari tujuh orangutan yang dikembalikan ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya Kalimantan Tengah.

Bekerja sama dengan Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF), BKSDA Kalteng dan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, kegiatan pelepasliaran lima orangutan dilaksanakan pada 3-5 Juni 2021 dari Pusat Rehabilitasi Orangutan Nyaru Menteng ke hutan TNBBBR di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. Pelepasliaran kali ini akan menggunakan moda transportasi darat dan air, dengan seluruh waktu perjalanan (termasuk isitirahat) diperkirakan sekitar 15-20 jam.

BCA melalui program CSR Bakti BCA tak hanya mendukung kegiatan pelepasliaran lima orangutan, namun juga rehabilitasi untuk lima orangutan lainnya, meliputi kegiatan pengadaan makanan dan logistik, perawatan kesehatan, test laboratorium, kegiatan sekolah di hutan. Keberadaan mereka di pusat rehabilitasi hanyalah sementara.  BCA berharap melalui bantuan ini, ke depan orangutan siap dan mampu kembali hidup bebas terlindungi di hutan.

Di samping itu, BCA juga melaksanakan kegiatan Orangutan Goes To School (OGTS) dan Financial Literacy (FL), yaitu roadshow ke sekolah-sekolah di Palangkaraya untuk memperkenalkan dan mensosialisasikan kehidupan satwa langka khas Indonesia khususnya orangutan kepada para siswa sejak dini, mengajak generasi muda dengan kegiatan peduli lingkungan dan spesies, serta mengedukasi generasi muda bijak mengelola keuangan sejak dini. Kegiatan OGTS telah dijadwalkan untuk hadir di SMAN 2 Palangkaraya, SMA Man Model Palangkaraya, dan SMA Bina Cita Utama, hingga awal Juni 2021.

EVP CSR BCA Inge Setiawati mengatakan, perhatian terhadap konservasi orangutan harus terus menerus dilakukan sehingga satwa langka yang dilindungi tersebut dapat terus dilestarikan secara berkesinambungan. Perhatian BCA terhadap pelestarian orangutan tersebut dilakukan secara holistik melalui program rehabilitasi dan pelepasliaran orangutan, program penanaman pohon, dan program edukasi pelestarian lingkungan untuk masyarakat.

Dukungan BCA melalui program CSR Bakti BCA terhadap pelestarian dan pelepasliaran orangutan telah dilaksanakan sejak 2012. Setidaknya BCA telah mendukung program pelepasliaran orangutan sebanyak 43 individu sejak 2021. Selain dukungan terhadap orangutan, Bakti BCA juga terlibat dalam konservasi lingkungan, di antaranya melalui kegiatan pelestarian 14.700 pohon mangrove, 2.100 pohon di area gambut, dan pelepasliaran 8.909 ekor tukik, dan mengembangkan 12 Desa Binaan BCA sebagai upaya melestarikan dan mengoptimalkan potensi desa untuk mewujudkan ketahanan ekonomi perdesaan yang berkelanjutan. 

Inge menambahkan, Indonesia dikaruniai dengan berbagai kekayaan alam, flora dan fauna, serta satwa-satwa unik yang langka untuk skala dunia. Perhatian dan dukungan semua pihak dalam melestarikan lingkungan dalam rangka menyediakan ekosistem yang kondusif untuk keseimbangan habitat merupakan hal yang sangat penting dalam mempertahankan dan melestarikan kekayaan alam tersebut. Hal ini harus menjadi kesadaran dan perhatian bersama sehingga terciptanya keseimbangan lingkungan.

Pelepasliaran Orang Utan – Upaya PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) untuk pelestarian satwa langka di Indonesia terus ditunjukan melalui aksi nyata. Pada Kamis (03/06) BCA mendukung pelepasliaran lima orangutan dari tujuh orangutan yang dikembalikan ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya Kalimantan Tengah. Kegiatan ini juga merupakan bentuk kerjasama antara BCA dengan Borneo Orang Utan Survival Foundation (BOSF), BKSDA Kalteng dan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…