Waduh Gawat! RI Harus 'Gigit Jari', Ekspor dan Produksi Otomotif Kalah Jauh dari Thailand dan Vietnam

Oleh : Ridwan | Kamis, 10 Juni 2021 - 19:17 WIB

Ilustrasi Industri Otomotif (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Ilustrasi Industri Otomotif (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Produksi dan ekspor otomotif Indonesia masih kalah jauh dibandingkan negara-negara tetangga seperti Thailand dan Vietnam.

Hal tersebut diakui Ketua 1 Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto dalam Webinar "Sektor Otomotif Nasional : Mengubah Tantangan Menjadi Peluang", Kamis (10/6/2021).

"Produksi kendaraan bermotor di beberapa negara di ASEAN, Indonesia itu kurang lebih produksinya diantara 1,3 juta - 1,4 juta unit per tahunnya. Thailand itu ada di posisi nomor 1 dengan produksi kurang lebih 2 juta unit pertahun, Kedua Malaysia, ketiga Vietnam, Filipina dan seterusnya," katanya.

Jongkie membandingkan produksi otomotif Indonesia dengan Thailand. Menurutnya Thailand mampu mengekspor otomotif hingga 1 juta unit, lantaran penjualan mereka di dalam negeri bisa tembus diangka 800 ribu hingga 1 juta unit per tahunnya. Kemudian sisanya di ekspor.

Ekspor 1 juta unit bisa terwujud, sebab Thailand mampu memproduksi kurang lebih 2 juta unit per tahunnya sementara Indonesia hanya diangka 1,3 juta unit per tahun. Jika dilihat dari penjulan rata-rata Indonesia di dalam negeri mencapai 1,1 juta unit hingga 1,2 juta unit.

"Thailand penjualannya juga di angka 800 ribu sampai 1 juta unit. Nah sekarang pertanyaannya Tahiland bisa memproduksi sampai 2 juta unit, dimana 1 juta untuk pasar domestiknya, berarti mereka bisa mengekspor 1 juta mobil per tahun. Kita harus iri hati betul," terangnya.

Namun jika dibandingkan dengan angka ekspor otomotif Indonesia baru mencapai 200 ribu hingga 300 ribu unit saja per tahunnya, jika dihitung dari kalkulasi rata-rata produksi yang mencapai 1,3 juta unit per tahun.

"Nah itulah yang kita katakan bahwa Thailand ini luar biasa ekspornya bisa sampai 1 juta pertahun bahkan bisa lebih dari itu," imbuhnya.

Menurutnya, Indonesia belum bisa seperti Thailand lantaran rasio kepemilikan mobil di Indonesia masih relatif rendah yaitu 99 unit/1000 penduduk, dibandingkan dengan beberapa negara ASEAN lainnya.

Dimana rasio kepemilikan Malaysia 490 unit/1000 penduduk, Thailand 275 unit/1000 penduduk, dan meskipun Vietnam hanya 34 unit/1000 penduduk, namun sektor otomotif mereka tetap tumbuh karena didukung oleh pendapatan perkapita masyarakatnya.

"Kalau dari income perkapita itu meningkat maka sudah barang tentu angka ini akan meningkat terus, kita bayangkan kalau Indonesia ini angkanya 99 unit. Kalau naik satu saja dari 99 ke 100 unit per 1000 orang, berarti penjualan di dalam negeri itu akan meningkat 260.000 unit, nah itu harapan kita tentunya sebagai produsen yang berkecimpung Indonesia," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…