Sri Mulyani Bawa Kabar Gembira: Data Sekarang Jadi Tambang Emas! Masyarakat Bisa Kaya Raya...

Oleh : Candra Mata | Rabu, 09 Juni 2021 - 12:20 WIB

Menkeu Sri Mulyani (foto Detik.com)
Menkeu Sri Mulyani (foto Detik.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa sesorang akan menjadi kaya raya bila memahami cara menggunakan data.

Pasalnya, saat ini data ibarat seperti tambang emas. 

“Kita perlu aware terhadap data. Data itu merupakan suatu set informasi yang sekarang menjadi tambang emas bagi siapa saja. Semua orang sebenarnya bahkan bisa menjadi kaya atau lebih knowledgeable kalau dia tahu mengenai data dan bagaimana menggunakan data ini," kata Menkeu saat memberi arahan kepada pemenang Lomba Bedah Data APBD 2021 secara virtual seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Rabu (9/6/2021).

Selain itu, Ia juga mengapresiasi para pemenang dari lomba bedah data yang digelar oleh Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tersebut.

“Terima kasih kepada para peserta yang sudah berpartisipasi yang sudah sangat luar biasa ikut membedah data dari APBD,” jelas Menkeu.

Perlu diketahui, pelaksanaan lomba bedah data ini telah dimulai sejak 22 Maret dan telah menjaring 122 peserta dari umum non-DJPK, dengan enam finalis yang melakukan presentasi untuk menentukan pemenangnya.

Menurut Dirjen Perimbangan Keuangan Astera Primanto Bhakti, bedah data APBD merupakan kompetisi proyek data APBD berupa analisis, visualisasi, aplikasi, maupun proyek lain terkait data APBD. 

“Ini adalah suatu ide yang ditrigger dari keprihatinan kita terhadap pola belanja yang ada di daerah. Sebagaimana kita ketahui sampai dengan bulan April itu rata-rata belanja daerah baru kisarannya sekitar 12,7% dari APBD. Ini yang merupakan trigger kenapa kita ingin ada bedah data APBD dan itu dilakukan oleh stakeholder kita yaitu rekan-rekan yang concern terhadap data-data yang ada,” ungkapnya.

Sementara tujuan lomba ini sendiri untuk menjaring insight terkait data dari Sistem Informasi Keuangan Daerah yang diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai bahan peningkatan kualitas perumusan kebijakan. 

"Perbaikan kualitas ini perlu dilakukan karena sepertiga dari anggaran pemerintah pusat atau hampir Rp800 triliun di transfer ke daerah," tandasnya.

Sebagai informasi, berikut daftar Juara Lomba Bedah Data APBD 2021

Tim Gaspol (Juara 1) - Agung Septia Wibowo, Achmad Ginanjar, Sindhu Wardhana 

Tim UI (Juara 2) - Adho Adinegoro, Fabian Muhammad Giffari Putra Riza, Priscilla Meidy Winengko, Rosalia Marcha Violeta

Tim YukBisaYuk (Juara 3) - Alamsyah Koto Hanza, Muhammad Rois Al Haqq, Dhaifa Farah Zhafira

Tim APBD Looks (Harapan 1) - Aldo Leofiro Irfiansyah, Muarrikh Yazka Ginang Prasidana, Nashir Wahyudi, Novia Permatasari 

Tim 1 (Harapan 2) - Raphael Gunawan, Maju Sumanto, Indra Pratama, Agita Sesara 

Tim Deadliner (Harapan 3) - Amiq Ahimsa, Mohammad Ammar Alwandi, Rahman Wijaya Willyarto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi UMKM Go Digital (Ist)

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:45 WIB

Untuk Bisa Bertahan di Masa Pandemi, UMKM Harus Punya Digital Skills

Di masa pandemi ini, banyak sekali perubahan yang tanpa disadari semua orang harus mengikutinya. Namun apapun yang terjadi saat ini masyarakat harus membuka diri dan berpikiran terbuka karena…

11 Bank Dukung Pembiayaan Jalan Tol Serang Panimbang

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:17 WIB

Ekonomi Kawasan Banten Bakal Tumbuh Pesat, 11 Bank Dukung Pembiayaan Jalan Tol Serang Panimbang

Jakarta– PT Wijaya Karya Serang Panimbang (WSP) sebagai entitas anak PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) menandatangani perjanjian kredit sindikasi dan line fasilitas pembiayaan sindikasi…

Ilustrasi Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) (Ist)

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:15 WIB

Perlunya Sosilasi Tuk Cegah Meningkatnya Kasus Kekerasan Gender Berbasis Online

Meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia sebanyak 8,9 persen atau menjadi 171 juta jiwa pengguna membuat kewaspadaan terhadap ancaman kejahatan cyber semakin tinggi. Diketahui selama…

Sambal tabur BonCabe Level 50 Max End yang merupakan produk teranyar PT Kobe Boga Utama. (Foto: Humas PT Kobe Boga Utama)

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:11 WIB

BonCabe level 50 Max End, Maximize to The End

Jakarta - Para penggemar mie instan dan berbagai makanan gorengan tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya sambal, apalagi sambal botol alias sambal yang dikemas dalam botol dan penggunaannya…

Candi Borobudur

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:00 WIB

Ketum IMI Pastikan The FIM MXGP World Championship 2021 Digelar di Kawasan Candi Borobudur

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) memastikan Indonesia akan dua kali menjadi tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan internasional bergengsi…