Bakal Bikin Kebal Covid-19, Sinovac Biotech Siapkan Vaksin Dosis Ketiga

Oleh : Candra Mata | Rabu, 09 Juni 2021 - 10:30 WIB

Pengampu vaksin
Pengampu vaksin

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Yin Weidong, kepala produksi vaksin dari Sinovac Biotech Ltd mengungkapkan bahwa suntikan ketiga vaksin Sinovac mampu meningkatkan respons antibodi tubuh hingga sepuluh kali lipat.

Hal tersebut diketahui dari sebuah uji klinis fase kedua dari vaksin Sinovac dimana dosis ketiga vaksin akan meningkatkan respons antibodi sepuluh kali lipat dalam seminggu dan 20 kali lipat dalam 15 hari.

"Setelah menyelesaikan dua suntikan, tubuh kita sudah menghasilkan memori kekebalan," ujarnya seperti dilansir dari China Central Television (CCTV) pada Rabu (9/6/2021).

Adapun terkait kapan suntikan dosis ketiga akan dirilis, Ia menyatakan bahwa para peneliti masih membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan penelitiannya.

"Kapan suntikan ketiga akan dibutuhkan, tolong beri peneliti lebih banyak waktu untuk mempelajarinya," jelasnya.

Untuk diketahui, perseroan sendiri telah melakukan suntikan dosis ketiga vaksin kepada sejumlah sukarelawan.

Hasilnya, setelah tiga dan enam bulan, respons antibodi di dalam tubuh para relawan meningkat hingga dua puluh kali lipat dalam 15 hari.

Selain itu, baru-baru ini Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO telah menyetujui vaksin Covid-19 buatan Sinovac Biotech asal China ini untuk penggunaan darurat.

WHO juga merilis pernyataan bahwa vaksin Sinovac ampuh dalam menahan keparahan penyakit yang diakibatkan infeksi Covid-19.

Kemanjuran vaksin ini berdasarkan uji klinis Fase III di berbagai negara dengan kisaran 51 hingga 84 persen.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Bermain Media Sosial (Ist)

Jumat, 18 Juni 2021 - 19:15 WIB

Selama Pandemi, Pengguna Internet di Indonesia Tumbuh 15,5 Persen

Budaya digital diartikan sebuah konsep yang menggambarkan bagaimana teknologi dan internet membentuk cara kita berinteraksi sebagai manusia. Yakni mulai dari berperilaku, berpikir, dan berkomunikasi…

Ilustrasi UMKM Go Digital (Ist)

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:45 WIB

Untuk Bisa Bertahan di Masa Pandemi, UMKM Harus Punya Digital Skills

Di masa pandemi ini, banyak sekali perubahan yang tanpa disadari semua orang harus mengikutinya. Namun apapun yang terjadi saat ini masyarakat harus membuka diri dan berpikiran terbuka karena…

11 Bank Dukung Pembiayaan Jalan Tol Serang Panimbang

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:17 WIB

Ekonomi Kawasan Banten Bakal Tumbuh Pesat, 11 Bank Dukung Pembiayaan Jalan Tol Serang Panimbang

Jakarta– PT Wijaya Karya Serang Panimbang (WSP) sebagai entitas anak PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) menandatangani perjanjian kredit sindikasi dan line fasilitas pembiayaan sindikasi…

Ilustrasi Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) (Ist)

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:15 WIB

Perlunya Sosilasi Tuk Cegah Meningkatnya Kasus Kekerasan Gender Berbasis Online

Meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia sebanyak 8,9 persen atau menjadi 171 juta jiwa pengguna membuat kewaspadaan terhadap ancaman kejahatan cyber semakin tinggi. Diketahui selama…

Sambal tabur BonCabe Level 50 Max End yang merupakan produk teranyar PT Kobe Boga Utama. (Foto: Humas PT Kobe Boga Utama)

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:11 WIB

BonCabe level 50 Max End, Maximize to The End

Jakarta - Para penggemar mie instan dan berbagai makanan gorengan tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya sambal, apalagi sambal botol alias sambal yang dikemas dalam botol dan penggunaannya…