Tanda Tangani MoU Strategis dengan China, Luhut: Saya Percaya Hubungan Ini Saling Menguntungkan...

Oleh : Candra Mata | Senin, 07 Juni 2021 - 17:59 WIB

Menko Marves Luhut dan Menlu China
Menko Marves Luhut dan Menlu China

INDUSTRY.co.id - Tiongkok, Dalam lawatannya ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menghadiri acara Tete-a-Tete (pertemuan antara dua orang) yang diikuti dengan penandatanganan MoU Establishing a High Level Dialogue and Cooperation Mechanism bersama State Councilor (Menteri Luar Negeri) Tiongkok, Wang Yi.

MoU ini sendiri menurut Luhut dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kedua negara.

“Saya percaya kita dapat terus memperkuat hubungan yang saling menguntungkan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kedua negara, baik di masa kini maupun di masa mendatang,” ujar Menko Luhut dalam keterangan tertulisnya yang dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Senin (7/6/2021).

Perlu diketahui, dalam perjanjian kali ini, Menko Marves dan anggota dewan negara RRT diberi wewenang oleh pemerintah masing-masing untuk bertindak sebagai ketua HDCM.

Dalam kerjasama ini, kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerjasama strategis mulai dari politik dan keamanan, kesehatan, sinergi dan strategi pengembangan proyek kerja sama prioritas, perdagangan dan ekonomi, investasi, serta maritim dan aeronautika.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri RRT Wang Yi yang sekaligus berperan sebagai tuan rumah acara menyampaikan bahwa Indonesia dan RRC memiliki semangat yang sama dalam membangun kerjasama kedua negara kedepan.

“Dalam menjalankannya, kami mengedepankan semangat senasib dan kami berharap dapat terbangun kerja sama yang mutual dan lebih baik lagi antara Indonesia dengan RRT,” ujar 

Selain MoU, dalam lawatannya, Menko Marves Luhut dan jajaran juga melakukan beberapa sesi pertemuan tematik dengan pemerintah RRT maupun sektor swasta terkait beberapa program kerja sama dan proyek yang akan dilaksanakan kedua pihak.

Hadir pula dalam pertemuan tersebut Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Wakil Menteri Keuangan Suahasil, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, dan Wakil Duta Besar Republik Indonesia untuk Tiongkok Dino R. Kusnadi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 04 Agustus 2021 - 21:30 WIB

Menperin Agus Bakal Percepat Industri Nasional Bertransformasi Terapkan Teknologi Industri 4.0

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memacu implementasi industri 4.0 di berbagai sektor industri nasional melalui berbagai upaya. Satu di antaranya pelaksanaan program Indonesia Industry…

 Manajemen SIG dan TCC meresmikan kerja sama kedua perusahaan dengan membunyikan alat musik angklung asal Indonesia dan wadaiko asal Jepang.

Rabu, 04 Agustus 2021 - 21:28 WIB

Jalin Kemitraan dengan TCC, Posisi SIG Sebagai Penyedia Kebutuhan Bahan Bangunan Terbesar di Level Regional Kian Kokoh

Jakarta-PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) secara resmi menjalin kemitraan strategis dengan Taiheiyo Cement Corporation (TCC), Jepang, yang telah masuk dalam jajaran pemegang saham PT Solusi…

Menperin Agus Gumiwang

Rabu, 04 Agustus 2021 - 21:05 WIB

Menperin Agus Rangkul FKPPI Kuatkan IKM di Daerah

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita berharap Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI) turut ambil bagian dalam penguatan industri kecil di daerah.

Pada penutupan perdagangan Senin (8/6) saham BBTN melonjak 11,37% ke level Rp1.175.

Rabu, 04 Agustus 2021 - 20:56 WIB

Didorong Kinerja Apik, Analis Rekomendasikan Beli Saham BBTN dengan Target Price Rp2.600

Jakarta-Kinerja PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) pada semester I/2021 dinilai sejumlah analis cukup baik. Kinerja yang apik ini membuat sejumlah analis merekomendasikan beli untuk…

Muhammadiyah

Rabu, 04 Agustus 2021 - 19:23 WIB

1 Triliun dari Muhammadiyah, Nggak Pake Pasir!

Di tengah simpang siur soal sumbangan Rp2 triliun dari keluarga pengusaha Sumsel untuk penanganan Covid19, kabar bahwa Muhammadiyah telah menyalurkan lebih dari Rp1 triliun mengemuka.  Publik…