Tanda Tangani MoU Strategis dengan China, Luhut: Saya Percaya Hubungan Ini Saling Menguntungkan...

Oleh : Candra Mata | Senin, 07 Juni 2021 - 17:59 WIB

Menko Marves Luhut dan Menlu China
Menko Marves Luhut dan Menlu China

INDUSTRY.co.id - Tiongkok, Dalam lawatannya ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menghadiri acara Tete-a-Tete (pertemuan antara dua orang) yang diikuti dengan penandatanganan MoU Establishing a High Level Dialogue and Cooperation Mechanism bersama State Councilor (Menteri Luar Negeri) Tiongkok, Wang Yi.

MoU ini sendiri menurut Luhut dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kedua negara.

“Saya percaya kita dapat terus memperkuat hubungan yang saling menguntungkan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kedua negara, baik di masa kini maupun di masa mendatang,” ujar Menko Luhut dalam keterangan tertulisnya yang dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Senin (7/6/2021).

Perlu diketahui, dalam perjanjian kali ini, Menko Marves dan anggota dewan negara RRT diberi wewenang oleh pemerintah masing-masing untuk bertindak sebagai ketua HDCM.

Dalam kerjasama ini, kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerjasama strategis mulai dari politik dan keamanan, kesehatan, sinergi dan strategi pengembangan proyek kerja sama prioritas, perdagangan dan ekonomi, investasi, serta maritim dan aeronautika.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri RRT Wang Yi yang sekaligus berperan sebagai tuan rumah acara menyampaikan bahwa Indonesia dan RRC memiliki semangat yang sama dalam membangun kerjasama kedua negara kedepan.

“Dalam menjalankannya, kami mengedepankan semangat senasib dan kami berharap dapat terbangun kerja sama yang mutual dan lebih baik lagi antara Indonesia dengan RRT,” ujar 

Selain MoU, dalam lawatannya, Menko Marves Luhut dan jajaran juga melakukan beberapa sesi pertemuan tematik dengan pemerintah RRT maupun sektor swasta terkait beberapa program kerja sama dan proyek yang akan dilaksanakan kedua pihak.

Hadir pula dalam pertemuan tersebut Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Wakil Menteri Keuangan Suahasil, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, dan Wakil Duta Besar Republik Indonesia untuk Tiongkok Dino R. Kusnadi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

PempekRoyal

Kamis, 25 April 2024 - 15:05 WIB

Siap Support Franchisee di Seluruh Indonesia, PempekRoyal Hadirkan Solusi Bisnis Makanan Tidak Tergantung Chef

Bisnis makanan seringkali mengalami kendala chef mengundurkan diri, dan ketika terjadi pergantian chef, rasa berbeda, maka jumlah konsumen menurun. Di luar itu, juga ada resiko membuang produk…