Teken HoA, Pertamina International Shipping Turut Ambil Bagian dalam Proyek Gasifikasi RU IV Cilacap

Oleh : Ridwan | Senin, 07 Juni 2021 - 16:30 WIB

Pertamina International Shipping teken HoA untuk proyek gasifikasi RU IV Cilacap
Pertamina International Shipping teken HoA untuk proyek gasifikasi RU IV Cilacap

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dengan telah ditandatanganinya Heads of Agreement (HoA) bersama PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), PT Pertamina International Shipping (PIS) turut ambil bagian dalam proyek gasifikasi RU IV Cilacap. 

Keterlibatan PIS pada proyek ini adalah untuk utilisasi kapal Liquefied Natural Gas (LNG) dengan skema long term time charter atau skema angkutan LNG lainnya. 

Untuk menunjang pasokan LNG ke kilang Cilacap, akan dibangun infrastruktur LNG terintegrasi. Proyek ini akan menyuplai gas dengan peningkatan volume secara bertahap (ramp up) 111 MMSCFD selama 20 tahun ke Kilang Cilacap, dilaksanakan dengan skema Small Scale Land Based Regasification Terminal dan diperkirakan membutuhkan biaya investasi (Capex) sebesar USD 151,7 juta.

"Kerja sama ini juga dapat menjadi milestone untuk memperkuat sinergi yang saling menguntungkan antar Subholding dan Holding Pertamina Grup," kata Riva Siahaan selaku Commercial Director PT Pertamina International Shipping di Jakarta, Senin (7/6/2021).

Dijelaskan Riva, kesepakatan penting tersebut sudah melalui hasil pembahasan panjang yang melibatkan working level maupun management level di masing-masing subholding gas dan shipping. 
Terkait dengan hal-hal yang masih dalam proses finalisasi, telah dilakukan pembahasan lanjutan guna mengakomodir kebutuhan masing-masing Subholding yang bersinergi. 

"PIS berterima kasih atas dukungan dan kepercayaan PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) dalam mengikutsertakan PT PIS sebagai shipping arm. Semoga kerja sama ini dapat memberikan kontribusi baik bagi perkembangan Pertamina secara holistik," ujarnya.

PT Pertamina International Shipping (PIS) merupakan Subholding Company dari PT Pertamina (Persero) yabg telah diresmikan sebagai subholding shipping dan siap menjalankan amanat untuk melebarkan sayap bisnisnya menjadi integrated marine logistics co.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…