Bekraf Meluncurkan Program Orbit Untuk Mencari Desainer Bertalenta

Oleh : Amazon Dalimunthe | Kamis, 18 Mei 2017 - 08:50 WIB

Kepala Bekraf, Triawan Munaf (Baju Putih) Memberikan Keterangan mengenai Program ORBIT
Kepala Bekraf, Triawan Munaf (Baju Putih) Memberikan Keterangan mengenai Program ORBIT

INDUSTRY.co.id - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) meluncurkan program ORBIT  untuk mencari desainer-desainer muda berbakat berusia di bawah 35 tahun dalam berbagai jenis desain. Lewat program ini, Bekraf berharap akan menemukan desainer yang memiliki bakat istimewa untuk dijadikan andalan. Selain itu diharapkan pula para desainer ini akan bisa memberi pelatihan di berbagai tempat di Indonesia.  Demikian dikatakan oleh Kepala Bekraf, Triawan Munaf, saat peluncuran program Orbit di kawasan SCBD, Sudirman, Jakarta.

Ruang lingkup program Orbit sendiri meliputi seluruh bidang desain seperti arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain fashion, desain tata cahaya, desain produk, desain tekstil, kriya, dan landskap.

Triawan menegaskan nantinya 20 orang designer yang dipilih oleh kurator akan mendapatkan hadiah. Bukan berbentuk uang melainkan bimbingan dan panduan untuk mengembangkan bakat."Nantinya akan ada 20 desainer berbakat yang terpilih untuk diberikan pendampingan dan pelatihan mentor yang berkompeten, sesuai dengan bidang profesi masing-masing," katanya.

Diharapkan dengan program tersebut para desainer muda Indonesia dapat berkontribusi kepada bangsa dan negaranya, melalui profesi yang dijalani. "Saya harapkan program Orbit bukan satu-satunya (wadah untuk mencari desainer muda berbakat), tapi bisa dilakukan pihak lain secara independen," harap Triawan.

Peserta yang mendaftar program Orbit akan dipilih 20 orang yang sudah diseleksi oleh para kurator dan akan diberikan pendampingan dan pelatihan mentor yang berkompeten sesuai dengan bidang profesi masing-masing. Tahapan I Juli 2017 minggu ke-4 nominator desain terpilih akan diundang ke Jakarta untuk melakukan presentasi dan wawancara di hadapan Tim Kurator, peserta wajib membawa maket atau purwarupa. Tahap II Agustus 2017 minggu ke-1

Penetapan 20 desainer terpilih oleh Tim Kurator akan langsung menjalani program inkubasi dengan tujuan pelatihan dan peyempurnaan maket/dummy/mock up/purwarupa yang meraka buat. Tahap III Agustus minggu ke-2 desainer terpilih berhak atas program pengembangan kapasitas di dalam dan di luar negeri serta akan dilibatkan pada program-program Bekraf terkait lainnya.

Penentuan seluruh aturan dan proses jalannya Orbit dirumuskan oleh Tim Steering Commite, yang terdiri dari Mochamad Reffrajaya (Desainer Interior), Mizan Allan De Neve (Desainer Produk), Nuniek Mawardi (Desainer Fashion), Arief Budiman (Desainer Komunikasi Visual), dan Eko Prawoto (Arsitek).

Dan untuk mendapatkan karya yang terbaik dari seluruh peserta yang mendaftar dibentuk tim kurator dari program Orbit bertugas untuk memilih dan menyeleksi karya-karya peserta yang terbaik. Tim Kurator terdiri dari Francis Surjaseputra (Desainer Interior), Hermawan Tanzil (Desainer Komunikasi Visual), Ali Charisma (Desainer Fashion), Andrie Triaksono (Desainer Produk), Muhammad Sagitha (Arsitek), Kahfiati Kahdar (Desainer Tekstil).

 

Sebelumnya Program Orbit Seleksi Desain Indonesia sudah di sosialisasikan di tiga kota kreatif di Indonesia, yaitu Bali, Bandung dan terakhir Yogyakarta. Para Steering Commite dan kurator memberikan masukan dan informasi tentang program Orbit. (AMZ)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Halal BI halal grup astra

Senin, 06 Mei 2024 - 08:31 WIB

Puncak Astra Gema Islami ke-14, Astra Gelar Halalbihalal

Sebagai rangkaian puncak Astra Gema Islami (AGI), Astra melalui Yayasan Amaliah Astra (YAA) menggelar Halalbihalal Grup Astra yang dilaksanakan di William Soeryadjaya Hall Gedung Astra Management…

Totos Rasiti Sepuluh Tahun Meninggalkan Teater, akan Gelar Pementasan Di TIM

Senin, 06 Mei 2024 - 07:05 WIB

Totos Rasiti Sepuluh Tahun Meninggalkan Teater, akan Gelar Pementasan Di TIM

Totos Rasiti, Aktor panggung yang dikenal sebagai brand ambasador produk rokok dan kopi ini ternyata sudah 10 tahun meninggalkan panggung teater. Semua itu lantaran kesibukannya sebagai aktor…

Gelaran Vista Pora 5.5 2024

Senin, 06 Mei 2024 - 07:05 WIB

Luar Biasa! Gelar Vista Pora 5.5, Vista Land Group Catat Penjualan Capi 2.000 Unit Rumah

Vista Land Group kembali mencacatkan penjualan spektakuler mencapai 2.000 unit rumah dalam tempo hanya dua bulan dalam event Vista Pora 5.5 2024 Vista Land Group.

Kementerian PUPR Terus Lanjutkan Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak

Senin, 06 Mei 2024 - 06:35 WIB

Kementerian PUPR Terus Lanjutkan Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus berupaya mempercepat pembangunan sejumlah jalan tol di berbagai daerah dalam rangka meningkatkan…

Menteri Erick Thohir: 26 Tahun Kementerian BUMN, Mari Rayakan Kebersamaan Dengan Terus Berprestasi.

Senin, 06 Mei 2024 - 05:59 WIB

Menteri Erick Thohir: 26 Tahun Kementerian BUMN, Mari Rayakan Kebersamaan Dengan Terus Berprestasi.

Menyadari pentingnya support keluarga demi meningkatkan produktivitas karyawan di tempat kerja, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar acara Family Gathering di Plaza Keong Mas,…