Gunakan Minyak Kedelai dalam Industri Ban, Ini Penjelasan Goodyear

Oleh : Kormen Barus | Minggu, 06 Juni 2021 - 14:17 WIB

Akron, Ohio, AS-Di awal tahun ini Goodyear mengumumkan komitmen jangka panjang berkelanjutan melalui penggunaan minyak kedelai dalam produksi ban.
Akron, Ohio, AS-Di awal tahun ini Goodyear mengumumkan komitmen jangka panjang berkelanjutan melalui penggunaan minyak kedelai dalam produksi ban.

INDUSTRY.co.id, Akron, Ohio, AS-Di awal tahun ini Goodyear mengumumkan komitmen jangka panjang berkelanjutan melalui penggunaan minyak kedelai dalam produksi ban. Hal ini sejalan dengan ambisi Goodyear untuk menghentikan penggunaan minyak turunan minyak bumi dalam produksi ban pada tahun 2040.

Sebelumnya penggunaan minyak kedelai dalam produksi ban Goodyear sudah dikomersialisasikan semenjak tahun 2017 melalui produk Assurance Weather. Kemudian, produk dengan inkorporasi minyak kedelai terus berkembang tiap tahunnya hingga tahun 2020 melalui seri tipe Comfort Drive. 

“Rencana jangka panjang untuk mengganti penggunaan minyak turunan dari minyak bumi sepenuhnya berjalan sesuai rencana karena keberhasilan yang ditunjukkan oleh penggunaan minyak kedelai. Memiliki banyak kualitas yang baik, minyak kedelai sangat cocok dicampurkan sebagai bahan pembuat ban, meningkatkan proses produksi dan performa,” kata Bob Woloszynek, Kepala Teknisi Pengembangan Bahan Baku Global di Goodyear Tire & Rubber Company.

Hasil riset Goodyear dan United Soybean Board (USB) sendiri menunjukkan bahwa penggunaan minyak kedelai dalam kompon ban bisa meningkatkan kelenturan sekaligus daya cengekeram ban pada permukaan jalan. Selain itu, minyak kedelai merupakan bahan baku yang melimpah dan terbarukan, terutama di Amerika Serikat. Minyak kedelai sendiri merupakan salah satu dari sejumlah bahan baku berkelanjutan yang Goodyear gunakan seperti, abu silika sekam padi dan karet dandelion.

“Penggunaan bahan baku ramah lingkungan dan berkelanjutan menciptakan nilai tambah terhadap produk Goodyear.  Meskipun pandemi global mengurangi penggunaan ban konsumen sepanjang tahun 2020, Goodyear masih menjual 126 juta ban secara global yang menunjukkan bahwa ada kebutuhan untuk menggunakan produk yang lebih berkelanjutan,” tambah Woloszynek.

Goodyear konsisten berinovasi sekaligus memberikan produk-produk yang tepat guna dan memiliki nilai tambah bagi masyarakat luas. Dengan riset dan pengembangan terus-menerus, Goodyear terus meningkatkan kapasitasnya dalam menciptakan ban yang lebih berkelanjutan untuk masa depan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Jumat, 26 April 2024 - 14:30 WIB

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Pengembangan energi ramah lingkungan temasuk energy panas bumi tak bisa dipisahkan dari upaya menjaga keberlanjutan di semua aspek bisnis. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi…

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

Jumat, 26 April 2024 - 14:21 WIB

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) semakin meneguhkan posisinya sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia terdepan dalam praktik bisnis berkelanjutan. PGE Area Kamojang berhasil…

IFG Life

Jumat, 26 April 2024 - 13:29 WIB

Peduli dengan Gaya Hidup Sehat, IFG Life Hadirkan IFG Life Protection Platinum dan IFG LifeCHANCE

Fokus pada kebutuhan nasabah menjadi kunci bagi PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) dalam menghadirkan produk dan layanan yang komprehensif dan saling melengkapi. Gaya hidup tidak lepas dari aspek…

Panasonic memperagakan cara penggunaan Lampu Solar Panel yang menggunakan tenaga cahaya Matahari di Cianjur

Jumat, 26 April 2024 - 12:39 WIB

Panasonic Serahkan Lampu Surya Panel ke Terdampak Gempa Cianjur

PT Panasonic Gobel Indonesia memberikan bantuan Lampu Surya Panel atau lampu berbahan bakar sinar matahari ke masyarakat terdampak gempa di Desa Sarampad, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Direktur Industri Kimia Hulu (Direktur IKHU), Wiwik Pudjiastuti

Jumat, 26 April 2024 - 11:32 WIB

Masih Banyak Sentimen Negatif, Kemenperin Tegaskan Impor PE dan PP Tak Perlu Pertimbangan Teknis

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…