Bikin Bangga! Menperin Agus: Hari Ini, Indonesia Kirim Bantuan Tabung Oksigen Tahap Kedua ke India

Oleh : Ridwan | Jumat, 28 Mei 2021 - 17:55 WIB

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat menyerahkan bantuan tahap kedua berupa tabung oksigen ke pemerintah India (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat menyerahkan bantuan tahap kedua berupa tabung oksigen ke pemerintah India (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah Indonesia kembali mengirim bantuan kemanusiaan berupa tabung oksigen tahap kedua ke India sebanyak 2.000 unit.

Sebelumnya, pada tanggal 10 Mei 2021, Pemerintah Indonesia telah mengirimkan bantuan tabung oksigen sebanyak 1.400 tabung yang merupakan pengiriman tahap pertama dari total 3.400 tabung yang akan diberikan.

"Hari ini akan dilakukan pengiriman tabung oksigen tahap kedua sebanyak 2.000 tabung dengan kapasitas 6 meter kubik (setara 40 liter) yang merupakan partisipasi dari sektor industri," kata Menperin Agus saat memberikan bantuan tahap kedua tabung oksigen kepada Dubes India untuk Indonesia di Jakarta, Jumat (28/5/2021).

Adapun sejumlah industri yang ikut berpartisipasi antara lain, PT Sinar Mas, PT Indofood, PT Agung Sedayu Group, Yayasan Bakti Barito, PT First Resources, PT Inti Sumber Baja Sakti, PT Asia Pacific Rayon, Asosiasi Pertekstilan Indonesia, PT Indorama Group, serta Asosiasi Gas Industri Indonesia (AGII).

Dijelaskan Menperin Agus, dengan dikirimkannya bantuan tabung oksigen tahap kedua untuk korban Pandemi Covid-19 di India hari ini, menunjukkan bahwa Indonesia berkomitmen untuk membantu India dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

"Sekali lagi, pemerintah Indonesia mengucapkan terima kasih atas inisiatif dan partisipasi pihak-pihak yang telah membantu terselenggaranya bantuan ini, terutama kepada sektor industri. 
Semoga bantuan yang kita sampaikan dapat membantu meringankan dampak pandemi Covid-19 yang sedang melanda," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Menperin Agus juga turut mendoakan agar keadaan di India cepat kembali terkendali. 

"Semoga kita dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari musibah yang menimpa India agar kita tidak lengah dan tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Pandemi belum berakhir," harap Agus.

Sementara itu, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, ini merupakan bentuk komitmen pemerintah Indonesia untuk India yang telag menjadi negara mitra strategis dalam segala hal.

"India merupakan negara mitra strategis bagi Indonesia sekaligus kawan dikala susa dan senang," kata Airlangga.

Airlangga pun berharap, agar kejadian di India dapat menjadi pelajaran berharga bagi Indonesia, agar selalu waspada dan terus mengedepankan langkah antisipatif . 

Dia mengingatkan, kunci pencegahan Covid-19 adalah dengan terus mendorong kepatuhan masyarakat untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

"Saya mengajak kita semua untuk terus patuh dan disiplin, terutama dalam memakai masker, dan menghindari kerumunan. Jangan sampai kendor," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 04 Agustus 2021 - 21:30 WIB

Menperin Agus Bakal Percepat Industri Nasional Bertransformasi Terapkan Teknologi Industri 4.0

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memacu implementasi industri 4.0 di berbagai sektor industri nasional melalui berbagai upaya. Satu di antaranya pelaksanaan program Indonesia Industry…

 Manajemen SIG dan TCC meresmikan kerja sama kedua perusahaan dengan membunyikan alat musik angklung asal Indonesia dan wadaiko asal Jepang.

Rabu, 04 Agustus 2021 - 21:28 WIB

Jalin Kemitraan dengan TCC, Posisi SIG Sebagai Penyedia Kebutuhan Bahan Bangunan Terbesar di Level Regional Kian Kokoh

Jakarta-PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) secara resmi menjalin kemitraan strategis dengan Taiheiyo Cement Corporation (TCC), Jepang, yang telah masuk dalam jajaran pemegang saham PT Solusi…

Menperin Agus Gumiwang

Rabu, 04 Agustus 2021 - 21:05 WIB

Menperin Agus Rangkul FKPPI Kuatkan IKM di Daerah

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita berharap Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI) turut ambil bagian dalam penguatan industri kecil di daerah.

Pada penutupan perdagangan Senin (8/6) saham BBTN melonjak 11,37% ke level Rp1.175.

Rabu, 04 Agustus 2021 - 20:56 WIB

Didorong Kinerja Apik, Analis Rekomendasikan Beli Saham BBTN dengan Target Price Rp2.600

Jakarta-Kinerja PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) pada semester I/2021 dinilai sejumlah analis cukup baik. Kinerja yang apik ini membuat sejumlah analis merekomendasikan beli untuk…

Muhammadiyah

Rabu, 04 Agustus 2021 - 19:23 WIB

1 Triliun dari Muhammadiyah, Nggak Pake Pasir!

Di tengah simpang siur soal sumbangan Rp2 triliun dari keluarga pengusaha Sumsel untuk penanganan Covid19, kabar bahwa Muhammadiyah telah menyalurkan lebih dari Rp1 triliun mengemuka.  Publik…