Dahsyat! Pengusaha Ethiopia Ramai-ramai Antre Jalin Kerja Sama dengan Indonesia

Oleh : Ridwan | Rabu, 26 Mei 2021 - 16:02 WIB

Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur
Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Terus mengupayakan peningkatan ekonomi, banyak pengusaha Ethiopia tertarik menjalin kerja sama ekonomi dengan Indonesia.

Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur mengatakan impor produk, seperti mobil, obat-obatan, alat kesehatan, konstruksi dan pariwisata menjadi incaran para pengusaha Ethiopia.

Melansir dari KBRI Addis Ababa, Al Busyra Basnur mengatakan para pengusaha mengharapakan kembalinya ekspo tahunan terbesar Indonesia (TEI) pada 2021.

"Lebih (dari) 90 persen pengusaha Ethiopia yang menghadiri TEI 2019, ekspo tahunan terbesar Indonesia, berasal dari Wollo Selatan," kata Al Busyra Basnur.

"Mereka mengharapkan agar TEI 2021 kembali dilaksanakan setelah tahun 2020 absen. Mereka mengatakan sangat berminat untuk mengikuti TEI tersebut," lanjutnya.

Kabar ini diperoleh usai Al Busyra Basnur menghadiri forum bisnis dan peluang kerja sama ekonomi di Kota Dessei, sekitar 500 km di timur Addis Ababa.

Al Busyra Basnur dijadikan tamu kehormatan setelah menjadi satu-satunya duta besar negara sahabat di Addis Ababa yang diundang sebagai pembicara dalam forum ekonomi tersebut.

Dengan tetap mematuhi protokol pencegahan Covid-19 yang diberlakukan pemerintah Ethiopia, sekitar 300 orang menghadiri forum yang diadakan oleh pemerintah daerah Wollo Selatan.

Forum tersebut diselenggarakan di kampus Universitas Wollo pada 24-25 Mei 2021, Dubes Al Busyra mendapat kesempatan untuk memaparkan tentang kondisi perekonomian Indonesia.

Kondisi perekonomian yang dimaksud juga mencakup kerja sama bilateral ekonomi antara Indonesia-Ethiopia serta peluang yang terbuka di masa depan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…