Lulusan Teknologi Komputer Jadi Incaran di Era Society 5.0

Oleh : Herry Barus | Kamis, 20 Mei 2021 - 17:50 WIB

Prodi Teknologi Komputer Universitas BSI
Prodi Teknologi Komputer Universitas BSI

INDUSTRY.co.id - Jakarta -- Era society 5.0 sudah di depan mata. Era tersebut banyak memerlukan SDM dari lulusan Program Studi (prodi) Teknologi Komputer. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, di Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sudah hadir prodi Teknologi Komputer.

“Society 5.0 adalah era dimana semua teknologi adalah bagian dari manusia itu sendiri. Internet bukan hanya sebagai informasi melainkan untuk menjalani kehidupan,” tutur Kepala Program Studi (Kaprodi) Teknologi Komputer Universitas BSI, Rahmat Adi Purnama, Kamis (20/5/2021).

Rahmat memaparkan, pada era Revolusi Industri 4.0, menggunakan AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan yang merupakan komponen utama dalam membuat perubahan di masa yang akan datang. Sedangkan Society 5.0 menggunakan teknologi modern hanya saja mengandalkan manusia sebagai komponen utamanya.

“Teknologi komputer merupakan disiplin ilmu yang diwujudkan untuk ilmu pengetahuan dan teknolgi dalam hal desain, konstruksi, implementasi, serta pemeliharaan. Baik perangkat lunak maupun komponen perangkat keras sistem komputasi modern maupun seluruh peralatan yang dikendalikan oleh komputer,” ujarnya.

Menurutnya, pertumbuhan teknologi yang saat ini sangat pesat. Hal tersebut juga mendorong perkembangan revolusi industri  4.0 menuju era society 5.0 yang sangat membutuhkan seseorang yang dapat merancang, membangun, mengimplementasikan dan memelihara perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware), serta jaringan komputer (nerworking). Semua itu dapat dipelajari di Prodi Teknologi Komputer di Universitas BSI.

Ia menjelaskan, prodi Teknologi Komputer Universitas BSI merupakan hasil kombinasi antara ilmu komunikasi yang saling terintegrasi antara ilmu teknik elektro dengan ilmu komputer.

“Di Prodi Teknologi Komputer Universitas BSI, mahasiswa akan mempelajari bagaimana caranya merancang dan membangun ‘otak’ dari komputer atau alat elektronik lainnya yang dapat digunakan untuk mengontrol jalannya sistem,” katanya.

Ia menyebutkan, prospek karier lulusan Teknologi Komputer sangat luas dan menarik. “Lulusan Prodi Teknologi Komputer bisa bekerja sebagai software engineering, konsultan IT, arsitek jaringan komputer, hardware engineer, game developer, dan arsitek komputer,” tandasnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…

Fransiscus Go sedang memegang hasil kebun di Nara Kupu Village Sawangan, Depok-Jawa Barat. (Foto: Istimewa)*

Selasa, 23 April 2024 - 16:35 WIB

Pengusaha Sukses NTT Ini Sebut Program Food Estate Efektif untuk Pemanfaatan Lahan yang Sudah Lama Tertidur

Jakarta - Tokoh masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiscus Go menilai bahwa program Food Estate, atau pengembangan pangan secara terintegrasi yang tengah digencarkan oleh pemerintah…