Lulusan Teknologi Komputer Jadi Incaran di Era Society 5.0

Oleh : Herry Barus | Kamis, 20 Mei 2021 - 17:50 WIB

Prodi Teknologi Komputer Universitas BSI
Prodi Teknologi Komputer Universitas BSI

INDUSTRY.co.id - Jakarta -- Era society 5.0 sudah di depan mata. Era tersebut banyak memerlukan SDM dari lulusan Program Studi (prodi) Teknologi Komputer. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, di Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sudah hadir prodi Teknologi Komputer.

“Society 5.0 adalah era dimana semua teknologi adalah bagian dari manusia itu sendiri. Internet bukan hanya sebagai informasi melainkan untuk menjalani kehidupan,” tutur Kepala Program Studi (Kaprodi) Teknologi Komputer Universitas BSI, Rahmat Adi Purnama, Kamis (20/5/2021).

Rahmat memaparkan, pada era Revolusi Industri 4.0, menggunakan AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan yang merupakan komponen utama dalam membuat perubahan di masa yang akan datang. Sedangkan Society 5.0 menggunakan teknologi modern hanya saja mengandalkan manusia sebagai komponen utamanya.

“Teknologi komputer merupakan disiplin ilmu yang diwujudkan untuk ilmu pengetahuan dan teknolgi dalam hal desain, konstruksi, implementasi, serta pemeliharaan. Baik perangkat lunak maupun komponen perangkat keras sistem komputasi modern maupun seluruh peralatan yang dikendalikan oleh komputer,” ujarnya.

Menurutnya, pertumbuhan teknologi yang saat ini sangat pesat. Hal tersebut juga mendorong perkembangan revolusi industri  4.0 menuju era society 5.0 yang sangat membutuhkan seseorang yang dapat merancang, membangun, mengimplementasikan dan memelihara perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware), serta jaringan komputer (nerworking). Semua itu dapat dipelajari di Prodi Teknologi Komputer di Universitas BSI.

Ia menjelaskan, prodi Teknologi Komputer Universitas BSI merupakan hasil kombinasi antara ilmu komunikasi yang saling terintegrasi antara ilmu teknik elektro dengan ilmu komputer.

“Di Prodi Teknologi Komputer Universitas BSI, mahasiswa akan mempelajari bagaimana caranya merancang dan membangun ‘otak’ dari komputer atau alat elektronik lainnya yang dapat digunakan untuk mengontrol jalannya sistem,” katanya.

Ia menyebutkan, prospek karier lulusan Teknologi Komputer sangat luas dan menarik. “Lulusan Prodi Teknologi Komputer bisa bekerja sebagai software engineering, konsultan IT, arsitek jaringan komputer, hardware engineer, game developer, dan arsitek komputer,” tandasnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) (thepresidentpost)

Selasa, 09 Agustus 2022 - 09:08 WIB

Bappenas: Indonesia Dorong Dunia Serius Wujudkan Ekosistem Karbon Biru

Jakarta – Indonesia mendorong dunia khususnya negara anggota G20 mengelola ekosistem blue carbon (karbon biru) secara berkelanjutan.

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi

Selasa, 09 Agustus 2022 - 09:00 WIB

Ekonomi RI Tumbuh di Atas Rata-rata Global, Pengamat 'Acungi Jempol' Kinerja Pemerintah di Bidang Ekonomi

Pengamat Ekonomi Mohammad Faisal mengapresiasi kinerja pemerintah di bidang ekonomi setelah pertumbuhan ekonomi Indonesia dipastikan berada di atas rata-rata global. Dikatakan Faisal, pertumbuhan…

Selasa, 09 Agustus 2022 - 08:19 WIB

Peduli Lingkungan, Allianz Indonesia Ajak Masyarakat Kelola Sampah Organik Menjadi Eco Enzyme

Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli kembali melanjutkan kegiatan pembuatan eco enzyme bersama para guru SDN 07 Pulogadung sebagai mitra kolaborasi, para Kader Posyandu dan Bank…

Allianz Indonesia panen ECO enzyme

Selasa, 09 Agustus 2022 - 08:14 WIB

Peduli Lingkungan, Allianz Indonesia Ajak Masyarakat Kelola Sampah Organik Menjadi Eco Enzyme

Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli kembali melanjutkan kegiatan pembuatan eco enzyme bersama para guru SDN 07 Pulogadung sebagai mitra kolaborasi, para Kader Posyandu dan Bank…

Menko Airlangga Hartarto saat menjajal mobil listrik Wuling Air ev

Selasa, 09 Agustus 2022 - 08:10 WIB

Jajal Mobil Listrik Wuling Air ev, Menko Airlangga: Tidak Ada Suaranya..

Wuling Motors (Wuling) resmi meluncurkan produksi perdana kendaraan listrik, Wuling Air ev di pabrik yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. Dengan kapasitas produksi mencapai 10.000 unit per…