Kabar Baik, Luar Biasa, BPPT Beberkan Teknologi Perkeretaapian yang Bisa Daya Saing Industri dan Kemandirian Bangsa

Oleh : Kormen Barus | Senin, 17 Mei 2021 - 12:25 WIB

Desain Mask of Car (tampak depan) Kereta Api Cepat Buatan BPPT.
Desain Mask of Car (tampak depan) Kereta Api Cepat Buatan BPPT.

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Salah satu acuan penting dalam pengembangan produk inovasi teknologi di bidang perkeretaapian adalah dokumen Rencana Induk Perkeretaapian Nasional 2030 (RIPNAS 2030) yang diterbitkan Kementerian Perhubungan tahun 2018, kata Kepala BPPT Hammam Riza di acara webinar Peningkatan Kompetensi dan Tantangan Penguji Sarana dan Penguji Prasarana Perkeretaapian dalam Menyongsong Teknologi Baru Perkeretaapian di Masa Pandemi Covid-19, pekan lalu.

Ditambahkannya, pada proses penciptaan produk inovasi untuk meningkatkan produktifitas dan daya saing industri perkeretaapian, baik industri manufaktur, industri jasa operasi, bahkan untuk regulator dari sisi pemerintah diperlukan pengembangan sumberdaya manusia dan sumberdaya fasiltas yang berkesinambungan.

“Sesuai dengan perkembangan teknologi dan perkembangan kebutuhan pelayanan transportasi kepada masyarakat”, jelasnya.

Didalam RIPNAS 2030 terdapat kebutuhan dan rencana jalur kereta api cepat di pulau Jawa pada 2030 sebagai alternatif terhadap pelayanan transportasi udara pada koridor Jakarta-Semarang-Surabaya. Karenanya, moda transportasi kereta api cepat ini dilakukan sebab memiliki karakteristik layanan yang mendekati pesawat.

Hingga saat ini, moda transportasi berbasis rel telah teruji sebagai moda yang efisien, massal untuk meningkatan konektivitas antar wilayah, mobilitas penduduk, dan meningkatkan aktivitas ekonomi,

Dengan demikian menurut Hammam, penguasaan teknologi kereta api cepat dan kereta api perkotaan dapat meningkatkan peran kemandirian bangsa dan daya saing industri manufaktur serta layanan jasa perkeretaapian dalam mendorong Peningkatan Ekonomian Nasional (PEN).

Dalam upaya berburu inovasi, BPPT lanjut Hammam telah melakukan pengembangan teknologi perkeretaapian yang meliputi prototipe sarana kereta api cepat berlandaskan kerjasama rancang bangun bersama stake holder seperti industri komponen dan industri integrator sarana perkeretaapian.

Selain itu, juga dilakukan intermediasi kaji terap rancang bangun kereta cepat kerjasama dengan Kementerian Perhubungan. BPPT juga melakukan pengembangan akuisisi teknologi, laboratorium dan standar perkeretaapian sebagai landasan kemandirian industri komponen sarana dan prasarana perkeretaapian. Serta pengembangan teknologi kecerdasan artifisial untuk monitor kesehatan infrastruktur prasarana perkeretaapian bersama Kementerian Perhubungan.

Melalui webinar ini diharapkan dapat dikembangkan teknologi perkeretaapian lebih lanjut yang dipandang perlu untuk memiliki test track yang dapat mendukung pengembangan teknologi sarana dan prasarana perkeretaapian.

Inovasi ini tidak akan bergulir jika tidak bersama-sama dalam mendukung bidang perkeratapian sebagai salah satu moda transportasi yang diunggulkan menuju Indonesia yang maju, mandiri adil dan Makmur, pungkasnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Candi Borobudur

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:00 WIB

Ketum IMI Pastikan The FIM MXGP World Championship 2021 Digelar di Kawasan Candi Borobudur

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) memastikan Indonesia akan dua kali menjadi tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan internasional bergengsi…

Maskapai Garuda Indonesia

Jumat, 18 Juni 2021 - 17:45 WIB

Gara-gara Tunda Bayar Kupon Bond 500 Juta Dolar, BEI Setop Perdagangan Saham Garuda (GIAA)

Bursa Efek Indonesia (BEI) secara resmi mengumumkan penghentian sementara perdagangan saham PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.  Menurut BEI, penghentian tersebut dilakukan lantaran pemilik…

Direktur PT Buana Finance Tbk (BBLD), Herman Lesmana, ketika memberikan informasi mengenai kinerja perseroan dalam acara paparan publik secara virtual usai RUPST di Jakarta, Jumat (18/06/2021). (Foto: Bang Abe)

Jumat, 18 Juni 2021 - 17:42 WIB

32 Persen Laba Bersih 2020 Buana Finance Dibagikan sebagai Dividen Tunai

Jakarta - Pemegang saham PT Buana Finance Tbk (BBLD) pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Jumat (17/06/2021), menyetujui pembagian dividen tunai bernilai total Rp6,58 miliar…

Ilustrasi Melindungi Data Pribadi di Internet (ist)

Jumat, 18 Juni 2021 - 17:30 WIB

Berhati-hati Saat Menggunakan Sosmed, Perlunya Lindungi Data Diri dari Tindak Kejahatan di Internet

Menurut survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2020 Jumlah pengguna internet di Indonesia melonjak tinggi, lebih tinggi dari angka pertumbuhan penduduk. Selain itu…

Apartemen SQ Rés

Jumat, 18 Juni 2021 - 17:10 WIB

Hadirkan Program Click & Stay, Intiland Tebar Banyak Promo Menggiurkan

PT Intiland Development Tbk. meluncurkan program promo spesial terbaru bertajuk ‘Click & Stay’ yang akan digelar selama dua bulan, mulai 21 Juni hingga akhir Agustus 2021.