Kementerian ESDM: Pasokan BBM dan LPG Periode Libur Lebaran Aman

Oleh : Nata Kesuma | Jumat, 14 Mei 2021 - 10:30 WIB

Pertamina (Foto: Ist)
Pertamina (Foto: Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) selama libur Hari Raya Idulfitri 1442 H aman dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Dari data real time yang ditunjukkan, pasokan BBM dan LPG aman,” ujar Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada, Jumat (14/05/2021).

Ketahanan stok nasional untuk Premium mencapai 27,9 hari, Pertamax 24,7 hari, dan Solar 21,3 hari. Sedangkan Pertalite adalah merupakan pencampuran antara Pertamax dan Premium. Ketahanan LPG mencapai 15 hari dan minyak tanah atau kerosene 80,6 hari. Sedangkan stok Avtur cukup untuk 76,3 hari.

Secara umum, kondisi stok dan penyaluran BBM selama Ramadan dan libur Lebaran naik 9,2 hari dari rata-rata normal. Penyaluran LPG naik 2,5 hari dari kondisi normal dan penyaluran Avtur naik 1,4 hari dari rata-rata stok normal.

Untuk menjamin kecukupan energi bagi masyarakat, Pemerintah melalui PT Pertamina melakukan upaya-upaya, antara lain meningkatkan stok dan volume penyaluran BBM dan LPG sebagai antisipasi peningkatan kebutuhan masyarakat di mana gasoline naik 8 persen, diesel naik 2 persen, LPG naik 5,4 persen, dan avtur turun 3,8 persen dibanding rerata normal.

Upaya lainnya adalah memastikan produk BBM dan LPG dalam kondisi aman baik di Terminal BBM maupun Terminal LPG, serta di SPBU dan SPBBE. Total SPBU yang disiagakan berjumlah 7.469 terdiri dari 3.608 unit di Pulau Jawa dan 3.861 di luar Jawa. Sedangkan jumlah SPBBE yang disiagakan sebanyak 667, di mana agen PSO mencapai 4.152 dan non PSO 820. Untuk layanan avtur, tersedia 68 DPPU. Pertamina juga menjaga ketersediaan pelumas di SPBI dan sarfas distribusi seperti 114 TBBM dan 23 TLPG.

Dalam melayani kebutuhan masyarakat, Pertamina menyediakan layanan tambahan BBM dan LPG seperti 148 unit mobil tangki stand by, 23 unit pertashop, 193 motorist, 2 titik mobile dispenser, dan 48.207 titik agen LPG dan outlet LPG siaga. Juga, cashless payment di semua titik layanan SPBU. 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Keuangan Sri Mulyani (dok Kemenkeu)

Kamis, 17 Juni 2021 - 14:18 WIB

Alhamdulillah! Sri Mulyani Berikan Kabar Gembira Buat Jutaan Perempuan Indonesia

Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Webinar Platform for Collaboration on Tax (PCT)Tax & SDGs Event Series: Tax and Gender Workshop⁣ di Jakarta, mengungkapkan sebuah kabar baik dimana menurutnya,…

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Memperkuat Kerjasama Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan Iran (Dok: Kemenparekraf)

Kamis, 17 Juni 2021 - 14:15 WIB

Indonesia dan Iran Jalin Kerjasama Sektor Parekraf

Sebagai upaya mendorong pariwisata dan budaya, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memperkuat kerjasama sektor pariwisata…

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Logistik dan Rantai Pasok, Rico Rustombi

Kamis, 17 Juni 2021 - 14:01 WIB

Kadin dan Pelaku Logistik Dukung Penuh Pemberantasan Pungli dan Kelancaran Arus Barang

Para pelaku usaha sektor logistik menyambut positif langkah penindakan dan penertiban yang dilakukan aparat kepolisian terhadap para pelaku pungutan liar (pungli) terlebih khusus di kawasan…

MG Kop Run 2021

Kamis, 17 Juni 2021 - 14:00 WIB

MG Mengajak Masyarakat Indonesia Wujudkan Hidup Sehat Melalui Ajang Kop Run 2021

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan, terlebih di masa pandemi, MG berkolaborasi dengan LFCdan AXA, mewujudkan wadah untuk para penggemar olahraga lari

Mulan Jameela

Kamis, 17 Juni 2021 - 13:40 WIB

Mulan Pamer Potret Pakai Baju Berlambang Gerindra di DPR, Netizen Puji Habis-habisan: Cakep Amat Teeeehh...

Anggota Komisi VII DPR RI, Mulan Jameela menuai banjir pujian dari masyarakat usai mengunggah sebuah potret dirinya mengrnakan pakaian berlambang burung garuda. Untuk diketahui, pakaian tersebut…