Amankan Distribusi Energi Pasca Lebaran, Pertamina International Shipping Kerahkan 226 Kapal

Oleh : Ridwan | Jumat, 14 Mei 2021 - 08:15 WIB

Ilustrasi kapal Pertamina
Ilustrasi kapal Pertamina

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Pertamina International Shipping (PIS), sebagai subholding shipping PT Pertamina (Persero), tetap beroperasi secara maksimal untuk mengamankan distribusi energi ke seluruh negeri menjelang perayaan Idul Fitri 1442 H.

Hal ini sejalan dengan komitmen PIS sebagai Subholding Shipping mendukung dan bersinergi dengan Satgas Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) Pertamina 2021 untuk siaga 24 jam melayani kebutuhan masyarakat dan menjamin pasokan energi nasional dalam keadaan aman.
 
Manager Stakeholder Relation PT Pertamina International Shipping, Roberth MV Dumatubun mengatakan bahwa seluruh kapal-kapal PIS beroperasi penuh untuk menyalurkan energi ke kilang-kilang di seluruh Indonesia menjelang lebaran tahun ini.
 
"Meskipun dalam kondisi pandemi dan adanya larangan mudik, kami tetap mengoptimalkan layanan agar kebutuhan energi masyarakat dapat terpenuhi dengan baik," katanya di Jakarta, kemarin.

Berdasarkan prediksi Pertamina dari aspek Commercial & Trading (C&T),  demand BBM pada bulan Mei 2021 meningkat sekitar 3,6% dan bulan Juni meningkat sekitar 2% dibanding bulan Maret 2021. "Hal ini dikarenakan aktivitas masyarakat yang mulai meningkat," ujar Roberth.
 
Pemantauan kondisi stok energi nasional dilakukan oleh Pertamina Command Center dengan menampilkan Join Operation Dashboard (JOD) yang memantau kondisi stok di depot/TBBM/kilang di seluruh Indonesia. Kaitannya dengan hal tersebut, PIS bertugas untuk memastikan jumlah, posisi dan kondisi kapal untuk mendukung depot/TBBM/kilang dalam mengantisipasi adanya krisis stok di masing-masing wilayah secara harian.

Data yang ditampilkan oleh JOD Shipping terhubung dengan seluruh kapal yang dioperasikan oleh PIS dan juga dengan petugas-petugas darat yang berperan dalam distribusi kargo melalui kapal sehingga data yang ditampilkan lengkap dan akurat.
 
Armada kapal yang dikerahkan oleh PIS dalam rangka pengamanan Satgas RAFI ini berjumlah 226 kapal dengan komposisi 154 kapal pengangkut BBM, 36 kapal pengangkut LPG, 11 kapal pengangkut avtur dan 25 kapal COA.

Dalam rangka mendukung Satgas RAFI, PIS mempersiapkan kecukupan jumlah tonase dengan memastikan pemenuhan kapal sesuai dengan Master Program.

Selain itu, untuk memastikan kapal dalam keadaan prima selama masa satgas, PIS telah melaksanakan program Vessel Readiness Monitoring dari sejak satu bulan sebelum pelaksanaan satgas.
 
Selain memastikan ketersediaan pasokan energi nasional, saat ini PIS juga terus agresif melakukan penetrasi ke pasar internasional. Salah satu armada PIS yaitu VLGC Pertamina Gas 2 saat ini sedang dalam perjalanan menuju pelabuhan Houston Amerika untuk mengangkut LPG dengan kapasitas 46.000 metrik ton.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.