Amankan Distribusi Energi Pasca Lebaran, Pertamina International Shipping Kerahkan 226 Kapal

Oleh : Ridwan | Jumat, 14 Mei 2021 - 08:15 WIB

Ilustrasi kapal Pertamina
Ilustrasi kapal Pertamina

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Pertamina International Shipping (PIS), sebagai subholding shipping PT Pertamina (Persero), tetap beroperasi secara maksimal untuk mengamankan distribusi energi ke seluruh negeri menjelang perayaan Idul Fitri 1442 H.

Hal ini sejalan dengan komitmen PIS sebagai Subholding Shipping mendukung dan bersinergi dengan Satgas Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) Pertamina 2021 untuk siaga 24 jam melayani kebutuhan masyarakat dan menjamin pasokan energi nasional dalam keadaan aman.
 
Manager Stakeholder Relation PT Pertamina International Shipping, Roberth MV Dumatubun mengatakan bahwa seluruh kapal-kapal PIS beroperasi penuh untuk menyalurkan energi ke kilang-kilang di seluruh Indonesia menjelang lebaran tahun ini.
 
"Meskipun dalam kondisi pandemi dan adanya larangan mudik, kami tetap mengoptimalkan layanan agar kebutuhan energi masyarakat dapat terpenuhi dengan baik," katanya di Jakarta, kemarin.

Berdasarkan prediksi Pertamina dari aspek Commercial & Trading (C&T),  demand BBM pada bulan Mei 2021 meningkat sekitar 3,6% dan bulan Juni meningkat sekitar 2% dibanding bulan Maret 2021. "Hal ini dikarenakan aktivitas masyarakat yang mulai meningkat," ujar Roberth.
 
Pemantauan kondisi stok energi nasional dilakukan oleh Pertamina Command Center dengan menampilkan Join Operation Dashboard (JOD) yang memantau kondisi stok di depot/TBBM/kilang di seluruh Indonesia. Kaitannya dengan hal tersebut, PIS bertugas untuk memastikan jumlah, posisi dan kondisi kapal untuk mendukung depot/TBBM/kilang dalam mengantisipasi adanya krisis stok di masing-masing wilayah secara harian.

Data yang ditampilkan oleh JOD Shipping terhubung dengan seluruh kapal yang dioperasikan oleh PIS dan juga dengan petugas-petugas darat yang berperan dalam distribusi kargo melalui kapal sehingga data yang ditampilkan lengkap dan akurat.
 
Armada kapal yang dikerahkan oleh PIS dalam rangka pengamanan Satgas RAFI ini berjumlah 226 kapal dengan komposisi 154 kapal pengangkut BBM, 36 kapal pengangkut LPG, 11 kapal pengangkut avtur dan 25 kapal COA.

Dalam rangka mendukung Satgas RAFI, PIS mempersiapkan kecukupan jumlah tonase dengan memastikan pemenuhan kapal sesuai dengan Master Program.

Selain itu, untuk memastikan kapal dalam keadaan prima selama masa satgas, PIS telah melaksanakan program Vessel Readiness Monitoring dari sejak satu bulan sebelum pelaksanaan satgas.
 
Selain memastikan ketersediaan pasokan energi nasional, saat ini PIS juga terus agresif melakukan penetrasi ke pasar internasional. Salah satu armada PIS yaitu VLGC Pertamina Gas 2 saat ini sedang dalam perjalanan menuju pelabuhan Houston Amerika untuk mengangkut LPG dengan kapasitas 46.000 metrik ton.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengendalian Organisme Penganggu Tumbuhan (OPT) yang ramah lingkungan wajib dikedepankan yaitu melalui konsep pengendalian yang disebut Pengendalian Hama Terpadu (PHT).

Senin, 21 Juni 2021 - 13:27 WIB

Kementan Dorong Petani Lampung Kedepankan Pengendalian Hama Ramah Lingkungan Melalui Kegiatan P4

Dalam rangka untuk memasyarakatkan gerakan PHT, Kementerian Pertanian melalui Direktorat Perlindungan Tanaman Pangan meluncurkan Kegiatan Pemberdayaan Petani dalam Pemasyarakatan PHT (P4) sebanyak…

BTN tebar hadiah bagi masyarakat yang berburu KPR

Senin, 21 Juni 2021 - 13:12 WIB

Wow, BTN Tebar Hadiah Emas! Strategi Jitu Pemasaran KPR

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Bank Pelopor produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) ini kembali memberikan trobosan untuk masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan pembiayaan untuk kepemilikan…

Ini Lima Job Portal Unggulan Yang Memudahkan Kamu Mencari Kerja

Senin, 21 Juni 2021 - 13:12 WIB

Ini Lima Job Portal Unggulan Yang Memudahkan Kamu Mencari Kerja

Jakarta-Era digital saat ini membawa banyak kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan. Bahkan digitalisasi sudah menyentuh pasar tenaga kerja.

Stop Kekerasan Terhadap Perempuan (Foto Ist)

Senin, 21 Juni 2021 - 13:00 WIB

Perlunya Sosialisasi Kekerasan Berbasis Gender Online Agar Mencegah Meningkatknya Kasus Baru

Meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia sebanyak 8,9 persen atau menjadi 171 juta jiwa pengguna membuat kewaspadaan terhadap ancaman kejahatan cyber semakin tinggi. Diketahui selama…

Ilustrasi penelitian vaksin (rino/industry.co.id)

Senin, 21 Juni 2021 - 12:49 WIB

Fakultas Kedokteran Ini Lakukan Riset Penyebab Lonjakan Kasus COVID-19, Temuannya Mengerikan!

Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (UGM) hari ini mengeluarkan hasil penelitian Whole Genome Sequencing (WGS) rujukan dari Balai Penelitian dan…