Erick Thohir: Proyek Gasifikasi Pertamina PTBA, Pangkas Impor LPG, Tingkatkan Perekonomian Nasional, InSya Allah

Oleh : Nata Kesuma | Selasa, 11 Mei 2021 - 16:10 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir memimpin delegasi Indonesia dalam membangun kerja sama global BUMN di Amerika Serikat (AS).
Menteri BUMN Erick Thohir memimpin delegasi Indonesia dalam membangun kerja sama global BUMN di Amerika Serikat (AS).

INDUSTRY.co.id - California, Pertamina menggelar seremoni penandatanganan amandemen kerja sama dalam proyek gasifikasi batu bara (DME Coal), Selasa (11/5). Acara ini dihadiri petinggi masing-masing perusahaan dan juga Kementerian BUMN. Acara ini dilakukan secara virtual antara Indonesia dan Amerika Serikat.

Perjanjian ini sekaligus menjadi kesepakatan Processing Service Agreement atas proses gasifikasi batu bara yang menjadi salah satu program pemerintah untuk meningkatkan ketahanan energi nasional.

Menteri BUMN Erick Thohir menyambut baik kerja sama ini. Erick menilai gasifikasi batu bara merupakan salah satu wujud meningkatkan perekonomian nasional secara umum. Selain memaksimalkan potensi yang dimiliki, proyek ini juga akan menghilangkan ketergantungan terhadap proyek impor.

"Gasifikasi batu bara memiliki nilai tambah langsung pada perekonomian nasional secara makro. Akan menghemat neraca perdagangan, mengurangi ketergantungan terhadap impor LPG, dan menghemat cadangan devisa," kata Erick yang mengikuti acara ini dari Amerika Serikat dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Selasa (11/5/2021).

Dia pun optimistis kerja sama ini akan memberikan manfaat besar di tengah usaha membangkitkan perekonomian nasional. Peran Pertamina sebagai perusahaan yang tak hanya bergerak untuk memastikan ketahanan energi namun juga menjadi motor untuk menggerakkan industri energi agar tetap mampu beroperasi optimal.

"Tentu kami berharap kerja sama ini menjadi salah satu bagian dari momentum kebangkitan perekenomian nasional. Dengan memastikan tersedianya kebutuhan energi yang mandiri, kita berharap sektor makro dan mikro dapat terus tumbuh dan menjadi pilar perekonomian nasional," ujar Erick.

Kementerian ESDM juga menyambut baik proyek gasifikasi batu bara. Selain akan memaksimalkan produk batu bara, proyek ini juga akan menggeliatkan sektor energi yang mana misi Indonesia adalah untuk memastikan ketahanan nasional dan menghilangkan ketergantungan pada produk impor.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Umum Asaki Edy Suyanto bersama Dirjen IKFT Kemenperin Muhammad Khayam (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 17 Juni 2021 - 15:40 WIB

Asaki 'Acungi Jempol' Langkah Menperin Agus Perpanjang Safeguard Keramik

Asosiasi aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mengapresiasi langkah Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk memperpanjang safeguard ubin keramik yang akan berakhir pada Oktober 2021.

Ketua Hipmi Mardani H.Maming

Kamis, 17 Juni 2021 - 15:30 WIB

Maming: HIPMI Dorong Investor Besar Gandeng UMKM

Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) dijadwalkan akan mengadakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) untuk Percepatan Investasi dengan Kementerian Investasi/BKPM…

Mobile Legend (dok)

Kamis, 17 Juni 2021 - 15:10 WIB

Ini Aplikasi Game Penghasil Uang Tercepat dan Terbukti Memberi Bayaran

Keberadaan mobile game saat ini terus mengalami perkembangan. Hal ini membuat fungsi dari smartphone tidak hanya untuk keperluan hubungi orang lain saja namun juga bisa digunakan untuk kebutuhan…

Porang yang sedang tren dan siap ekspor

Kamis, 17 Juni 2021 - 15:00 WIB

Mentan Dorong Industri Pengolahan Porang Berkembang Lebih Baik

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mendorong industri pengolahan komoditas porang semakin berkembang pesat. Terutama induatri olahan yang siap ekspor ke seluruh pasar mancanegara.…

Signify

Kamis, 17 Juni 2021 - 15:00 WIB

Signify Foundation Komitmen Terangi Pedalaman NTT

Signify (Euronext: LIGHT), pemimpin dunia di bidang pencahayaan, melanjutkan komitmennya untuk menerangi masyarakat di daerah terpencil di Indonesia. Tahun ini, program Signify Indonesia ‚ÄĚKampung…