Wow! Ekspor Pertanian RI ke China Surplus USD 1,7 Miliar

Oleh : Ridwan | Selasa, 11 Mei 2021 - 03:35 WIB

Tanaman Porang
Tanaman Porang

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Duta Besar Cina untuk Indonesia, H.E. Xiao Qian menyebutkan bahwa perdagangan sektor pertanian Indonesia ke Cina di tahun 2020 nilai ekspor pertanian Indonesia ke Cina sebesar USD 5.9 miliar sementara Cina ke Indonesia untuk sektor yang sama hanya USD 2,5 miliar atau dengan kata lain necara perdagangan sektor pertanian Indonesia ke Cina surplus sebanyak USD 1,7 miliar.

"Produk pertanian asal Indonesia banyak masuk dan disukai masyarakat Cina, kedepan diharapkan kerja sama ini dapat terus ditingkat," kata Xiao Qian saat melakukan pertemuan dengan Menteri Pertanian secara virtual di Jakarta, Senin (10/5).

Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian mencatat ragam jenis produk pertanian asal Indonesia yang diekspor masing-masing berasal dari sub sektor tanaman pangan berupa kacang hijau, ubi kayu, porang hingga talas, asal sub sektor hortikultura berupa manggis, kapulaga, mangga dan tanaman biofarmaka, asal sub sektor perkebunan berupa kelapa sawit, karet, kelapa, kopi dan teh serta asal sub sektor peternakan berupa obat hewan, pakan ternak, daging babi dan produk susu.  

Dan sebaliknya komoditas pertanian yang diimpor dari Cina antara lain bawang putih, pir, gingseng, dan gelatin.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menyebutkan sebagai penghasil produk pertanian khas tropis, pihaknya tengah gencar melakukan peningkatan produksi buah manggis, nanas, pisang dan salak dan porang serta sarang burung walet (SBW).

"Sebagai mitra dagang strategis tentunya kami berharap dapat terus meningkatkan ekspor pertanian melalui kerjasama baik investasi, ekspor dan lainnya," kata pria yang biasa di sapa SYL ini.

Menurut SYL, saat ini sudah ada 23 perusahaan eksportir  telah berhasil mengantongi ijin dari otoritas kepabeanan dan karantina pemerintah Cina (General Administration of Customs of the Republic of China/GACC) sehingga dapat melakukan ekspor SBW ke Cina secara langsung. Dan saat ini 20 perusahaan lain masih menunggu persetujuan untuk hal yang sama.

"Sesuai dengan perjanjian dengan pemerintah Cina, kami melalui Badan Karantina Pertanian memberikan pendampingan teknis secara penuh. Indonesia adalah penghasil SBW terbesar didunia dan Cina adalah pasar terbesar SBW kami," jelas SYL.
 
Masih menurut SYL, hambatan ekspor komoditas pertanian asal Indonesia selain SBW juga terjadi pada komoditas porang atau konjac chips yang sejak bulan Oktober 2019 terkait penilaian analisis risiko.

Kementan telah menindaklanjuti persyaratan yang dimaksud dan menunggu respon pihak pemerintah Cina hingga saat ini.

Xiao Qian berjanji akan meneruskan permasalahan hambatan teknis dimaksud kepada GACC. Ia juga berharap pihaknya dapat menindaklanjuti kerjasama dalam hal capacity building, penelitian, investasi dan perdagangan.

"Buah nanas, naga, manggis dan buah tropis yang belum dapat masuk ke Cina dapat segera dilengkapi persyaratan teknis yang telah kami ajukan. Termasuk buah durian, kami sangat tertarik," jelasnya.

Dalam pertemuan tersebut, Mentan SYL sekaligus mengajak pemerintah Cina untuk berinvestasi di sektor pertanian. Saat ini baru  tercatat 20 investor asal Cina yang menanamkan modalnya di bidang pangan dan obat hewan serta budidaya pertanian. 

"Mudah-mudahan pertemuan ini bisa jadi tindak-lanjut untuk kita lebih intens berkomunikasi, khususnya soal perluasan kerjasama baik investasi dan ekspor pertanian," pungkas Mentan SYL.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sekretaris Utama Perpusnas (jas hitam, dua kanan) paparkan rencana Rakornas yang akan digelar Perpusnas.

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:10 WIB

Gelar Rakornas, Perpusnas Akan Bahas Tiga Program Besar di 2024

Di Rakornas 2024 yang akna digelar tanggal 14-15 Mei 2024, Perpusnas akan membahas tiga program besar yang menjadi fokus utama Perpusnas pada 2024.

(Ki-Ka) Jonathan Walbridge, Komisaris Utama Indonet; Donauly Situmorang, Direktur Indonet; Andy Rigoli, Direktur Utama Indonet pada acara Public Expose PT Indointernet Tbk (Indonet) 2024 yang digelar hari ini, Rabu, 8 Mei 2024

Rabu, 08 Mei 2024 - 18:21 WIB

Top! 3 Dekade Beroperasi, Indointernet (Indonet), Konsisten Mengembangkan Infrastruktur Digital dan Sukses Raih Laba Bersih Tertinggi

Jakarta- PT Indointernet Tbk (Indonet), penyedia infrastruktur digital terkemuka dan terpercaya di Indonesia, berhasil meraih laba bersih sebesar Rp253,26 miliar di tahun 2023, lebih tinggi…

Karyawan Gunarso diangkat sebagai Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda)

Rabu, 08 Mei 2024 - 18:03 WIB

Food Station Siapkan Strategi Dukung Ketahanan Pangan di Jakarta

Jakarta-Karyawan Gunarso diangkat sebagai Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda) menggantikan Pamrihadi Wiraryo. Keputusan itu disampaikan dalam Rapat Umum Pemegang Saham…

BTN MENGAJAK NASABAH TEMPUH JALUR HUKUM

Rabu, 08 Mei 2024 - 17:54 WIB

BTN Mengajak Nasabah Tempuh Jalur Hukum

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. membuka ruang bagi para nasabahnya untuk menempuh jalur hukum sehingga seluruh keputusan yang diambil berlandaskan hukum yang berlaku.

Suasana Konferensi Pers Acara Puncak HUT Dekranas ke-44 di Press Room Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo),

Rabu, 08 Mei 2024 - 17:51 WIB

Dewan Kerajinan Nasional Indonesia Gelar HUT ke 44 di Solo

Jelang Acara Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-44, Dewan Kerajinan Nasional Indonesia (Dekranas) tengah melakukan berbagai persiapan.