Dampingi Menko Airlangga, Menperin Agus Lepas Bantuan Ribuan Tabung Gas Oksigen ke India

Oleh : Ridwan | Senin, 10 Mei 2021 - 21:57 WIB

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat melepas bantuan tabung gas oksigen ke India
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat melepas bantuan tabung gas oksigen ke India

INDUSTRY co.id - Serang - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melepas bantuan kemanusiaan berupa tabung oksigen ke India sebanyak 1.400 unit pada tahap pertama dari total 3.500 unit yang akan dikirim.

Tahap pertama ini sebanyak 1.400 tabung oksigen dengan kapasitas 6 meter kubik (setara 40 liter) yang akan dikirim dalam lima kontainer.

"Hari ini sebanyak 1.400 tabung oksigen yang akan dikirim, sisanya akan segera kami proses dan dijadwalkan bisa terkirim semuanya pada minggu pertama bulan Juni 2021," kata Menperin Agus pada acara Pelepasan Bantuan Tabung Oksigen ke India yang dilaksanakan di PT. Samator Gas, Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten, Senin (10/5/2021).

Pada tahap pertama ini, jelas Agus, bantuan berasal dari inisiatif industri gas oksigen serta industri petrokimia dan industri tekstil yang berasal dari India.

"Sedangkan untuk tahap selanjutnya, pembiayaan bantuan tersebut dari APBN," terangnya.

Dijelaskan Agus, bantuan tersebut merupakan inisiatif dari Kemenperin karena melihat pasien yang terus bertambah di India. Selain itu tentunya juga sebagai bentuk kemanusiaan untuk membantu India.

Seperti diketahui, saat ini, India mengalami gelombang kedua pandemi Covid-19 yang dampaknya lebih parah dibanding pandemi gelombang pertama.

Berdasarkan data yang diterima Kemenperin, setiap harinya jumlah penduduk India yang terinfeksi Covid-19 mencapai sekitar 400.000 orang, dengan tingkat kematian per hari sebanyak 3.900 orang.

"Kontribusi ini diharapkan meringankan dampak pandemi Covid-19 yang sedang melanda di India," ungkap Agus.

Agus menambahkan, Pemerintah Indonesia mengucapkan terima kasih atas inisiatif dan partisipasi pihak-pihak yang telah membantu terselenggaranya bantuan ini, terutama kepada asosiasi dan pelaku industri. Ini merupakan wujud nyata dari sinergi antara pemerintah dengan pelaku industri.

"Kita mendoakan agar keadaan di sana cepat kembali terkendali. Dan untuk kita, mari kita ambil hikmah dan pelajaran dari musibah yang menimpa India agar kita tidak lengah dan tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan," paparnya.

Dikesempatan yang sama, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi inisiasi atau gagasan Menteri Perindustrian dan seluruh pihak yang telah mengkoordinasikan bantuan tabung gas oksigen untuk membantu India mengatasi pandemi Covid-19.

Menurut Airlangga, bantuan kepada India ini menjadi simbol persahabatan kedua negara. "Kita perlu saling membantu dalam periode sulit, terutama karena India merupakan mitra strategis perdagangan bagi Indonesia," ujarnya.

Ia menambahkan, hal ini juga menjadi pelajaran berharga bagi kita, sehingga pemerintah mengambil kebijakan peniadaan mudik untuk menekan jumlah kasus Covid-19 di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kesadaran Patuhi Protokol Kesehatan

Jumat, 18 Juni 2021 - 07:00 WIB

Tekan Laju Penularan COVID-19 Lewat Kesadaran Patuhi Protokol Kesehatan

Untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, perlu dilakukan pendekatan secara pentahelix, yaitu melibatkan unsur pemerintah, akademisi, swasta, komunitas, dan masyarakat. Satgas menekankan…

Mentan Syahrul Yasin Limpo bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy

Jumat, 18 Juni 2021 - 06:53 WIB

Porang, Dulu Tak Dilirik Sekarang Banyak Dicari Orang

Porang menjadi salah satu komoditas super prioritas Kementerian Pertanian untuk meningkatkan nilai ekspor. Dalam skala luas, komoditas ini memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan mulai…

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melihat buah Porang

Jumat, 18 Juni 2021 - 06:38 WIB

Penuhi 20 Persen Lebih Kebutuhan Porang Dunia, Teknologi Pangan Harus Dikembangkan

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy dan Menteri Pertanian Sayhrul Yasin Limpo mengunjungi Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun.

Menaker Ida Fauziyah

Jumat, 18 Juni 2021 - 06:30 WIB

Menaker Ida: Reformasi Birokrasi Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi

Digitalisasi menjadi norma baru dan menjadi sangat penting bagi perusahaan modern maupun institusi Pemerintah sebagai pemberi layanan publik. Reformasi birokrasi salah satunya diwujudkan melalui…

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

Jumat, 18 Juni 2021 - 06:00 WIB

KASAL Laksamana Yudo Resmikan Lanal Saumlaki Tanimbar Maluku

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., meresmikan Dermaga Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Saumlaki dalam rangka mendukung pengamanan laut di Alur Laut Kepulauan…