Dampingi Menko Airlangga, Menperin Agus Lepas Bantuan Ribuan Tabung Gas Oksigen ke India

Oleh : Ridwan | Senin, 10 Mei 2021 - 21:57 WIB

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat melepas bantuan tabung gas oksigen ke India
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat melepas bantuan tabung gas oksigen ke India

INDUSTRY co.id - Serang - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melepas bantuan kemanusiaan berupa tabung oksigen ke India sebanyak 1.400 unit pada tahap pertama dari total 3.500 unit yang akan dikirim.

Tahap pertama ini sebanyak 1.400 tabung oksigen dengan kapasitas 6 meter kubik (setara 40 liter) yang akan dikirim dalam lima kontainer.

"Hari ini sebanyak 1.400 tabung oksigen yang akan dikirim, sisanya akan segera kami proses dan dijadwalkan bisa terkirim semuanya pada minggu pertama bulan Juni 2021," kata Menperin Agus pada acara Pelepasan Bantuan Tabung Oksigen ke India yang dilaksanakan di PT. Samator Gas, Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten, Senin (10/5/2021).

Pada tahap pertama ini, jelas Agus, bantuan berasal dari inisiatif industri gas oksigen serta industri petrokimia dan industri tekstil yang berasal dari India.

"Sedangkan untuk tahap selanjutnya, pembiayaan bantuan tersebut dari APBN," terangnya.

Dijelaskan Agus, bantuan tersebut merupakan inisiatif dari Kemenperin karena melihat pasien yang terus bertambah di India. Selain itu tentunya juga sebagai bentuk kemanusiaan untuk membantu India.

Seperti diketahui, saat ini, India mengalami gelombang kedua pandemi Covid-19 yang dampaknya lebih parah dibanding pandemi gelombang pertama.

Berdasarkan data yang diterima Kemenperin, setiap harinya jumlah penduduk India yang terinfeksi Covid-19 mencapai sekitar 400.000 orang, dengan tingkat kematian per hari sebanyak 3.900 orang.

"Kontribusi ini diharapkan meringankan dampak pandemi Covid-19 yang sedang melanda di India," ungkap Agus.

Agus menambahkan, Pemerintah Indonesia mengucapkan terima kasih atas inisiatif dan partisipasi pihak-pihak yang telah membantu terselenggaranya bantuan ini, terutama kepada asosiasi dan pelaku industri. Ini merupakan wujud nyata dari sinergi antara pemerintah dengan pelaku industri.

"Kita mendoakan agar keadaan di sana cepat kembali terkendali. Dan untuk kita, mari kita ambil hikmah dan pelajaran dari musibah yang menimpa India agar kita tidak lengah dan tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan," paparnya.

Dikesempatan yang sama, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi inisiasi atau gagasan Menteri Perindustrian dan seluruh pihak yang telah mengkoordinasikan bantuan tabung gas oksigen untuk membantu India mengatasi pandemi Covid-19.

Menurut Airlangga, bantuan kepada India ini menjadi simbol persahabatan kedua negara. "Kita perlu saling membantu dalam periode sulit, terutama karena India merupakan mitra strategis perdagangan bagi Indonesia," ujarnya.

Ia menambahkan, hal ini juga menjadi pelajaran berharga bagi kita, sehingga pemerintah mengambil kebijakan peniadaan mudik untuk menekan jumlah kasus Covid-19 di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…

RUPST Astragraphia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total…

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Rabu, 24 April 2024 - 11:11 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, enam Ketua IMI Provinsi…

MODENA Energy

Rabu, 24 April 2024 - 10:30 WIB

MODENA Energy Klaim Siap Maksimalkan Penggunaan Energi Terbarukan

MODENA Group, salah satu pionir terdepan home appliances di Indonesia, dengan bangga mengumumkan peluncuran MODENA Energy, sebuah lini bisnis yang bertujuan untuk menciptakan solusi mengenai…

Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri AVPN Abu Dhabi 2024

Rabu, 24 April 2024 - 10:20 WIB

Di Ajang AVPN Abu Dhabi 2024, Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Pariwisata Berkelanjutan Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memastikan bahwa praktik-praktik pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan menjadi dasar utama dalam pengembangan…