PT KBS dan INSA Sepakat Pasarkan Sektor Jasa Kepelabuhanan Nasional

Oleh : Herry Barus | Minggu, 09 Mei 2021 - 08:00 WIB

PT. Krakatau Bandar Samudera (KBS)
PT. Krakatau Bandar Samudera (KBS)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) telah menandatangani MoU kerjasama dengan Indonesia National Shipowners Association (INSA) mengenai rencana pemasaran untuk mendorong percepatan sektor jasa kepelabuhanan nasional.

Direktur Utama PT Krakatau Bandar Samudera (KBS), Akbar Djohan mengungkapkan bahwa penandatangan MoU dengan INSA ini merupakan langkah PT KBS untuk bisa lebih optimal lagi dalam mengembangkan jasa kepelabuhanan milik PT KBS, serta langkah lanjutan untuk meningkatkan proses transfer logistik, khususnya impor-ekspor.

“Penandatangan MoU kerjasama ini PT KBS lakukan karena sejalan untuk bisa mengembangkan jasa pelabuhan yang bertujuan utama untuk meningkatkan impor-ekspor Indonesia. Bisa menghadirkan jasa kepelabuhanan dan sistem jasa logistik yang terintegrasi untuk pengguna jasa kepelabuhan yang bergabung di INSA,” ungkap Akbar di Hotel Grandmahakam (07/05/2021).

Akbar juga menambahkan dengan adanya penandatangan MoU ini, PT KBS bisa memberikan kemudahan kepada para anggota INSA dalam lingkup jasa kepelabuhan. PT KBS dan INSA juga dapat saling bersinergi untuk mendukung prioritas pemerintah dalam rangka pemerataan logistik melalui moda laut.

“Dalam MoU kerjasama, rencana kerjasama pemasaran jasa-jasa kepelabuhan ini akan membahas soal teknik dan teknis, pola kerjasama, hingga dampak lingkungan dan resiko. Agar kerjasama antar PT KBS dan INSA bisa menghasilkan kerjasama yang optimal dan memiliki dampak positif bagi bangsa dan negara Indonesia,” ujar Akbar.

Akbar Djohan yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) itu mengatakan nantinya dalam kerjasama ini pihak INSA akan membantu PT KBS dalam hal pemasaran, terutama dalam jasa-jasa yang berkaitan dengan kegiatan usaha angkutan laut, contohnya pengoperasian dan pengelolaan kapal, keagenan kapal, bongkar muat.

“Semoga dengan penandatangan MoU ini bisa terjalin kerjasama yang produktif serta berkesinambungan, terjaga, dan dapat berjalan dengan lancar. Optimisme yang sama memberikan kontribusi melalui jasa kepelabuhan untuk bisa berdampak meningkatkan perekonomian Indonesia,” kata Akbar.

MoU perjanjian tentang rencana kerjasama pemasaran jasa kepelabuhan ini ditandatangi oleh Direktur Utama PT Krakatau Bandar Samudera Akbar Djohan dan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Indonesian National Shipowners Association Carmelita Hartoto.

"Kami melihat Krakatau Bandar Samudera sebagai aset nasional, dan merupakan kebanggaan kami bisa saling kolaborasi. Dengan segala potensi yang dimiliki masing-masing KBS dan INSA, tentu saya dan pak Akbar berharap dapat terus berkontribusi bagi Indonesia," tutup Carmelita.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi UMKM Go Digital (Ist)

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:45 WIB

Untuk Bisa Bertahan di Masa Pandemi, UMKM Harus Punya Digital Skills

Di masa pandemi ini, banyak sekali perubahan yang tanpa disadari semua orang harus mengikutinya. Namun apapun yang terjadi saat ini masyarakat harus membuka diri dan berpikiran terbuka karena…

11 Bank Dukung Pembiayaan Jalan Tol Serang Panimbang

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:17 WIB

Ekonomi Kawasan Banten Bakal Tumbuh Pesat, 11 Bank Dukung Pembiayaan Jalan Tol Serang Panimbang

Jakarta– PT Wijaya Karya Serang Panimbang (WSP) sebagai entitas anak PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) menandatangani perjanjian kredit sindikasi dan line fasilitas pembiayaan sindikasi…

Ilustrasi Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) (Ist)

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:15 WIB

Perlunya Sosilasi Tuk Cegah Meningkatnya Kasus Kekerasan Gender Berbasis Online

Meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia sebanyak 8,9 persen atau menjadi 171 juta jiwa pengguna membuat kewaspadaan terhadap ancaman kejahatan cyber semakin tinggi. Diketahui selama…

Sambal tabur BonCabe Level 50 Max End yang merupakan produk teranyar PT Kobe Boga Utama. (Foto: Humas PT Kobe Boga Utama)

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:11 WIB

BonCabe level 50 Max End, Maximize to The End

Jakarta - Para penggemar mie instan dan berbagai makanan gorengan tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya sambal, apalagi sambal botol alias sambal yang dikemas dalam botol dan penggunaannya…

Candi Borobudur

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:00 WIB

Ketum IMI Pastikan The FIM MXGP World Championship 2021 Digelar di Kawasan Candi Borobudur

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) memastikan Indonesia akan dua kali menjadi tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan internasional bergengsi…