Triwulan I 2021 Semen Baturaja Catatkan Kenaikan Pendapatan Hingga 20 Persen

Oleh : Hariyanto | Kamis, 06 Mei 2021 - 11:02 WIB

PT Semen Baturaja (Persero)
PT Semen Baturaja (Persero)

INDUSTRY.co.id - Palembang – Asosiasi Semen Indonesia (ASI) mengatakan bahwa kegiatan konstruksi infrastruktur dan proyek-proyek strategis bidang properti kini sudah mulai berjalan. 

Memasuki tren new normal, pertumbuhan demand semen PT Semen Baturaja (Persero) di tahun 2021 ini juga menunjukkan tren peningkatan. Selama triwulan I tahun 2021 secara nasional demand tumbuh 2,2%. 

Dengan capaian kinerja yang positif di tahun 2020, manajemen Perseroan memasuki tahun 2021 dengan semangat tinggi. Hal ini dapat dilihat  dari  growth volume yang mampu diraih Perseroan selama triwulan I tahun 2021 yakni sebesar 21,5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
 
Perseroan secara konsisten mengupayakan perbaikan kinerja keuangan dengan melakukan program efisiensi seperti optimalisasi penggunaan batubara low calorie, pemanfaatan limbah sebagai bahan baku substistusi, optimalisasi operasi Pabrik Baturaja II dan efisiensi biaya usaha. 

Selain itu perbaikan saluran dan system distribusi beserta penguatan marketing information system mampu mendorong peningkatan volume penjualan Perseroan.
 
Dengan inisiatif strategis yang dilakukan, Perseroan mampu memperbaiki kinerja keuangan pada Triwulan I 2021 dengan pendapatan naik 20% dibanding tahun lalu. 

Keberlanjutan inisiatif strategis pada efisiensi biaya juga mampu menurunkan beban pokok penjualan 21% dibanding periode yang sama tahun 2020 hingga untuk Triwulan I 2021, laba bersih Perseroan positif Rp. 17,9M. 

Kondisi ini berbanding terbalik dengan Triwulan I 2020, dimana Perseroan mengalami kerugian.  Sedangkan untuk arus kas bersih yang Perseroan mampu stabil dengan nilai Rp. 86,4M. 
 
‘’ Wilayah Sumatera memiliki pertumbuhan semen positif dengan demand yang meningkat setiap bulannya. Semen Baturaja sebagai pabrik semen di Sumatera terus berusaha untuk  menjaga pertumbuhan penjualannya untuk memenuhi demand di wilayah Sumatera Selatan, Jambi, Lampung, Bengkulu dan Bangka Belitung.’’ Ujar Direktur Pemasaran Semen Baturaja Mukhamad Saifudin.
 
Perseroan optimis jika tahun 2021 ini mampu mencapai target penjualan. Dengan adanya proyek strategis dan proyek konstruksi infrastruktur yang mulai berjalan, Semen Baturaja siap menyediakan produk semen berkualitas untuk Indonesia Maju.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.