Triwulan I 2021 Semen Baturaja Catatkan Kenaikan Pendapatan Hingga 20 Persen

Oleh : Hariyanto | Kamis, 06 Mei 2021 - 11:02 WIB

PT Semen Baturaja (Persero)
PT Semen Baturaja (Persero)

INDUSTRY.co.id - Palembang – Asosiasi Semen Indonesia (ASI) mengatakan bahwa kegiatan konstruksi infrastruktur dan proyek-proyek strategis bidang properti kini sudah mulai berjalan. 

Memasuki tren new normal, pertumbuhan demand semen PT Semen Baturaja (Persero) di tahun 2021 ini juga menunjukkan tren peningkatan. Selama triwulan I tahun 2021 secara nasional demand tumbuh 2,2%. 

Dengan capaian kinerja yang positif di tahun 2020, manajemen Perseroan memasuki tahun 2021 dengan semangat tinggi. Hal ini dapat dilihat  dari  growth volume yang mampu diraih Perseroan selama triwulan I tahun 2021 yakni sebesar 21,5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
 
Perseroan secara konsisten mengupayakan perbaikan kinerja keuangan dengan melakukan program efisiensi seperti optimalisasi penggunaan batubara low calorie, pemanfaatan limbah sebagai bahan baku substistusi, optimalisasi operasi Pabrik Baturaja II dan efisiensi biaya usaha. 

Selain itu perbaikan saluran dan system distribusi beserta penguatan marketing information system mampu mendorong peningkatan volume penjualan Perseroan.
 
Dengan inisiatif strategis yang dilakukan, Perseroan mampu memperbaiki kinerja keuangan pada Triwulan I 2021 dengan pendapatan naik 20% dibanding tahun lalu. 

Keberlanjutan inisiatif strategis pada efisiensi biaya juga mampu menurunkan beban pokok penjualan 21% dibanding periode yang sama tahun 2020 hingga untuk Triwulan I 2021, laba bersih Perseroan positif Rp. 17,9M. 

Kondisi ini berbanding terbalik dengan Triwulan I 2020, dimana Perseroan mengalami kerugian.  Sedangkan untuk arus kas bersih yang Perseroan mampu stabil dengan nilai Rp. 86,4M. 
 
‘’ Wilayah Sumatera memiliki pertumbuhan semen positif dengan demand yang meningkat setiap bulannya. Semen Baturaja sebagai pabrik semen di Sumatera terus berusaha untuk  menjaga pertumbuhan penjualannya untuk memenuhi demand di wilayah Sumatera Selatan, Jambi, Lampung, Bengkulu dan Bangka Belitung.’’ Ujar Direktur Pemasaran Semen Baturaja Mukhamad Saifudin.
 
Perseroan optimis jika tahun 2021 ini mampu mencapai target penjualan. Dengan adanya proyek strategis dan proyek konstruksi infrastruktur yang mulai berjalan, Semen Baturaja siap menyediakan produk semen berkualitas untuk Indonesia Maju.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Joko Widodo meresmikan Pabrik Hot Strip Mill #2 milik PT Krakatau Steel (Persero) Tbk.

Rabu, 22 September 2021 - 07:00 WIB

GAPENSI Apresiasi PT. Krakatau Steel Bangun Industri Baja Indonesia Jadi Lebih Kuat

Tahun 2021 telah menjadi waktu yang menguntungkan bagi Industri logam nasional. Hal tersebut dapat terlihat dari pertumbuhan produksi industri logam dasar sebesar 18,03 persen pada semester…

Senin (20/9/2021) - Kegiatan vaksinasi di Sentra Vaksinasi Indonesia Pasti Bisa Kota Semarang

Rabu, 22 September 2021 - 06:46 WIB

Indonesia Pasti Bisa Buka Sentra Vaksinasi 2.500 Dosis di Kota Semarang

Semarang-Gerakan Indonesia Pasti Bisa bersama Dinas Kesehatan Kota Semarang membuka sentra vaksinasi di Mall Tentrem, Semarang pada 20-21 September 2021.

Panglima TNI Hadi Tjahjanto

Rabu, 22 September 2021 - 06:00 WIB

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjnato Tunjuk Mayjen TNI Sapriadi Jabat Aster

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI (Dankodiklat TNI), Asisten Teritorial…

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono

Rabu, 22 September 2021 - 05:30 WIB

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono Tegaskan Calon Komandan Harus Berani Ambil Resiko

Dikatakan Kasal bahwa keberanian memang tidak muncul dengan sendirinya tetapi harus banyak dilatih, termasuk keberanian untuk dekat dengan media sehingga peran TNI AL dalam memberikan bantuan…

Prajurit Batalyon Kesehatan 1 Marinir Laksanakan Menembak Senapan SS1

Rabu, 22 September 2021 - 05:15 WIB

Prajurit Batalyon Kesehatan 1 Marinir Laksanakan Menembak Senapan SS1

Dalam upaya meningkatkan kemampuan prajuritnya, Batalyon Kesehatan 1 Marinir (Yonkesh 1 Mar) melaksanakan kegiatan menembak Senapan Serbu 1 (SS1) di lapangan tembak Jusman Puger, Kesatrian Marinir…