Baterai Smartphone Sering Cepat Habis? Simak nih 7 Tips Menghemat Baterai

Oleh : Hariyanto | Rabu, 05 Mei 2021 - 19:13 WIB

Ilustrasi Lowbatt
Ilustrasi Lowbatt

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Saat ini smartphone sudah menjadi salah satu barang penting yang harus stand-by setiap hari. Mulai dari untuk urusan pekerjaan, sekolah hingga hiburan, smartphone memegang peranan penting dalam aktivitas sehari-hari.

Dari informasi yang dihimpun INDUSTRY.co.id, Rabu (5/5/2021), smartphon yang sering dipakai untuk berbagai keperluan akan membuat baterai cepat habis. Selain harus sering-sering di charge, jika terlalu sering tentunya juga bisa membuat smartphone rentan cepat rusak dan tagihan listrik akan membengkak.

Solusinya adalah menghemat baterai smartphone Anda. Beruntung jika smartphone yang Anda miliki sudah dibekali fitur fast charging sehingga bisa mengisi daya lebih cepat dan kapasitas baterainya pun besar sehingga tidak mudah habis meski dipakai untuk kegiatan berat. Berikut 7 tips hemat baterai smartphone yang bisa Anda lakukan.

1. Matikan sinyal radio yang tidak perlu
Beberapa fitur smartphone yang menggunakan sinyal radio adalah misalnya bluetooth, GPS, Wifi, Personal hotspot dan juga NFC. Jika Anda sedang tidak membutuhkan fitur-fitur ini, ada baiknya set semuanya ke mode tidak aktif untuk menghemat baterai Anda.

2. Turunkan tingkat kecerahan layar
Ternyata tingkat kecerahan layar juga berpengaruh pada konsumsi daya baterai smartphone Anda. Bukankah jika tingkat kecerahan layar smartphone Anda diatur ke 100% akan menjadi terlalu silau untuk dilihat?

Ada baiknya kurangi tingkat kecerahan sesuai dengan kenyamanan Anda, misalnya hanya 10-25% dari kapasitas fullnya. Hal ini karena semakin tinggi tingkat kecerahan layar smartphone Anda, maka makin besar pula daya baterai yang terpakai untuk pengaturan tersebut.

3. Matikan data saat tidak dibutuhkan
Koneksi internet memang menjadi salah satu kebutuhan yang penting saat ini. Tak hanya untuk memperlancar pekerjaan maupun proses belajar, internet juga berguna agar Anda bisa menikmati berbagai hiburan untuk melepaskan penat.

Mulai dari live streaming film atau drama Korea terfavorit hingga bermain game online bersama teman. Namun jika Anda dalam kondisi tidak butuh sambungan internet, seperti saat jam tidur, ada baiknya mematikan data untuk sementara waktu demi menghemat baterai Anda.

4. Jangan pakai live wallpaper
Meski dapat membuat smartphone Anda terlihat lebih menarik, namun penggunaan live wallpaper juga bisa menguras baterai Anda lho! Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan wallpaper default atau foto favorit sebagai wallpaper statis, tidak bergerak yang tidak membuat baterai Android Anda menjadi boros.

5. Hidupkan fitur Power Saving
Di berbagai model smartphone sudah dibekali dengan fitur Power Saving yang berguna untuk menghemat pemakaian baterai tanpa mengganggu kinerja atau aktivitas Anda pada smartphone tersebut.

Saat fitur ini diaktifkan maka secara otomatis sinyal radio akan mati serta membatasi aplikasi tidak yang berjalan di background sehingga Anda bisa hemat baterai sekaligus data.

Jika Anda tertarik dengan smartphone dengan baterai berkapasitas besar dan sudah dilengkapi fitur Power Saving dan fast charging sehingga waktu pengisian daya menjadi lebih singkat dan tahan dipakai seharian, Samsung Galaxy A51 bisa jadi pilihan menarik.

Smartphone kelas mid-range ini dibekali baterai 4.000 mAh dengan fast charging 15W yang disebut-sebut tahan hingga 86 jam untuk penggunaan normal, 13 jam browsing dan 14 jam untuk nonton video. Harga Samsung A51 pun terjangkau di kisaran Rp 4 jutaan.

6. Hapus aplikasi dari Recent Apps
Smartphone saat ini umumnya memiliki fitur Recent Apps yang berisi aplikasi-aplikasi yang baru saja Anda buka dan bisa langsung diakses tanpa loading lama dengan satu klik saja.

Meski fitur ini akan memudahkan Anda multitasking atau berpindah dari satu aplikasi ke lainnya dengan cepat, namun ternyata hal ini membuat baterai Anda mudah habis. Jadi ada baiknya segera bersihkan Recent Apps Anda dengan cara menghapus atau klik tanda x pada tiap aplikasi.

Cara menghapus Recent Apps pun berbeda-beda untuk setiap model smartphone, jadi Anda perlu mencari tahu bagaimana cara menghapus Recent Apps untuk model smartphone Anda secara online.

7. Aktifkan fitur Dark Mode
Sebagian besar smartphone saat ini sudah dibekali dengan fitur Dark Mode yang memungkinkan Anda mengubah layar menjadi lebih gelap. Selain lebih nyaman di mata, hal ini juga bisa membuat baterai Anda lebih awet karena daya yang digunakan jauh lebih sedikit dibanding jika Anda memiliki mode normal ditambah tingkat kecerahan maksimal.

Anda juga bisa mengaktifkan pilihan Dark Mode untuk berbagai aplikasi yang sering dipakai untuk menghemat baterai, seperti YouTube dan WhatsApp.

Demikianlah tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk menghemat baterai smartphone agar tidak terlalu boros dan cepat rusak. Jangan lupa juga untuk selalu update System bawaan dari smartphone Anda secara berkala untuk mendapatkan peningkatan performa dan fitur yang dibawa oleh sistem terbaru.

Dengan begini sistem operasi smartphone Anda tetap update, termasuk security patch-nya dan smartphone Anda bisa berfungsi maksimal dengan pemakaian baterai yang lebih irit.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Jakarta Anies

Minggu, 20 Juni 2021 - 22:08 WIB

Jakarta Memanggil! Gubernur Anies Buka Pendaftaran Tenaga Kesehatan Profesional Pengendalian Covid-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beberapa saat lalu menyampaikan bahwa Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta membuka lowongan tenaga kesehatan untuk membantu penanganan kasus Covid-19 di wilayah…

Sebagai rangkaian dari Morula Fertility Fest 2021, Morula melakukan serangkaian acara Morula Fertility Talk yang dimulai di kota Padang pada Minggu, 20 Juni 2021,

Minggu, 20 Juni 2021 - 20:47 WIB

Ngeri, Banyak Pasangan Suami Istri Tidak Mampu Hamil, Morula IVF Tawarkan Solusi Bantu Masalah Infertilitas Pasangan

Padang – Sebagai rangkaian dari Morula Fertility Fest 2021, Morula melakukan serangkaian acara Morula Fertility Talk yang dimulai di kota Padang pada Minggu, 20 Juni 2021, dengan mengangkat…

Pastor John Laba Tolok SDB

Minggu, 20 Juni 2021 - 19:58 WIB

Warga Lembata Sedunia Minta Gubernur NTT Batalkan ETMC 2021

JAKARTA – Sejumlah warga Lembata Diaspora Sedunia yang tergabung dalam Grup WhatsApp Ata Lembata, meminta Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat dan Panitia Liga 3 El Tari…

Ilustrasi petani tebu. (Arief Priyono/Light Rocket)

Minggu, 20 Juni 2021 - 19:54 WIB

APTRI: Permenperin Nomor 03/2021 Bisa Digunakan Sebagai Alat Gebuk ke Para Pemburu Rente

JAKARTA- Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) Sunardi Edy Sukamto berharap agar Pemerintah bersikap tegas terhadap mafia-mafia pangan dalam hal ini…

Industri Alkes Nasional

Minggu, 20 Juni 2021 - 19:51 WIB

Simak! Ini 7 Langkah Strategis Pemerintah Tingkatkan Produksi Alkes Buatan Industri Nasional

Pemerintah akan lakukan tujuh langkah strategis peningkatan ketersediaan pasar untuk mengembangkan industri alat kesehatan (alkes) dalam negeri.  Pertama, keberpihakan pada produk dalam negeri…