Baterai Smartphone Sering Cepat Habis? Simak nih 7 Tips Menghemat Baterai

Oleh : Hariyanto | Rabu, 05 Mei 2021 - 19:13 WIB

Ilustrasi Lowbatt
Ilustrasi Lowbatt

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Saat ini smartphone sudah menjadi salah satu barang penting yang harus stand-by setiap hari. Mulai dari untuk urusan pekerjaan, sekolah hingga hiburan, smartphone memegang peranan penting dalam aktivitas sehari-hari.

Dari informasi yang dihimpun INDUSTRY.co.id, Rabu (5/5/2021), smartphon yang sering dipakai untuk berbagai keperluan akan membuat baterai cepat habis. Selain harus sering-sering di charge, jika terlalu sering tentunya juga bisa membuat smartphone rentan cepat rusak dan tagihan listrik akan membengkak.

Solusinya adalah menghemat baterai smartphone Anda. Beruntung jika smartphone yang Anda miliki sudah dibekali fitur fast charging sehingga bisa mengisi daya lebih cepat dan kapasitas baterainya pun besar sehingga tidak mudah habis meski dipakai untuk kegiatan berat. Berikut 7 tips hemat baterai smartphone yang bisa Anda lakukan.

1. Matikan sinyal radio yang tidak perlu
Beberapa fitur smartphone yang menggunakan sinyal radio adalah misalnya bluetooth, GPS, Wifi, Personal hotspot dan juga NFC. Jika Anda sedang tidak membutuhkan fitur-fitur ini, ada baiknya set semuanya ke mode tidak aktif untuk menghemat baterai Anda.

2. Turunkan tingkat kecerahan layar
Ternyata tingkat kecerahan layar juga berpengaruh pada konsumsi daya baterai smartphone Anda. Bukankah jika tingkat kecerahan layar smartphone Anda diatur ke 100% akan menjadi terlalu silau untuk dilihat?

Ada baiknya kurangi tingkat kecerahan sesuai dengan kenyamanan Anda, misalnya hanya 10-25% dari kapasitas fullnya. Hal ini karena semakin tinggi tingkat kecerahan layar smartphone Anda, maka makin besar pula daya baterai yang terpakai untuk pengaturan tersebut.

3. Matikan data saat tidak dibutuhkan
Koneksi internet memang menjadi salah satu kebutuhan yang penting saat ini. Tak hanya untuk memperlancar pekerjaan maupun proses belajar, internet juga berguna agar Anda bisa menikmati berbagai hiburan untuk melepaskan penat.

Mulai dari live streaming film atau drama Korea terfavorit hingga bermain game online bersama teman. Namun jika Anda dalam kondisi tidak butuh sambungan internet, seperti saat jam tidur, ada baiknya mematikan data untuk sementara waktu demi menghemat baterai Anda.

4. Jangan pakai live wallpaper
Meski dapat membuat smartphone Anda terlihat lebih menarik, namun penggunaan live wallpaper juga bisa menguras baterai Anda lho! Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan wallpaper default atau foto favorit sebagai wallpaper statis, tidak bergerak yang tidak membuat baterai Android Anda menjadi boros.

5. Hidupkan fitur Power Saving
Di berbagai model smartphone sudah dibekali dengan fitur Power Saving yang berguna untuk menghemat pemakaian baterai tanpa mengganggu kinerja atau aktivitas Anda pada smartphone tersebut.

Saat fitur ini diaktifkan maka secara otomatis sinyal radio akan mati serta membatasi aplikasi tidak yang berjalan di background sehingga Anda bisa hemat baterai sekaligus data.

Jika Anda tertarik dengan smartphone dengan baterai berkapasitas besar dan sudah dilengkapi fitur Power Saving dan fast charging sehingga waktu pengisian daya menjadi lebih singkat dan tahan dipakai seharian, Samsung Galaxy A51 bisa jadi pilihan menarik.

Smartphone kelas mid-range ini dibekali baterai 4.000 mAh dengan fast charging 15W yang disebut-sebut tahan hingga 86 jam untuk penggunaan normal, 13 jam browsing dan 14 jam untuk nonton video. Harga Samsung A51 pun terjangkau di kisaran Rp 4 jutaan.

6. Hapus aplikasi dari Recent Apps
Smartphone saat ini umumnya memiliki fitur Recent Apps yang berisi aplikasi-aplikasi yang baru saja Anda buka dan bisa langsung diakses tanpa loading lama dengan satu klik saja.

Meski fitur ini akan memudahkan Anda multitasking atau berpindah dari satu aplikasi ke lainnya dengan cepat, namun ternyata hal ini membuat baterai Anda mudah habis. Jadi ada baiknya segera bersihkan Recent Apps Anda dengan cara menghapus atau klik tanda x pada tiap aplikasi.

Cara menghapus Recent Apps pun berbeda-beda untuk setiap model smartphone, jadi Anda perlu mencari tahu bagaimana cara menghapus Recent Apps untuk model smartphone Anda secara online.

7. Aktifkan fitur Dark Mode
Sebagian besar smartphone saat ini sudah dibekali dengan fitur Dark Mode yang memungkinkan Anda mengubah layar menjadi lebih gelap. Selain lebih nyaman di mata, hal ini juga bisa membuat baterai Anda lebih awet karena daya yang digunakan jauh lebih sedikit dibanding jika Anda memiliki mode normal ditambah tingkat kecerahan maksimal.

Anda juga bisa mengaktifkan pilihan Dark Mode untuk berbagai aplikasi yang sering dipakai untuk menghemat baterai, seperti YouTube dan WhatsApp.

Demikianlah tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk menghemat baterai smartphone agar tidak terlalu boros dan cepat rusak. Jangan lupa juga untuk selalu update System bawaan dari smartphone Anda secara berkala untuk mendapatkan peningkatan performa dan fitur yang dibawa oleh sistem terbaru.

Dengan begini sistem operasi smartphone Anda tetap update, termasuk security patch-nya dan smartphone Anda bisa berfungsi maksimal dengan pemakaian baterai yang lebih irit.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 10:12 WIB

Kemenperin Bahas Langkah Strategis Kurangi Emisi Industri di Business Forum Hannover Messe 2024

Sektor industri merupakan salah satu kontributor besar penghasil emisi. Karenanya, kebijakan transisi energi Indonesia dalam mengurangi emisi di sektor industri harus dilaksanakan dengan mengutamakan…

Speaker HiFi Audivo PHS 6A dengan Suara Jernih dan Detail

Kamis, 25 April 2024 - 10:08 WIB

Speaker HiFi Audivo PHS 6A dengan Suara Jernih dan Detail

Menemukan cara untuk meningkatkan mood, menikmati waktu untuk diri sendiri, dan meningkatkan produktivitas merupakan elemen penting dalam kehidupan sehari-hari. POLYTRON memahami hal ini dengan…

Bukukan Kinerja Gemilang di 2023, Hartadinata Optimis Semakin Bertumbuh

Kamis, 25 April 2024 - 10:02 WIB

Bukukan Kinerja Gemilang di 2023, Hartadinata Optimis Semakin Bertumbuh

PT Hartadinata Abadi Tbk (kode saham: ‘’HRTA’’), perusahaan manufaktur perhiasan emas dan emas batangan terintegrasi Indonesia, dengan bangga mengumumkan kinerja yang gemilang di tahun…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto: Dok. Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 10:00 WIB

Cetak SDM Industri yang Kompeten, Kemenperin Kembali Buka Program JARVIS

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berperan aktif dalam mencetak dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing sektor indusri…

Mengontrol Kualitas Udara dan Konsumsi Energi: AC Smart Neuva Pro Solusi Pendingin Udara Modern

Kamis, 25 April 2024 - 09:53 WIB

Mengontrol Kualitas Udara dan Konsumsi Energi: AC Smart Neuva Pro Solusi Pendingin Udara Modern

Air conditioner (AC) modern tidak hanya memberikan pendinginan yang cepat dan efisien, tetapi juga memperkaya pengalaman hidup dan kenyamanan aktivitas di dalam ruangan. Dengan teknologi terkini…