Pendapatan MTDL Kuartal I-2021Meningkat13,9% YoY

Oleh : Herry Barus | Rabu, 05 Mei 2021 - 08:15 WIB

Metrodata Tbk
Metrodata Tbk

INDUSTRY.co.id - Jakarta-  -PT   Metrodata Electronics Tbk(“MTDL”   atau Perseroan),emiten Teknologi Informasi dan Komunikasi  (“TIK”)  khususnya  di  bidang solusi  digital  serta  distribusi hardwaredan software, berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp3,9 triliun atau meningkat 13,9% pada  Kuartal  I-2021  dibandingkan  dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya, yaitu  Rp3,4  triliun. 

Hal  ini  didukung  oleh meningkatnya    transformasi    digital    yang memacu permintaan produk dan  solusi  TIK di masa pemulihan ekonomi.Seiring dengankondisi    pandemi    Covid-19 yang mulai menunjukan  tren  yang  menurun  ini  makaMTDL optimisdapat  terus  meraih  kinerja yang lebih baik.

Susanto  Djaja selaku Presiden  Direktur MTDLmengatakan, “Kami bersyukur dapat meraih   pertumbuhan   pendapatan double digit di tengah pandemi Covid-19. Meskipun masih  terdapat  hambatan  dari  sisisupply produk  yang  dikarenakan  kelangkaan chip sebagai  bahan  baku  beberapa  produk  TIK secara global, namun tahun ini sudah lebih baik   daripada   tahun   lalu.   Kami   optimis dengan    melihat    kondisi    pandemi    dan perekonomian  yang  sudah  mulai  membaik ini sehingga dapat meningkatkan bisnis dan pendapatan   MTDL.   Ditambah   pemulihan ekonomi ini diiringi oleh tren digitalisasi yang semakin    berkembang    dan    masyarakat sudah    terbiasa    menggunakan platform digital sehingga kebutuhan akan produk dan solusi TIK ini masih terus diminati.”

Selain memperoleh pertumbuhan pendapatan, MTDL juga berhasil membukukan    kenaikan    laba    bersih    di Kuartal  I-2021  sebesar  Rp27,3  miliar  atau naik 29,0% YoY.

Peningkatan kinerja MTDL juga  dapat  dilihat  dari  pendapatan  masing-masing   unit   bisnis   MTDL.Unit   bisnis Distribusi    pada    Kuartal    I-2021    meraih pertumbuhan    pendapatan    14,3%    YoY, sedangkan unit bisnis Solusi dan Konsultasi naik 11,7% YoY.

Randy Kartadinata selaku Direktur MTDL,menjelaskan,    “Pencapaian    tersebut merupakan   sinergi   dari berbagai   pihak seiring  dengan  perekonomian  yang  mulai pulih  kembali.  Masing-masing  unit  bisnis MTDL   turut   memberikan   kontribusi   yang positif,   seperti   pemulihan   di   unit   bisnis Distribusi  dengan  meningkatnya  penjualan smartphonesebesar   93%   dibandingkan dengan Kuartal-I tahun sebelumnya.  Selain itu,    unit    bisnis    Distribusi    juga    mulai memasarkan   produk chromebooksejak akhir tahun lalu sehingga dapat mendorong pertumbuhan  penjualan notebookdan  PC. Selanjutnya,     unit     bisnis     Solusi     dan Konsultasi  juga  bertumbuh pendapatannya yang didukung oleh tren transformasi digital bagi  banyak  sektor  industri  di  antaranya adalah   lembaga   keuangan, e-commerce, telekomunikasi, manufaktur,dan distribusi.”

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…