Krakatau Bandar Samudera dan Pelindo III Sepakat Percepat Penguatan Infrastruktur Logistik

Oleh : Herry Barus | Senin, 03 Mei 2021 - 14:30 WIB

PT. Krakatau Bandar Samudera (KBS)
PT. Krakatau Bandar Samudera (KBS)

INDUSTRY.co.id - Cilogon- PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) mengambil langkah lanjutan untuk memperkuat infrastruktur logistik Pulau Jawa melalui anak usahanya, PT Krakatau  Jasa Logistik (KJL) yang melakukan Penandatangan MoU dengan anak usaha Pelindo III yaitu Terminal Petikemas Surabaya (TPS) dan Berkah Multi Cargo (BMC) bertepatan dalam rangka HUT TPS ke 22. PT KBS juga sebelumnya sudah melakukan kerjasama dengan  PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) dan PT Kereta Api Logistik (KA Logistik) untuk penguatan infrastruktur logistik Nasional.

Direktur Utama PT Krakatau Bandar Samudera, Akbar Djohan mengatakan PT KBS saat ini akan melakukan fokus utama untuk bisa mempersiapkan infrastruktur jalur logistik Pulau Jawa. Dengan kolaborasi yang dilakukan PT KBS ini yakin bisa menghadirkan logistik yang efektif.

“Lewat kerjasama dengan TPS dan BMC, harapannya kita bisa menghadirkan logistik yang terintegrasi dengan lebih efektif. Dengan begitu, konektifitas angkutan antara wilayah barat - Cilegon dan Surabaya sekitarnya, dimana kereta api bisa langsung masuk area Pelabuhan TPS,” ujar Akbar pada keterangannya di Jakarta (3/5/2021).

Di tempat yang berbeda, Puji Winarto selaku Direktur Utama PT Krakatau Jasa Logistik mengatakan bahwa hal ini dapat memaksimalkan rangkaian kereta api PT KBS melalui anak perusahaannya yaitu PT Krakatau Jasa Logistik (KJL) dari Surabaya untuk cargo impor atau lokal yang akan dibongkar di TPS dan bisa diangkut oleh rangkaian kereta api PT KJL ke wilayah DKI dan Banten, demikian juga sebaliknya cargo yang berasal dari Banten dan sekitarnya untuk ke wilayah Indonesia Timur, bisa diangkut rangkaian kereta api KJL rute Cilegon - Jakarta langsung menuju sisi dermaga TPS.

"Jika kerjasama ini bisa berjalan dengan baik, konektifitas jalur logistik akan semakin terjamin dan biaya logistik akan competitive. Hal ini bisa berdampak meningkatkakan ekspor dan Impor Nasional,” kata Puji Winarto.

Akbar Djohan yang juga merupakan Sekretaris Jenderal Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) ini turut menjelaskan bahwa emang perlu sekali langkah-langkah kolaborasi ini diambil dengan kolaborasi ini bisa saling bekerjasama untuk menghadirkan jasa logistik yang terintegrasi, terjamin, dengan biaya yang murah.

“PT KBS akan terus mencoba mengambil langkah-langkah lainnya dan mengajak kolaborasi agar kita bisa menghadirkan jasa logistik terbaik dengan terus menyiapkan infrastruktur logistik nasional,” ungkap Akbar.

Terakhir Akbar juga mengatakan harapannya dengan penguatan infrastruktur logistik bisa berdampak secara nasional dan juga berharap bisa meningkatkan ekspor dan impor nasional dengan begitu juga akan berdampak kepada pertumbuhan perekonomian nasional.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pertashop Dexlite Pertama Resmi Beroperasi

Jumat, 25 Juni 2021 - 09:23 WIB

Pertashop Dexlite Pertama Resmi Beroperasi di Sragen

Untuk pertama kalinya di Regional Jawa Bagian Tengah, Pertashop yang menyalurkan produk bahan bakar minyak (BBM) mesin diesel atau jenis gasoil, yaitu Dexlite resmi beroperasi.

Pembangunan Bendungan Ladongi

Jumat, 25 Juni 2021 - 08:57 WIB

Progres Pembangunan Sudah 90,28 Persen, Bendungan Ladongi di Kolaka Timur Siap Impounding Pada Juli 2021

Bendungan Ladongi akan menahan aliran Sungai Ladongi dengan kapasitas tampung 45,95 juta m3 dan luas genangan serta area sabuk hijau sebesar 246,13 hektar (ha). Nantinya air yang tertampung…

Direktur Utama Bank Syariah Indonesia, Hery Gunardi (kiri) bersama Direktur Information Technology Bank Syariah Indonesia, Achmad Syafii (kanan) saat menunjukkan aplikasi BSI Mobile

Jumat, 25 Juni 2021 - 08:20 WIB

Buka Rekening ke Cabang Enggak Zaman, BSI Bisa Onlie!

PT Bank Syariah Indonesia (Tbk) atau BSI terus melakukan transformasi digital untuk menghadirkan kemudahan layanan keuangan bagi nasabah dan masyarakat, termasuk membuka rekening secara daring…

Maybank dan Blibli

Jumat, 25 Juni 2021 - 08:00 WIB

Maybank Finance dan Garasi.id, Blibli Hadirkan Kemudahan Jual Beli Mobil Baru

Blibli, e-commerce lokal terdepan, berkolaborasi dengan Maybank Finance, solusi pembiayaan dari salah satu bank terbesar di Indonesia, dan Garasi.id, pusat jual beli mobil bekas berkualitas,…

Anggota DPR RI Fraksi PKS Junaidi Auly

Jumat, 25 Juni 2021 - 07:00 WIB

Junaidi Auly Terima Aspirasi DPR Papua Terkait Revisi UU Dana Otsus Papua

Anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS), Junaidi Auly menerima aspirasi dan masukan dari Wakil Ketua dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) terkait revisi Undang-Undang (UU)…